Honda Forza 250 belum lama ini mengalami penyegaran. Meski tak banyak berubah, setidaknya terdapat beberapa pembaruan pada tubuh. Sementara salah satu pesaing yakni Yamaha XMax seakan bergeming dengan penyajian lawasnya.
Semenjak dirilis pertama kali pada 2016 silam, skutik 250 cc buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak sedikit pun mengalami perubahan. Bukan tanpa sentuhan, meski hal baru hanya dilakukannya lewat penyajian kelir semata. Namun, pemandangan tersebut sepertinya tak lagi terjadi tahun ini.
Dari segi usia, skutik premium keluarga Maxi Yamaha sudah semestinya memasuki tahapan evolusi. Sebagai contoh menyematkan fitur konektivitas gawai seperti Yamaha NMax atau Yamaha Aerox 155 2021. Seperti pula keduanya, penambahan itu rasanya bukan hal yang sulit jika diterapkan pula terhadap Yamaha XMax terbaru.
Dengan begitu, kebanggaan juga didapat oleh pemilik Yamaha XMax di kemudian hari. Salah satu bentuk kemudahan pun didapat karena mereka dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan atau email yang masuk ke smartphone. Belum lagi fitur lain semisal panduan perawatan hingga informasi soal malfungsi kendaraan.
Dugaan soal keberadaannya pun diperkuat pasca kemunculan kode bertuliskan B74. Ya, sebuah kode yang diyakini peruntukan Yamaha XMax baru. Sebuah media asal Thailand, Great Biker bahkan meyakini jika Yamaha ikut menambahkan perangkat baru pada sistem kaki-kaki Yamaha XMax 2021. Khususnya suspensi belakang, sudah menggunakan model subtank layaknya NMax dan Aerox anyar.
Semestinya menjadi langkah positif untuk meningkatkan handling. Sebagaimana kita tahu, XMax eksis masih belum menggunakan suspensi berpelengkap tabung. Jikapun benar, penyajian pada XMax generasi terbaru lebih unggul ketimbang Yamaha Forza 2021 yang masih tetap mempertahankan suspensi non-tabung. Meski begitu, calon konsumen harus lebih sabar menunggu. Pasalnya, kelahiran generasi terbaru XMax diperkirakan berlangsung pada akhir 2021 atau awal 2022 mendatang.
Apabila mendapatkan kebaruan dari dua hal tersebut, maka wajar jika harga Yamaha XMax 2021 ikut terkatrol. Meski begitu, banderolnya tetap bakal lebih murah daripada pemain asing seperti Forza atau Kymco X-Town 250i. Tentu saja karena XMax dibuat secara lokal di fasilitas produksi Yamaha Indonesia.
Menyoal performa, saat ini XMax bukanlah yang terbaik lantaran plus-minum dibanding para lawan. Melalui mesin 250 cc berteknologi Blue Core dan penggunaan piston tempa dan diASil cylinder, ia sanggup menghasilkan tenaga 22,8 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 24,3 Nm di 5.500 rpm. Namun, bukan tak mungkin PT YIMM ikut merombak jantung mekanis sebagai langkah perubahan XMax 2021.
Kapabilitas bermanuver Yamaha XMax ikut ditunjang oleh penggunaan ban belang depan-belakang masing-masing berukuran 120/70-15 dan 140/70-14. Sedangkan untuk penghenti laju, mengandalkan cakram dan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) di kedua roda. Ada lagi tambahan Traction Control System (TCS) guna mereduksi gejala ban mengalami selip.
Desain Yamaha XMax sendiri terbilang atraktif. Sosok gambotnya dipadu dengan bentukan tubuh yang sarat garis-garis tegas. Modernitas padanya ditunjukkan lewat penyematan sistem penerangan depan-belakang LED. Sayang, lampu sein masih berupa bohlam. Hal inipun sepertinya masih akan terlihat pada Yamaha XMax 2021 mendatang. Begitu pula dengan sistem naik-turun windshield yang masih manual.
Sedang soal fitur lain seperti sistem penguncian Smart Key System dengan kelengkapan Immobilizer dan Answer Back System, bakal tetap dipertahankan. Sama halnya power outlet untuk mengisi daya ulang gawai.
Seperti diungkap sebelumnya, murahnya harga XMax dikarenakan ia diproduksi mandiri oleh Yamaha Indonesia. Maka wajar bila secara jumlah skutik ini lebih laku ketimbang para rival sekelas. Tak cuma itu, jenama berlambang garpu tala pun melebarkan sayap dengan memproduksinya secara global.
Untuk pertama kalinya (2017), Yamaha XMax dengan kubikasi mesin 300 cc diekspor ke Eropa. Produk ini pun menjadi salah satu produk penyumbang Yamaha Indonesia di pasar ekspor. Bahkan di 2018, XMax melengkapi pencapaian jumlah ekspor motor Yamaha sebesar 1,5 juta yang belangsung sejak 2014 silam. Untuk Xmax sendiri saat itu dikirim ke negara di lima benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia.