Di pertengahan Januari 2020, PT Astra Honda Motor memperkenalkan skuter matik (skutik) terbarunya di kelas entry level, dengan gaya seperti supermoto. Skutik tersebut adalah Honda BeAT Street 2021.
Ada cukup banyak ubahan yang terjadi pada generasi terbaru dari Honda BeAT Street ini dibandingkan versi sebelumnya. Ubahan dilakukan oleh Honda mulai dari segi teknis, fitur, hingga tampilan luarnya.
Honda BeAT Street pertama kali meluncur pada 2016 dengan menggunakan basis Honda BeAT. Diyakini Honda meluncurkan skutik ini untuk menyaingi Yamaha yang memiliki X-Ride.
Cukup lama Honda BeAT Street generasi pertama dipasarkan di Tanah Air. Sepanjang perjalanannya, Honda hanya memberikan penyegaran berupa pilihan warna saja. Sementara tampilan, performa mesin, dan fiturnya, terus dipertahankan.
Baca juga : Honda Beat Street vs Honda Genio CBS, Banderol Mahal belum Tentu Menguntungkan!
Generasi pertama Honda BeAT Street bertahan hingga 2019. Lalu, di 2020 lahirlah generasi terbaru Honda BeAT Street dengan performa yang lebih baik, teknologi lebih canggih, dan fitur lebih lengkap.
Dari segi teknis, Honda BeAT Street generasi terbaru memilki kapasitas silinder yang lebih besar. Kapasitas silindernya naik dari 108,2 cc menjadi 109,5 cc.
Lalu di bagian pistonnya, diameter piston sekarang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Tapi, langkah pistonnya berubah jadi lebih panjang. Dengan begitu, karakter mesinnya pun berubah menjadi over stroke.
Rasio kompresi juga tercatat meningkat dari 9,5:1 menjadi 10,0:1. Otomatis, tenaga dan torsi yang dihasilkan Honda BeAT Street baru pun ikut meningkat sebagai dampak dari peningkatan volume silinder, perubahan diameter dan langkah piston, kenaikan kompresi, dan lainnya.
Putaran mesin juga menjadi lebih ringan. Sebab, Honda BeAT Street baru ini hanya menggunakan 650 ml oli mesin. Sebelumnya, volume oli mesinnya mencapai 800 ml.
Baca juga : Nekat Ajak Honda Beat Terabas Banjir, Perhatikan Enam Hal Ini dan Estimasi Biaya Perbaikannya
Honda BeAT Street generasi terbaru juga sudah dilengkapi dengan rangka yang baru. Rangka ini dibuat dengan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).
Rangka dengan teknologi eSAF ini pertama kali diperkenalkan dan digunakan pada skutik Honda Genio. Skutik tersebut juga mendapat respons positif dari konsumen Honda.
Rangka yang baru ini dibuat lebih ringan, sehingga membuat bobot Honda BeAT Street secara keseluruhan juga jadi lebih ringan. Namun, dimensinya jadi lebih panjang dan tingginya berkurang.
Dengan rangka baru tersebut, kapasitas tangki bahan bakar Honda BeAT Street baru juga berhasil ditingkatkan. Sekarang, kapasitas tangki bahan bakar Honda BeAT Street menjadi 4,2 liter dari sebelumnya hanya 4 liter.
Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini
Dari segi tampilan, paling signifikan perubahannya ada pada sistem pencahayaan. Lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein, semuanya sudah mengadopsi teknologi LED. Sedangkan pada Honda BeAT Street lama, masih mengandalkan lampu bohlam biasa.
Selain itu, desain pelek juga berubah. Dari pelek palang lima pada Honda BeAT Street lama, menjadi pelek palang delapan pada Honda BeAT Street baru.
Untuk memberikan kepraktisan bagi pengendaranya, Honda BeAT Street baru kini juga sudah memiliki pembuka jok yang terintegrasi dengan kunci kontak.
Selain ubahan tersebut, Honda BeAT Street tetap memertahankan fitur-fitur yang lain, seperti panel meter full digital, ECO indicator, Combi Brake System (CBS), side stand switch, secure key shutter, dan penggunaan ban tipe tubeless.
Sejak generasi pertama hingga sekarang, Honda BeAT Street hanya ditawarkan dengan satu tipe saja. Selain itu, Honda juga tidak pernah menyematkan fitur Idling Stop System (ISS) pada skutik ini.
Baca juga : Berubah Total, Honda BeAT 2021Jadi Lebih Canggih Dibanding Model Lamanya
Honda BeAT Street baru sekarang ini dipasarkan dengan harga Rp 17,15 juta (on the road Jakarta). Terdapat tiga varian warna yang ditawarkan, antara lain Street Silver Black, Street Black, dan Street Silver.
Sejak awal kehadirannya, Honda BeAT Street ini memang ditujukan untuk konsumen anak muda yang aktif. Penampilannya dibuat lebih atraktif dan lebih menarik ketimbang Honda BeAT biasa.
Generasi terbaru memiliki bobot yang lebih ringan, mesin lebih kuat pada putaran rendah dan teknologi kekinian yang canggih. Semuanya semakin mendukung penggunaan sehari-hari pengendaranya.
Perbedaan Data Spesifikasi Honda BeAT Street Lama vs Honda BeAT Street Baru | ||
---|---|---|
Parameter | Honda BeAT Street Lama | Honda BeAT Street Baru |
Tipe Mesin | 4-langkah, SOHC, pendingin udara, eSP | 4-langkah, SOHC, pendingin udara, eSP |
Isi Silinder | 108.2 cc | 109.5 cc |
Sistem Pengabutan | Injeksi (PGM-FI) | Injeksi (PGM-FI) |
Bore × Stroke | 50.0 × 55.1 mm | 47.0 × 63.1 mm |
Tipe Transmisi | Otomatis, V-belt | Otomatis, V-belt |
Rasio Kompresi | 9.5:1 | 10.0:1 |
Tenaga Maksimum | 6.38 kW (8.68 ps) / 7500 rpm | 6.60 kW (9.00 ps) / 7500 rpm |
Torsi Maksimum | 9.01 Nm (0.92 kgf.m) / 6500 rpm | 9.30 Nm (0.95 kgf.m) / 5500 rpm |
Tipe Starter | ACG Electrik & kick starter | ACG Electrik & kick starter |
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, tipe kering | Otomatis, Sentrifugal, tipe kering |
Tipe Rangka | Underbone | Underbone - eSAF |
Suspensi Depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Lengan ayun, shock tunggal | Lengan ayun, shock tunggal |
Ban Depan | 80/90-14 M/C 40P Tubeless | 80/90-14 M/C 40P Tubeless |
Ban Belakang | 90/90-14 M/C 46P Tubeless | 90/90-14 M/C 46P Tubeless |
Rem Depan | Cakram hidrolik, piston tunggal | Cakram hidrolik, piston tunggal |
Rem Belakang | Tromol | Tromol |
Sistem Rem | Combi Brake System (CBS) | Combi Brake System (CBS) |
Dimensi (P × L × T) | 185.6 × 74.1 × 105.4 cm | 187.7 × 74.2 × 103.0 cm |
Tinggi Jok | 74 cm | 74 cm |
Jarak Sumbu Roda | 125.6 cm | 125.6 cm |
Jarak ke Tanah | 14.6 cm | 14.7 cm |
Curb Weight | 94 kg | 89 kg |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 4 liter | 4.2 liter |
Kapasitas Oli | 700 ml pada penggantian periodik | 650 ml pada penggantian periodik |
Tipe Baterai | MF 12V-3Ah | MF 12V-3Ah |
Sistem Pengapian | Full Transisterized, Baterai | Full Transisterized, Baterai |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR9-N9 | NGK MR9C-9N |