Segmen skuter matik atau skutik di Indonesia memang menjadi pasar yang paling besar saat ini. Pada segmen ini juga terbagi lagi menjadi beberapa body styling, salah satunya adalah adventure alias skutik dengan gaya lebih berani.
Ciri khasnya adalah terlihat dari penggunaan setang yang tidak dibalut dengan cover alias naked. Ini menjadi salah satu ciri paling gampang dikenali lantaran dengan gaya tersebut, diklaim mampu memberikan kesan tualang begitu kental.
Baca juga: Honda BeAT Street 2021, Skutik Anak Muda Bergaya Supermoto
Selain itu, tentunya untuk skutik bergaya adventure ini tidak hanya dibekali dengan setang naked, tetapi juga pada bagian kaki-kaki dibuat lebih berbeda dari skutik pada umumnya. Motor dengan gaya tersebut, sudah dibekali degan ban dual purpose. Ciri khasnya adalah profil karet bundar kotak-kotak untuk memberikan grip saat melibas jalur semi offroad.
Meski demikian, motor jenis ini juga bisa digunakan untuk harian di mana medan jalan aspal tetap bisa ditapaki dengan baik oleh skutik adventure. Motor jenis ini biasanya memiliki kegunaan dual purpose di mana bisa digunakan untuk jalan semi offroad atau onroad.
Di Indonesia sendiri, pabrikan sepeda motor seperti Honda, Suzuki dan Yamaha, memiliki jagoannya masing-masing. Mulai dari Honda BeAT Street 2021, Yamaha punya X-Ride 2021 dan Suzuki Nex Crossover 2021.
Untuk lebih dalam lagi membahas perbadingan skutik adventure tersebut, berikut akan kami jabarkan berdasarkan spesifikasi serta aksesoris yang disematkan oleh masing-masing pabrikan. Simak dalam komparasi berikut ini.
Baca juga: Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini
Model ini pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu. Kehadiran skutik adventure dari Honda, memang untuk memberikan perlawanan kepada rival mereka, yakni Yamaha X-Ride yang lebih dulu meluncur.
Jika bicara spesifikasinya, Honda BeAT Street tidak jauh berbeda dengan Honda BeAT 2021. Hanya saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tema adventure ini akhirnya menjadikan skutik tersebut semakin terasa jantan.
Bicara mesin yang digunakan, Honda BeAT Street 2021 dibekali jantung mekanis bersilinder tunggal dengan kapasitas 110 cc. Tenaga yang dihasilkan, menurut klaim dari pabrikan sebesar 9 PS dan torsi maksimum sebesar 9,3 Nm.
Secara tampilan, Honda BeAT Street ini memang memiliki desain yang dominan sama. Perbedaannya hanya terdapat pada bagian setang saja, yang diganti dengan model naked dan speedometer yang dipasang terpisah. Sementara untuk lampu depan, lampu belakang, dan desain bodinya, tetap menggunakan model BeAT pada umumnya.
Salah satu kelemahan yang paling ketara dari Honda BeAT Street ini adalah penggunaan ban yang masih biasa, bukan dual purpose. Jika melihat tampilan yang sudah adventure, untuk lebih memberikan nuansa yang selaras seharusnya penggunaan ban dual purpose menjadi pilihan utama ketimbang ban yang sama dengan model lainnya.
Spesifikasi Honda BeAT Street 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.877 x 742 x 1.030 mm | ||
Sumbu Roda | 1.251 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 740 mm | ||
Jarak Terendah | 145 mm | ||
Berat Isi | 89 kg | ||
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | ||
Kapasitas | 109,5 cc | ||
Rasio kompresi | 10 : 1 | ||
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | ||
Transmisi | Otomatic CVT, V-Matic | ||
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 7.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Backbone, eSAF | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 80/90-14 | ||
Ban Belakang | 90/90-14 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Tromol | ||
Sistem Rem | Combi brake system |
Baca juga: Yamaha X-Ride 125 Hadir dengan Warna Baru, Harganya Tak Sampai Rp 19 Jutaan
Sementara itu, Yamaha X-Ride sendiri sudah lebih dulu diperkenalkan ke publik sejak 2013. Model skutik adventure ini mengusung desain yang berbeda dari beberapa model yang sudah dimiliki oleh pabrikan garpu tala tersebut. Pada Yamaha X-Ride ini Yamaha benar-benar melakukan desain dari baru dengan sentuhan yang lebih maskulin.
Motor yang sudah memiliki dua generasi ini, mengusung mesin yang lebih besar dari kompetitornya. Menurut data spesifikasi, Yamaha X-Ride 2021 dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc dengan besaran tenaga sebesar 9,65 PS dan torsi maksimum 9,6 Nm.
Kehadiran sutik adventure ini secara jelas menjadi pionir bagi Yamaha untuk mendobrak pasar. Apalagi melihat desain yang agresif, jika dibandingkan dengan skutik Honda, X-Ride memiliki tampang yang lebih menjual.
Spesifikasi Yamaha X-Ride 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L xT | 1860mm X740 mm X 1070mm | ||
Sumbu Roda | 1.260 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 760 mm | ||
Berat Isi | 98 kg | ||
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | ||
Jarak Terendah | 135 mm | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-stroke, SOHC, Blue Core | ||
Jumlah Silinder | 1 | ||
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | ||
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | ||
Kapasitas Mesin | 124,9 cc | ||
Tenaga Maksimal | 9,5 PS @ 8.000 rpm | ||
Torsi Maksimal | 9,6 Nm @ 5.500 rpm | ||
Transmisi | Otomatis CVT | ||
Sasis | |||
Tipe Rangka | Underbone | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 80/80-14 | ||
Ban Belakang | 100/70-14 | ||
Tipe Ban | Tubeless | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Tromol |
Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang?
Sementara untuk skutik adventure ketiga, Suzuki Nex Crossover 2021 juga hadir dengan tongkrongan tak kalah macho. Bicara desain, memang tidak ada bedanya dengan Nex II biasa. Tapi ada beberapa hal yang menjadi pembeda dan membuat Nex Crossover ini tampil lebih agresif.
Motor ini pertama kali diluncurkan pada November 2020, di mana pada peluncurannya tersebut PT Suzuki Indomobil Sales sekaligus mengajak rekan media untuk mengetes performa serta kenikmatan lainnya pada skutik adventure tersebut.
Bicara spesifikasinya, Suzuki Nex Crossover 2021 dibekali mesin yang lebih besar dari BeAT Street namun lebih kecil dari X-Ride. Yup, Suzuki menyematkan mesin 115 cc dengan besaran tenaga 9,02 PS dan torsi maksimum 8,5 Nm.
Salah satu yang menjadi keunggulan Suzuki Nex Crossover 2021 adalah penggunaan ban multi purpose. Tidak seperti dua penantangnya di mana masih menggunakan ban biasa, handling yang dihadirkan dari model andalan Suzuki ini bisa menjadi pertimbangan untuk dipinang jika suka dengan skutik adventure.
Spesifikasi Suzuki Nex Crossover 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L xT | 1.890 x 765 x 1.055 mm | ||
Sumbu Roda | 1.258 mm | ||
Berat Isi | 94 kg | ||
Kapasitas Tangki | 3,6 liter | ||
Jarak Terendah | 150 mm | ||
Mesin | |||
Tipe | SOHC, 2 Klep | ||
Jumlah Silinder | 1 | ||
Diameter x Langkah | 51 x 55,2 mm | ||
Rasio Kompresi | 9,6 : 1 | ||
Kapasitas Mesin | 113 cc | ||
Tenaga Maksimal | 9,02 PS @ 8.000 rpm | ||
Torsi Maksimal | 8,5 Nm @ 6.000 rpm | ||
Transmisi | Otomatis CVT | ||
Sasis | |||
Tipe Rangka | Underbone | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 80/90-14 | ||
Ban Belakang | 90/90-14 | ||
Tipe Ban | Tubeless | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Tromol |
Baca juga: Ini Fitur Mahal di Suzuki Nex Crossover 2021, Bedanya Hampir Rp 2 Jutaan dari Nex Biasa!
Sedangkan dari segi harga yang ditawarkan, memang ketiga model ini ditawarkan dengan harga yang bervariatif. Beberapa informasi terakhir mengenai harga yang ditawarkan, berikut harga untuk skutik adventure tersebut:
Daftar Harga | ||
---|---|---|
Honda BeAT Street 2021 | Rp17,8 juta | |
Yamaha X-Ride 2021 | Rp18,8 juta | |
Suzuki Nex Crossover 2021 | Rp17,9 juta |
Dengan beberapa penyempurnaan baik dari desain dan fitur penggunaan ban, Suzuki Nex Crossover 2021 sangat bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menjelajah di dua medan, aspal dan tanah.
Namun untuk konsumen yang mementingkan desain body adventure, pilihannya adalah Yamaha X-Ride 2021. Selain bodinya yang agresif, dari sisi jantung pacu juga lebih besar di antara para pesaingnya.
Sementara untuk Honda BeAT Street, mungkin sangat cocok bagi konsumen yang lebih mementingkan brand ketimbang pengalaman berkendara. Satu keunggulan dari skutik Honda satu adalah harga jual kembali terbilang tinggi.