Intip Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2021, Calon Motor Sport 250 Terbaru Suzuki di Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah lama tak menghadirkan produk yang benar-benar baru. Terakhir adalah Suzuki Nex Crossover 2021 yang dirilis akhir tahun 2020 lalu.

Kini jagat dunia maya dan forum-forum otomotif diramaikan kabar akan hadirnya produk motor sport 250 cc Suzuki. Jika benar, ini bukan pertama kalinya jenama asal Jepang itu menawarkan produk motor sport 250 cc.

Suzuki Gixxer 250 2021 akan hadir di Indonesia?

Ya, alih-alih menghadirkan skutik premium 150 cc, Suzuki Saluto atau Suzuki V-Strom 250, pihak SIS justru disebut akan membawa Suzuki Gixxer 250 2021 ke Indonesia.

Sebelumnya Suzuki sudah pernah memiliki sejumlah produk motor sport seperempat liter, seperti Suzuki Inazuma 250 yang didatangkan utuh dari Tiongkok. Atau jika dirunut lagi, dulu juga sempat meniagakan Suzuki Thunder 250.

Sebagai informasi, motor ini sudah dijual di India sejak 2020 lalu, dengan rentang harga mulai dari Rp 31,6 jutaan sampai Rp 33,9 juta, tergantung varian dan opsi warna yang dipilih. Lantas seperti apa spesifikasi dari motor ini?

tampak belakang Suzuki Gixxer 250 2021.

Desain Suzuki Gixxer 250 2021

Dari tampilan, warisan garis desain dari keluarga Suzuki GSX Series masih nampak pada motor ini. Paling kentara dicirikan dengan penggunaan lampu depan yang model menyatu, yang ternyata dibagi menjadi empat area reflektor lampu.

Desainnya agresif dan sporty, dengan garis-garis tegas dan lekuk yang tajam. Fairingnya cenderung memiliki bentuk yang minimalis, dengan garis yang menyambung antara fairing dengan lekuk tangki bahan bakar yang berkapasitas 12 liter.

Panel instrumen Suzuki Gixxer 250 2021.

Sementara buritan khas motor sport dibuat meninggi dengan jok model terpisah. Menariknya, Suzuki memberikan perlindungan ganda dari kotoran dengan sepakbor belakang dan mud guard yang menempel pada lengan ayun motor.

Secara keseluruhan, penampilan motor ini cenderung mengarah pada sport touring, dengan posisi setang upperyoke. Suzuki nampak ingin menciptakan motor sport 250 cc yang nyaman dipakai sehari-hari.

Perkara fitur, Suzuki Gixxer 250 dibekali lampu depan dan belakang yang sudah LED, kemudian panel instrumen full digital, rem ABS (anti-lock braking system) dual channel dan easy start system yang memudahkan proses menghidupkan mesin.

Suzuki Gixxer 250 2021 andalkan lampu depan-belakang LED.

Spesifikasi Mesin Suzuki Gixxer 250 2021

Meski belum hadir, banyak penggemar Suzuki di Indonesia yang protes kenapa Suzuki Gixxer 250 2021 yang diproyeksikan hadir di Indonesia. Salah satu alasannya adalah spesifikasi mesin yang digunakan motor ini.

Tak seperti merek lainnya yang andalkan mesin dua silinder segaris, Suzuki Gixxer 250 ini menggunakan mesin piston tunggal. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Mesin silinder tunggal Suzuki Gixxer 250 2021.

Mesin tersebut berkarakter overbore dengan diameter piston 76 mm dan langkah piston 54,9 mm. Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.

Output mesin tadi disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual enam percepatan. Sayangnya mesin ini belum dilengkapi fitur assist & slipper clutch yang membuat pengoperasian kopling lebih ringan.

Mesin ini tidaklah buruk, namun berkaca dari pengalaman pabrikan lain, mesin silinder tunggal tak begitu sukses di Indonesia. Contohnya adalah Kawasaki Ninja 250 SL 2021.

Suzuki Gixxer 250 2021 nyaman untuk sehari-hari.

Kesimpulan

Ya meski Suzuki Gixxer 250 2021 ini banyak ditolak karena desainnya yang terlalu selera India, kemudian spesifikasi mesin 250 cc yang tak se-powerful brand asal Jepang lainnya, motor ini tetap patut ditunggu.

Jika hadir langsung di Indonesia, Suzuki Gixxer 250 akan menawarkan sesuatu yang berbeda, karena punya posisi berkendara paling nyaman, bahkan untuk dipakai sehari-hari. Tentunya pihak pabrikan sudah memikirkan matang-matang sebelum menghadirkannya.

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2021
Dimensi
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.345 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 161 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor