PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah lama tak menghadirkan produk yang benar-benar baru. Terakhir adalah Suzuki Nex Crossover 2021 yang dirilis akhir tahun 2020 lalu.
Kini jagat dunia maya dan forum-forum otomotif diramaikan kabar akan hadirnya produk motor sport 250 cc Suzuki. Jika benar, ini bukan pertama kalinya jenama asal Jepang itu menawarkan produk motor sport 250 cc.
Ya, alih-alih menghadirkan skutik premium 150 cc, Suzuki Saluto atau Suzuki V-Strom 250, pihak SIS justru disebut akan membawa Suzuki Gixxer 250 2021 ke Indonesia.
Sebelumnya Suzuki sudah pernah memiliki sejumlah produk motor sport seperempat liter, seperti Suzuki Inazuma 250 yang didatangkan utuh dari Tiongkok. Atau jika dirunut lagi, dulu juga sempat meniagakan Suzuki Thunder 250.
Sebagai informasi, motor ini sudah dijual di India sejak 2020 lalu, dengan rentang harga mulai dari Rp 31,6 jutaan sampai Rp 33,9 juta, tergantung varian dan opsi warna yang dipilih. Lantas seperti apa spesifikasi dari motor ini?
Dari tampilan, warisan garis desain dari keluarga Suzuki GSX Series masih nampak pada motor ini. Paling kentara dicirikan dengan penggunaan lampu depan yang model menyatu, yang ternyata dibagi menjadi empat area reflektor lampu.
Desainnya agresif dan sporty, dengan garis-garis tegas dan lekuk yang tajam. Fairingnya cenderung memiliki bentuk yang minimalis, dengan garis yang menyambung antara fairing dengan lekuk tangki bahan bakar yang berkapasitas 12 liter.
Sementara buritan khas motor sport dibuat meninggi dengan jok model terpisah. Menariknya, Suzuki memberikan perlindungan ganda dari kotoran dengan sepakbor belakang dan mud guard yang menempel pada lengan ayun motor.
Secara keseluruhan, penampilan motor ini cenderung mengarah pada sport touring, dengan posisi setang upperyoke. Suzuki nampak ingin menciptakan motor sport 250 cc yang nyaman dipakai sehari-hari.
Perkara fitur, Suzuki Gixxer 250 dibekali lampu depan dan belakang yang sudah LED, kemudian panel instrumen full digital, rem ABS (anti-lock braking system) dual channel dan easy start system yang memudahkan proses menghidupkan mesin.
Meski belum hadir, banyak penggemar Suzuki di Indonesia yang protes kenapa Suzuki Gixxer 250 2021 yang diproyeksikan hadir di Indonesia. Salah satu alasannya adalah spesifikasi mesin yang digunakan motor ini.
Tak seperti merek lainnya yang andalkan mesin dua silinder segaris, Suzuki Gixxer 250 ini menggunakan mesin piston tunggal. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).
Mesin tersebut berkarakter overbore dengan diameter piston 76 mm dan langkah piston 54,9 mm. Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.
Output mesin tadi disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual enam percepatan. Sayangnya mesin ini belum dilengkapi fitur assist & slipper clutch yang membuat pengoperasian kopling lebih ringan.
Mesin ini tidaklah buruk, namun berkaca dari pengalaman pabrikan lain, mesin silinder tunggal tak begitu sukses di Indonesia. Contohnya adalah Kawasaki Ninja 250 SL 2021.
Ya meski Suzuki Gixxer 250 2021 ini banyak ditolak karena desainnya yang terlalu selera India, kemudian spesifikasi mesin 250 cc yang tak se-powerful brand asal Jepang lainnya, motor ini tetap patut ditunggu.
Jika hadir langsung di Indonesia, Suzuki Gixxer 250 akan menawarkan sesuatu yang berbeda, karena punya posisi berkendara paling nyaman, bahkan untuk dipakai sehari-hari. Tentunya pihak pabrikan sudah memikirkan matang-matang sebelum menghadirkannya.
Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.010 x 740 x 1.035 mm | |
Sumbu Roda | 1.345 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 800 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 161 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS | |
Kapasitas | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 26,5 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 150/60-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |