Tak Hanya Tawarkan Performa Unggul, Suzuki GSX-R150 2021 Juga Dibekali Beragam Teknologi Canggih

Di kelas motor sport 150 cc full fairing, Suzuki memiliki satu jagoan yang dikenalkan sejak awal 2017 lalu yakni Suzuki GSX-R150 2021. Motor sport ini ditawarkan dengan beragam teknologi canggih, bahkan ada yang tak dimiliki kompetitornya. Semuanya dipadu dengan mesin paling bertenaga.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang menjadi pabrikan terakhir yang ikut bersaing di kelas ini. Setelah Suzuki, belum ada lagi pabrikan lainnya yang meluncurkan motor sport 150 cc full fairing.

Suzuki GSX-R150 2021 dibekali beragam teknologi canggih.

Dengan Suzuki GSX-R150 diluncurkan belakangan, maka motor sport ini harus dibekali sesuatu yang berbeda dan dapat menarik minat konsumen yang selama ini sudah terbuai dengan Yamaha YZF-R15 atau Honda CBR150R.

Suzuki GSX-R150 juga dibekali dengan beberapa teknologi canggih yang membuatnya tak kalah saing dengan kompetitornya. Menariknya, SIS tetap menawarkan Suzuki GSX-R150 dengan harga yang terbilang terjangkau dibanding kompetitornya.

Apa saja daya tarik teknologi yang ditawarkan Suzuki GSX-R150 ini?

Baca juga : Menakar Biaya Servis Suzuki GSX-R150 2021 di Bengkel Resmi, Setahun Hanya Rp 450 Ribuan Saja

1. Keyless Ignition System

Hanya Suzuki GSX-R150 yang pakai kunci keyless.

Suzuki GSX-R150 bisa dikatakan memberikan gebrakan dengan menghadirkan fitur ini pada motor sport 150 cc. Sebab, teknologi keyless atau kunci kontak tanpa anak kunci, pada saat itu hanya dijumpai pada mobil saja.

Dengan Keyless Ignition System ini, penggunanya bisa menghidupkan motor miliknya dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu, teknologi ini juga sekaligus menggantikan fungsi kunci model konvensional.

Baca juga : Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?

Penggunanya tinggal memutar bagian switch knop yang ada di atas tangki bahan bakar ke arah On. Setelah itu, motor akan bisa menyala dengan mudah. Tidak perlu lagi kebiasaan memasukkan kunci ke bagian lubang yang biasa ditemukan di motor-motor pada umumnya.

Teknologi Keyless Ignition System pada Suzuki GSX-R150 hanya dapat berfungsi dengan radius kurang lebih satu meter antara remote dan motor. Sistem secara otomatis akan mengunci jika remote berada lebih dari satu meter dari unit motor.

Momen kehadiran Suzuki GSX-R150 pertama kalinya.

Pada switch knop ada empat titik. Di bagian atau posisi paling kiri, digunakan untuk mengaktifkan kunci setang. Lalu di bagian tengah, menunjukkan posisi netral. Sedangkan jika ingin menyalakan motor, penggunanya tinggal memutar bagian kunci utama hingga ke sisi paling kanan.

Pihak Suzuki mengklaim sudah melakukan riset mendalam terhadap Keyless Ignition System pada Suzuki GSX-R150. Sistem ini pernah diuji coba dengan gelombang radio, gelombang telepon pintar atau smartphone, dan juga gelombang lainnya.

Hasilnya, belum ada gelombang yang bisa membuka Keyless Ignition System ini. Meski dengan cara memutus kelistrikannya, sistem ini secara otomatis juga tidak bisa dihidupkan.

Baca juga : Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru

Knop pada Suzuki GSX-R150 juga tidak dapat diputar secara paksa. Jika diputar secara paksa, sesuai konstruksi pada main switch knob, maka hanya akan berputar kosong saja.

Suzuki juga memberikan jaminan dengan memberikan nomor ID pada setiap keyless remote. Dengan nomor ID ini, akan memungkinkan pemilik motor tetap bisa mengakses main switch knop, meskipun dalam keadaan remote rusak atau gangguan teknis lainnya.

2. Easy Start System

Easy Start System sudah digunakan untuk beberapa motor Suzuki secara global.

Teknologi Easy Start System pada umumnya dapat ditemukan di keluarga motor gede (moge) Suzuki. Namun, berkat kemajuan teknologi, sekarang fitur ini juga dapat dirasakan oleh para pengguna Suzuki GSX-R150.

Dengan teknologi Easy Start System, penggunanya dapat menghidupkan mesin hanya cukup dengan sekali menyentuh tombol electric starter. Jadi, tidak perlu lagi menekan tombol dalam jangka waktu tertentu hingga mesin menyala.

Baca juga : NJKB Suzuki V-Strom 250 2021 Muncul di Samsat DKI Jakarta, Segera Hadir di Indonesia?

Teknologi Easy Start System pada Suzuki GSX-R150 ini terintegrasi dengan Electronic Control Unit (ECU) sebagai motor penggerak utamanya. ECU akan mengontrol seberapa besar listrik yang dibutuhkan sampai mesin dipastikan hidup dengan jeda maksimal 4 detik.

3. Full Digital Panel Meter

Suzuki GSX-R150 tampil modern dan canggih dengan penyematan panel meter yang sudah full digital. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap dengan tampilan negatif display yang mudah dilihat dalam kondisi apa pun.

Pengendaranya bisa melihat penunjuk kecepatan (speedometer), jarak tempuh (odometer), trip A, trip B, konsumsi bahan bakar di trip A dan trip B, takometer, fuel meter, gear position indicator, penunjuk waktu, oil change indicator, lampu sein, lampu jauh, engine check indicator, temperatur, indikator netral, dan shift light indicator.

Untuk oil change indicator, dapat disetel oleh mekanik. Jadi, pengendaranya bisa menentukan sendiri tiap berapa km indikator oil change akan menyala.

Baca juga : Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya

4. Anti-lock Braking System (ABS)

Suzuki GSX-R150 semakin aman dengan rem ABS.

Suzuki GSX-R150 memiliki tenaga yang cukup besar untuk ukuran motor sport 150 cc full fairing. Untuk mengimbangi performanya, Suzuki melengkapinya dengan pengereman yang dikawal teknologi ABS.

Dengan penggunaan fitur ABS, Suzuki GSX-R150 akan membuatnya lebih aman dan nyaman saat dikendarai. Manuver untuk menghindari kondisi jalanan yang tak terduga saat berkendara pun semakin mudah dilakukan.

Fitur ABS juga menjadi fitur standar pada sistem pengereman moge Suzuki yang dipasarkan di seluruh dunia. Untuk Suzuki GSX-R150, varian ABS juga telah dilengkapi dengan Smart Key System.

Suzuki GSX-R150 merupakan produk global.

Kesimpulan

Secara kualitas, Suzuki GSX-R150 2021 bukanlah motor yang buruk. Fitur-fiturnya termasuk canggih, kualitas bagus dan dipadu dengan performa mesin yang sangat mumpuni, bahkan paling bertenaga diantara motor sport 150 cc lainnya.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Apalagi harga jualnya juga termasuk paling ramah di kantong dibandingkan kompetitornya. Hanya saja, model yang sudah lama tak disegarkan menjadi penghalangnya. Tak luput dari perhatian masyarakat adalah layanan purna jual yang saat ini semakin sedikit.

Spesifikasi Suzuki GSX-R150 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda 1,300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 785 mm
Berat Kosong 131 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     19,1 PS @10.500 rpm
Torsi Maksimum 14.0 Nm @9.000 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 11 liter
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang Swingarm
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 90/80-17(TL)
Roda Belakang     130/70-17 (TL)
Velg     Cast
Aki     MF
Lampu Depan LED
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki GSX R150
Lihat