Memasuki lima tahun perjalanannya, belum ada perubahan signifikan dari Yamaha XMax. Di Indonesia yang notabene menjadi basis produksi, penyegaran terjadi sebatas bersolek diri. Sementara di sisi lain, para rival siap datang guna menyaingi eksistensinya. Paling baru adalah munculnya Wmoto RT3.
Lawan baru XMax inipun sudah mengintai dari negara tetangga. Itu dikarenakan Wmoto yang tak lain merupakan brand milik MForce Bike Holdings SDN BDN. Sebuah distributor sepeda motor terbesar untuk meniagakan jenama seperti Benelli, Keeway, SYM, Brixton dan Niu motorcycles di Malaysia.
Lantas, mengapa Wmoto RT3 2021 bisa menjadi lawan Yamaha XMax? Desain khas ala maxi scooter menjadi modal awal yang ditawarkan. Sama halnya XMax, perawakan serba bulky dan sarat garis-garis menajam diamini pula oleh RT3.
Baca juga: Ragam Pilihan Skutik 250 cc untuk Pria Mapan
Bedanya, bentuk lampu utamanya berukuran lebih besar dan masih mengandalkan pendaran berupa bohlam. Namun, terkesan modern lantaran sudah dilengkapi DRL (daytime running light) LED. Lampu hemat daya itu pun terdapat jua pada sein dan lampu rem dengan bentuk nan unik. Ya, terapan yang belum dapat ditemui pada Yamaha XMax hingga sekarang.
WMoto RT3 pun memiliki windshield cukup tinggi. Cocok untuk penggunaan jarak jauh. Sementara di area kokpit, terdapat suguhan panel meter kombinasi analog-digital. Sajian demikian sejatinya sama seperti XMax. Tentu ada perbedaan karena penampang informasi miliknya punya enam opsi warna latar: merah, ungu, oranye, biru, kuning dan putih. Sementara lainnya seperti sistem penguncian keyless, konsol boks disertai power outlet pun disediakan pihak pabrikan. Satu keunggulan Wmoto RT3, fitur pengisi ulang daya gawainya sudah USB port.
Untuk sebuah maxi scooter, Wmoto RT3 jelas punya tubuh bongsor. Namun penyetelan tempat duduknya terbilang rendah yakni 755 mm saja. Bandingkan dengan tinggi jok XMax yang 795 mm. Namun, RT3 ternyata memiliki ground clearance lumayan jenjang yaitu 155 mm.
Baca juga: Pilihan Skutik Rp20 Juta sampai Rp25 Jutaan untuk Wanita
Dengan kombinasi demikian, rasanya tak akan berbeda jauh posisi berkendara Wmoto RT3 dengan Yamaha XMax. Tapi perlu diingat bahwa skutik ini memiliki bobot 194 kg. Tentu akan lebih berat lagi saat tangki bensin 17 liter miliknya terisi penuh. Gapnya jauh dibanding skutik berlambang garpu tala (179 kg).
Untung saja skutik ini dibekali mesin DOHC satu silinder berkapasitas 247 cc. Dengan pembulatan kubikasi 250 cc, Wmoto RT3 bisa mendulang daya maksimal 23,3 PS @8.000 rpm. Sementara momen puntir didapat adalah 22,5 Nm di 6.500 rpm. Terdapat keterpautan sedikit di mana Yamaha XMax menorehkan output sebesar 22,8 Nm @7.000 rpm dan 24,3 Nm @5.500 rpm.
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana handlingnya? Kaki-kaki WMoto RT3 dimodali fork teleskopik di depan serta suspensi ganda pada roda belakang. Sementara ban yang dipakai berukuran belang yaitu 120/70-15 dan 140/60-14 (depan-belakang). Masih di sekitarannya, tersedia penghenti laju cakram beserta sensor anti-lock braking system (ABS) pada kedua roda.
Baca juga: Simak Keunggulan Yamaha XMax, Skutik 250 cc Berlimpah Fitur dengan Harga Terjangkau
Dengan modal yang dipunya, Wmoto RT3 2021 rasanya cukup untuk beradu gengsi dengan Yamaha XMax. Toh, skutik bongsor Yamaha tersebut juga tersedia di Malaysia. Di negeri Jiran sendiri Wmoto RT3 dipasarkan dengan harga RM18,188 atau setara Rp53 jutaan.
Tidak menutup kemungkinan juga Wmoto RT3 masuk ke Indonesia. Seperti kita ketahui, perwakilan MForce juga ada di sini. Saat ini mereka baru memasarkan produk-produk dari SYM. Termasuk pula SM Sport yang tak lain brand kepunyaan MForce pusat. Jika Wmoto RT3 2021 masuk ke Tanah Air dan dijual di bawah Rp60 juta, apakah tetap menarik?