Honda CRF300L di benua eropa atau CRF250L yang ada di Indonesia, didesain sebagai motor dual-sport. Artinya, bisa digunakan baik perkotaan yang padat maupun blusukan ke medan off-road.
Ini karena rancangan CRF250L yang ramping, ringan dan tentunya punya spesifikasi kaki-kaki jenjang.
Dengan demikian, produk ini siap menghadapi beragam obstacle di jalur off road sekaligus memberi kenyamanan bagi pengendaranya.
Apalagi suguhan mesin 1 silindernya, memiliki tipikal torsi galak, sehingga cocok untuk menaklukan tanjakan atau sekadar stop and go.
Karena dibuat agar dapat melalui hampir beragam jalur, maka suspensi depan dan belakang pun dibuat tinggi.
Alhasil, berdampak kepada ground clearance atau jarak terendah ke tanah mencapai 284,4 mm.
Baca juga: Honda Genio Sampai Yadea Tampil Bergaya Barbie, Ada yang Dibagi Gratis Lho!
Spesifikasi kaki-kaki jenjang juga turut memengaruhi posisi jok yang kian tinggi. Tercatat untuk CRF300L tinggi joknya mencapai 881,3 mm dan CRF250L 893 mm.
Dengan tinggi jok demikian tentu akan membuat pengendara 170 cm atau di bawah itu bakal kesulitan menapakkan kedua kaki dengan sempurna alias jinjit.
Namun, ada kabar gembira karena Honda CRF300L yang meluincur global ini datang dengan setelan jok anyar, posisi duduknya lebih bersahabat bagi pengendara yang tidak terlalu tinggi.
Untuk mendapatkan posisi jok yang lebih rendah, perbedaan pertama ada pada jarak main kedua suspensi Showa yang sedikit lebih pendek jika dibandingkan dengan CRF300L.
Baca juga: Aksesoris Honda XL750 Transalp Mulai Dijual, Berapa Harganya?
Jika Honda CRF300L punya jarak main suspensi depan dan belakang 259 mm, di CRF300LS ini suspensi depannya punya jarak main 236,2 mm dan jarak main suspensi belakangnya 228,6 mm.
Meski jarak main suspensinya sedikit lebih rendah, tapi Honda mengklaim kalau suspensinya tetap bisa mengakomodir jalur on road dan off road dengan optimal, juga kemampuan manuver yang baik, jadi tidak kalah dengan CRF300L.
Perbedaan berikutnya tentu saja joknya yang kini lebih rendah, CRF300L menurut data spesifikasinya punya tinggi jok 881,3 mm dan untuk CRF300LS hanya 830,5 mm, artinya ada beda tinggi 50,8 mm yang cukup lumayan.
Terakhir dengan segala set up barunya yang dibuat lebih rendah, tentu ini berpengaruh juga terhadap ground clearance CRF300LS yang hanya 243,8 mm atau beda 40,6 mm.
Menurut laman powersports.honda.com harga retail untuk CRF300LS ini $5,699 atau saat dikonversi menjadi Rp 85.534.866 belum termasuk pajak dan lain-lain.
Kalau dijual di Indonesia, pasti cocok nih untuk rata-rata postur pengendara di sini ya.