Di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong produk premium terbarunya di segmen off road, yaitu Honda CRF250L yang didatangkan langsung dari Thailand.
Motor trail 250 cc ini dijual oleh AHM seharga Rp 79,9 juta on the road DKI Jakarta dengan 1 pilihan warna saja yaitu warna Extreme Red yang khas.
Lantas bagaimana animo masyarakat mengenai Honda CRF250L?
“Cukup bagus, banyak yang pesan meskipun volumenya tidak sebanyak CRF150L. Yang pesan banyak para penghobi off road, jadi ada yang sudah punya 250 Rally lalu mau terabasan ya beli ini.”
“Ada juga yang ingin naik kelas, dari yang awalnya punya CRF150L lalu naik ke CRF250L. So far antara permintaan dan pasokan masih lebih banyak permintaan, untuk angkanya saya tidak hafal,” sebut Ahmad Muhibbudin, GM Corporate Communication AHM.
Baca juga: Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis!
Basicnya motor ini menggunakan Honda CRF250 Rally yang sudah lama beredar di Indonesia, hanya saja tampilannya lebih ramping yang memang ditunjukan lebih ke off road atau terabas.
Karenanya desain bodi lebih simpel dan ramping, bahkan perbedaan desain juga ada pada tangki bahan bakar agar tetap proporsional, kapasitasnya pun kini hanya 7,8 liter.
Meski motor ini lebih condong ke arah off road, tapi untuk masalah fitur tidak kalah modern jika dibandingkan dengan motor on road.
Seperti sudah menggunakan LED di hampir seluruh perlampuannya, lampu utamanya yang compact berbalut cover rata khas motor garuk tanah.
Kemudian lampu seinnya pakai model terpisah dengan desain khas seperti Vario dan CBR series, lalu lampu rem masih bohlam seperti 250 Rally.
Baca juga: Honda CRF150L Jelajah Padalarang, Eksplorasi Karst Citatah Dengan Cara Menarik
Kemudian ada penggunaan spidometer full digital yang mirip dengan CRF250 Rally, informasi pada spidometernya cukup lengkap dengan model monochrome.
Rangka semi-double cradlenya ditopang dengan kaki-kaki khas garuk tanah, pakai lingkar roda depan 21 inci dibalut ban 80/100-21 dan yang belakang diameter pelek 17 inci dengan ban 120/80-17.
Suspensi depan menggunakan Showa yang punya diameter shock 43 mm dan monoshock Showa yang terpasang pada swing arm aluminium melalui sistem pro-link.
Sektor pengereman menggunakan diameter cakram 256 mm model wavy yang diapit kaliper 2 piston, untuk belakang pakai diameter cakram 220 mm beserta kaliper 1 piston.
Jantung penggeraknya juga sama seperti yang digunakan pada CRF250 Rally, bahkan sama juga dengan yang digunakan oleh CBR250R yang pernah hadir di Indonesia.
Baca juga: Honda Vario 160 2023 Usung Warna Premium, Harga Jadi Segini
Spesifikasinya adalah 250 cc silinder tunggal, DOHC 4 katup, pendingin cairan, dan tentu saja sudah fuel injection.
Menggunakan diameter piston 76 mm dengan panjang langkah 55 mm, perbandingan kompresi dipatok 10,7:1 sehingga tidak bingung mencari RON tinggi saat sedang terabas di daerah yang jauh dari perkotaan.
Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini memiliki klaim tenaga maksimal 25,6 ps di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 23,1 Nm pada 6.500 rpm.