Setelah Yamaha Vietnam beberapa waktu lalu merilis Yamaha Exciter 155 VVA, kini giliran Malaysia yang mengenalkannya. Motor bebek super itu diberi nama Yamaha Y16ZR, dan dikenalkan Hong Leong Yamaha Motor kemarin (18/3/2021).
Motor yang di Indonesia bernama Yamaha MX King itu dikenalkan lewat tayangan virtual, memiliki kapasitas mesin lebih besar yakni 155 cc, dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), dan andalkan transmisi enam percepatan.
Dituliskan Wapcar.my kalau motor ini juga dilengkapi dengan Assist & Slipper Clutch. Ini menandakan jika jantung mekanis yang digunakan diturunkan dari Yamaha YZF-R15.
Mesinnya itu mampu memuntahkan tenaga hingga 17,9 PS pada putaran 9.500 rpm, dengan torsi maksimal 14,4 Nm di 8.000 rpm. Namun output yang dihasilkan ini lebih kecil dari Yamaha YZF-R15 yang bisa mencapai 19,2 PS dan 14,7 Nm.
Baca juga : Yamaha MX-King 2021 Rilis di Vietnam, Pakai VVA Performa Setara Motor Sport
Pihak Hong Leong Yamaha Motor menawarkan Yamaha Y16ZR 2021 ini dengan harga 10.888 ringgit atau sekitar Rp 38,316 juta. Itu pun belum termasuk asuransi dan pajak jalanan. Hmm... mahal juga ya?
Ya memang mesin menjadi daya tarik utama sejak motor ini digosipkan akan meluncur. Namun jangan lupakan pula desainnya yang juga berubah total berkat inspirasi desain dari Yamaha YZF-R1, superbike andalan pabrikan garpu tala.
Tak salah karena memang terlihat mirip terutama pada fascia depan. Siluet lampu LED DRL berbentuk seperti sabit, dipadu lampu jauh yang terletak dibodi memang terlihat sangat mirip dengan wajah sang superbike saat lampu nyala bersamaan.
Uniknya pada cover setang juga terdapat lampu yang berfungsi sebagai lampu dekat. Model lampu terpisah atas-bawah seperti ini relatif jarang diterapkan.
Melongok bodi depan dari samping nampak menyudut dan agresif, dan bagian sampingnya memiliki lekuk serta kisi-kisi udara yang menggambarkan fairing motor sport. Sementara bagian tengah motor dibuat padat dengan cover bodi yang menutup rapat rangka underbone.
Garis bodi belakang pun dibuat meninggi layaknya motor sport, dipadu tempat duduk model bertingkat. Pada buritan juga diberikan lampu berdesain mirip dengan milik Yamaha YZF-R1.
Sayangnya sepakbor belakang yang menjuntai panjang, justru terbuat dari plastik bukan lagi pakai braket alumunium. Secara estetika jadi sedikit nampak kurang kokoh, meski secara fungsi tetap sama baiknya.
Catatan lainnya adalah, perubahan desain motor terasa tanggung karena desain pelek yang digunakan tak berubah. Tetap palang lima ganda model lurus, kalau dapat desain pelek model model baru tentu akan lebih menarik.
Yamaha Y16ZR di Malaysia hadir hanya dengan satu varian saja, dan ditawarkan dengan tiga opsi warna yakni arrow blue, phantom grey dan raging yellow.
Baca juga : Penasaran Top Speed Yamaha MX King 155 VVA 2021? Ternyata Setara Motor Sport Loh!
Tak hanya mesin dan desain yang jadi nilai jual utamanya, fitur-fitur yang disematkan juga terbilang lengkap. Seperti hadirnya Smart Key System yang membuat lebih praktis dan aman dari tangan panjang, panel meter full digital dengan informasi yang lengkap.
Jangan lupakan engine cut off yang biasanya terdapat pada motor tipe sport, lampu hazard, serta adanya power outlet pada bagian depan motor serta lampu depan yang sudah LED termasuk dikawal LED DRL.
Kemunculan generasi baru dari Yamaha MX King di Malaysia dan sebelumnya di Vietnam, tak lepas dari kondisi pasarnya yang masih menggairahkan. Penjualan motor bebek masih bagus dan masyarakat dikedua negara tersebut masih menggunakan motor jenis ini.
Hal ini berbanding terbalik dengan di Indonesia. Segmen motor bebek kian tergerus oleh motor skutik. Namun seberapa besar peluang Yamaha Y16ZR alias MX King terbaru ini masuk ke Indonesia?
Baca juga : Yamaha MX-King 150 2021 Punya Warna Baru, Cukup Merayu Peminat Bebek Sport?
Rasanya untuk penggemar Yamaha MX King harus bersabar nih, karena pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merasa model yang ada saat ini masih bisa memenuhi keinginan konsumen.
"Untuk saat ini kita belum ada rencana (menghadirkan model terbaru). Kami masih memasarkan MX King yang ada saat ini," ujar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community YIMM lewat pesan singkatnya kepada Autofun.co.id.
Saat ini YIMM melepas Yamaha MX King 150 dengan harga mulai dari Rp 24,075 juta untuk warna standar. Lalu Rp 24,17 juta untuk Doxou Version dan Rp 24,375 juta untuk Monster Energy MotoGP Edition.
Baca juga : Perbandingan Yamaha Jupiter MX135 Vs Yamaha MX King V2 2021, Legenda si Bebek Super Akan Berlanjut?
Yamaha YZ16R alias Yamaha MX King 2021 ini memang sangat menggoda, desain berubah total diikuti lonjakan performa akibat penggunaan mesin yang benar-benar baru. Belum lagi fitur-fitur yang melekat memberikan kesan premium yang semakin kuat.
Hanya saja peluangnya untuk hadir di Indonesia saat ini masih belum bisa dipastikan, seperti yang diungkapkan pihak Yamaha Indonesia. Semoga disegerakan model barunya ini hadir, karena peminatnya pasti akan banyak.
Spesifikasi Yamaha Y16ZR 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.975 x 665 x 1.085 mm | |
Sumbu Roda | 1.290 mm | |
Tinggi Jok | 795 mm | |
Jarak Terendah | 150 mm | |
Kapasitas Tangki | 5,4 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, VVA | |
Kapasitas | 155 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 10,5 :1 | |
Tenaga Maksimal | 17,9 PS @ 9.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @ 8000 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Backbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 90/80-17 | |
Ban Belakang | 120/70-17 |