Awal tahun 2021 ini PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memanaskan peta persaingan motor sport 150 cc, dengan merilis Honda CBR150R 2021. Hadir dengan tipe non ABS dan ABS, kini tipe termahalnya ada yang dijual lebih dari Rp 40 juta.
Tentu saja menilik kompetitornya, banderol yang ditawarkan AHM lebih tinggi untuk sesama tipe paling mahal. Suzuki GSX-R150 ABS hanya dilabeli harga Rp 35 juta saja dan Yamaha R15 MotoGP Edition diangka Rp 37,685 juta.
Meski begitu, AHM optimis Honda CBR150R terbaru ini bisa terjual hingga 25 ribu unit setiap bulannya (semua tipe). Angka tersebut jelas bukan main-main, karenanya motor ini dibekali beragam hal yang istimewa.
Harapannya tentu akan menarik minat konsumen untuk memiliki Honda CBR150R 2021 ini. Mau tahu apa yang istimewa dari motor sport satu ini?
Baca juga : Terpincut Honda CBR150R dan CBR250RR Tricolor, Ini Skema Kreditnya
Pada model terbaru Honda CBR150R kesan sporty tetap dipertahankan dengan cara mengadopsi desain Honda CBR250RR. Siluet bodi agresif dengan banyak sudut tajam, sedikit berotot namun terlihat ringan.
Bentuk lampu depan dan belakang pun dibuat mirip dengan sang kakak. Hanya saja ada dimensi bodi Honda CBR150R ini dibuat sedikit lebih kecil, menyesuaikan ukuran rangka yang digunakan.
Cara ini cukup manjur karena desain Honda CBR250RR sendiri saat ini menjadi salah satu yang terbaik untuk sebuah motor sport full fairing. Tak heran jika akhirnya diturunkan pula untuk sang adik.
Baca juga : Tampil Mirip Sang Kakak, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR150R 2021?
Honda menyebutkan jika motor ini merupakan motor sport 150 cc yang nyaman dipakai harian. Salah satunya karena sudah ditambahkan fitur Assist & Slipper Clutch, yang akan meringankan pengoperasian tuas kopling.
Untuk berkendara di jalanan kota yang padat, tangan kiri jadi tak akan terlalu pegal. Fungsi slipper pada rumah kopling, mampu menjaga roda belakang tak sampai mengunci karena efek engine brake yang terlalu kuat. Biasanya hal ini terjadi saat melakukan penurunan gigi transmisi dengan cepat.
Sayangnya spesifikasi mesin tak banyak berubah, masih tetap 4-tak, DOHC 4 katup pendingin udara. Output tenaganya 17,1 PS @ 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm @ 7.000 rpm.
Baca juga : Pilih All New Honda CBR150R 2021 atau Yamaha R15 2021? Daripada Galau, Simak Dulu Komparasinya
Upgrade lainnya terletak pada intake dan knalpot, untuk mendapat suara lebih baik dan mengejar efisiensi. Honda CBR150R sendiri mampu berakselerasi 0-200 meter dalam waktu 10,6 detik dengan kecepatan puncak mencapai 127 km/jam.
Baca juga : Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021
Kala kompetitor sekelas menawarkan posisi berkendara yang sangat racy, Honda justru membuat CBR150R nyaman untuk perkotaan. Caranya dengan memposisikan setang berada di atas segitiga (upperyoke).
Posisi badan yang berkendara pun akan menjadi lebih tegap, dan punggung serta bahu akan lebih rileks. Nampaknya AHM ingin motor ini bisa dipakai harian tanpa harus mengorbankan kenyamanan pengendaranya.
Selain yang telah disebutkan seperti lampu full LED dan Assist & Slipper Clutch, masih banyak fitur yang terdapat pada motor ini. Panel meter misalnya, sudah full digital dengan tampilan baru meski desainnya masih mirip yang lama.
Kemudian suspensi depan upside down dari Showa dengan tipe SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston). Sayangnya tak ada lagi setelan preload seperti pada Honda CBR150R generasi sebelumnya.
Kemudian ada opsi rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel, yang membuat pengereman jadi lebih efisien tanpa membuat roda sampai terkunci. Rem ABS ini terhubung juga dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal).
Baca juga : Tembus Rp 40 Juta, Honda Optimis All New CBR150R 2021 Terjual Sampai 25 Ribu Unit Tiap Bulan
ESS ini akan aktif saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Lampu sein belakang akan kedip bersamaan, untuk menginformasikan kepada pengendara di belakang supaya lebih waspada dan bisa mengantisipasi tabrak belakang.
Honda CBR150R 2021 ditawarkan dengan dua tipe saja yakni non ABS dan ABS. Tapi varian warna yang ditawarkan sangat banyak, total ada sembilan varian warna dari kedua tipe tadi.
Maka tak heran kalau rentang harga untuk Honda CBR150R ini cukup luas, mulai dari Rp 35,9 juta sampai Rp 40,8 juta on the road Jakarta. Untuk harga selengkapnya bisa lihat di tabel bawah ini.
Harga Honda CBR150R 2021 | ||
---|---|---|
Non ABS | Rp 35,9 juta | |
Non ABS - Honda Racing Red | Rp 36,6 juta | |
ABS | Rp 39,9 juta | |
ABS - Honda Racing Red | Rp 40,6 juta | |
ABS - Hnda Tricolor | Rp 40,6 juta | |
ABS - Honda MotoGP Edition | Rp 40,8 juta | |
*harga on the road Jakarta |
Dibandingkan kompetitor sekelasnya, Honda CBR150R 2021 menjadi produk yang paling segar yang ada saat ini. Selain permainan warna baru, praktis belum ada berubahan dari sisi desain dan teknis untuk Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R15 sejak tahun 2017 lalu.
Honda yang memberikan update desain besar-besaran, mencoba mencuri peluang dengan menggoda konsumen motor sport 150 cc. Dan rasanya strategi tersebut akan berhasil jika dua kompetitornya tadi tak ada perubahan sama sekali.
Baca juga : All New Honda CBR150R 2021 Resmi Dikenalkan, Punya Dua Varian Dengan Harga Mulai Rp 35 Jutaan
Spesifikasi Honda CBR150R 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.983 x 700 x 1.077 mm | |
Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Tinggi Jok | 782 mm | |
Jarak Terendah | 160 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat | 137 kg dan 139 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup | |
Rasio Kompresi | 11,3 : 1 | |
Pendingin | Cairan | |
Kapasitas | 149,16 cc | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,8 mm | |
Transmisi | Manunal, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 17,1 PS @ 9.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Diamond frame | |
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 100/80-17 | |
Ban Belakang | 130/70-17 |