Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?

Fenomenal dan istimewa, dua kata paling ideal untuk menggambarkan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Diantara para petarung motor sport 250 cc, dialah satu-satunya peserta yang menawarkan usungan mesin empat silinder segaris. Namun, apakah demi sensasi bak moge semata yang membuat konsumen membelinya?

Kawasaki Ninja ZX-25R menyajikan penawaran berbeda di kelas sport 250 cc.

Mungkin tak serta-merta demikian. Toh, kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R bisa jadi menjawab kejenuhan terhadap Ninja 250 versi dua silinder. Tak sekadar itu. Ninja versi empat silinder inipun diharapkan ikut menggoda motoris yang sebelumnya kadung menggemari Yamaha R25 atau Honda CBR 250 RR. 

Mesin Paling Buas di Kelas 250 cc

Faktanya, mesin DOHC 16 katup empat silinder miliknya mampu mengail daya 51 PS pada 15.500 rpm. Sedang untuk  torsi maksimum mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Bandingkan dengan ketiga produk yang masih mengandalkan silinder ganda tadi. 

Konfigurasi mesin empat slinder segaris membuat Ninja ZX-25R punya torehan output paling besar diantara petarung motor sport 250 cc.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Motor Sport 250 cc Paling Istimewa Saat Ini

Performa mesin Kawasaki Ninja ZX-25R tercatat paling buas untuk kelas sport 250 cc. Keistimewaan dari motor inipun bertambah, lantaran Ninja ZX-25R sanggup meraih kecepatan tertinggi 192 km/jam. Untuk penggambaran saja, Honda CBR 250 RR 2021 hanya mampu meraih top speed maksimal 181 km/jam saja.

Power Mode Suguhkan Efektivitas Translasi Output

Kepalang besar? Tenang, kenyataannya keluaran output darinya bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low. Diferensiasi keduanya terletak pada daya yang dikeluarkan mesin. Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full. 

Ketersediaan Power Mode menunjang pemilik untuk memanfaatkan output mesin Ninja ZX-25R di berbagai situasi.

Baca juga: Simak Detail Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R, Si Motor Sport 250 cc paling Fenomenal

Fitur ini sendiri bisa diaplikasi lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah menggunakan teknologi Ride by Wire. Ya, sebuah sistem buka-tutup gas elektrik yang jua dimiliki oleh Honda CBR 250 RR. Bedanya, produk Honda mode berkendara dengan tiga pilihan: Comfort, Sport dan Sport+. 

Dibanding kompetitornya ini, suguhan pada Ninja ZX-25R jauh lebih simple. Namun, lebih efektif bukan? Jika menggunakannya untuk kebutuhan track day, opsi Full bisa Anda pakai demi mengeksploitasi bekalan sesungguhnya dari mesin empat silinder tersebut. Sementara untuk tipe Low, rasanya sudah cukup dipakai di jalan raya dengan kondisi lalu lintas cukup padat. 

Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi traction control. Dan, bisa dimatikan jika ingin menggunakannya di ajang track day atau balapan.

Satu-satunya Motor Sport 250 cc Berpelengkap Traction Control

Mode itupun dapat dimanfaatkan pula saat hujan (kondisi aspal basah). Sebenarnya pun tak mengapa jika Anda lebih senang menggunakan mode Full di jalan umum. Toh, Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disemati Kawasaki Traction Control (KTRC). 

Pengontrol traksi miliknya pun bisa disetel ke dalam tiga pilihan. Dengan begitu, pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi di roda belakang. Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tak kepalang membutuhkannya. Untuk diketahui juga, di kelas ini (motor sport 250 cc) hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang berpelengkap traction control. 

Assist & Slipper Clutch sudah menjadi perlengkapan standar Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Baca juga: Ini Lima Pertanyaan yang Sering Dibahas pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Selain mengandalkan mode Low, efektivitas penggunaan di jalan raya pun dapat optimasi dengan ketersediaan beberapa fitur pendukung. Sebut saja Assist and Slipper Clutch. Jikapun dipisahkan, Assist Clutch bertugas membuat pengoperasiaan kopling menjadi ringan. Sementara Slipper Clutch, difungsikan untuk mencegah roda belakang terkunci. 

Harga Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 (standar) Rp97.900.000
Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2021 Rp114.900.000

Perlengkapan Komplet pada Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Tertinggi

Seluruh kelengkapan, terutama fitur di atas sejatinya sudah Anda dapatkan saat membeli Kawasaki Ninja ZX-25R tipe standar. Untuk informasi tambahan, varian ini sekarang dijual dengan harga Rp97,9 juta (on the road Jakarta). 

Untuk diketahui juga, PT KMI menyediakan pilihan lain yakni Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE. Sudah pasti perbedaan utama yang dibawa berasal dari sistem pengereman. Tidak seperti varian basic, Ninja ZX-25R tipe tertinggi ini sudah menggunakan penghenti laju ABS (anti-lock braking system).

Quick shifter Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 berfungsi dua arah (upshift dan downshift).

Bisa dikatakan pula, versi dengan decal special edition Kawasaki ini siap diajak balapan. Pasalnya, pada varian inilah peranti Kawasaki Quick Shifter (KQS). Dengan begitu, proses perpindahan transmisi dapat dilakukan tanpa mesti menarik tuas kopling.

Keuntungan yang didapat adalah pengendara bisa lebih fokus saat berkompetisi. Kinerjanya sendiri berlaku dua arah (upshift dan downshift). Dengan catatan, fitur ini baru bisa dipakai saat putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Satu lagi, pembeli varian ini juga bisa mematikan fitur tersebut. Hanya saja, Ninja ZX-25R berpelengkap ABS dan quick shifter dijual lebih mahal yaitu Rp114,9 juta.    

Baca juga: Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Siapkan Dana Minimal Rp25 Juta 

Walau berat, rancang bangun Kawasaki Ninja ZX-25R cukup bersahabat untuk pengendara.

Berat namun tetap Moderat

Tak dipungkiri pula sederet perbedaan yang disajikan juga berdampak kepada berat tubuhnya. Bobot Kawasaki Ninja ZX-25R sendiri mencapai 180 kg. Bahkan, varian atasnya lebih berat lagi yaitu 182 kg. Kenyataannya, kalkulasi tersebut tetap ideal untuk performa mesin yang buas tadi. 

Termasuk pula dalam hal dimensi. Sekilas perawakannya tak berbeda jauh dengan Ninja 250 biasa. Toh, penghitungan total tubuhnya adalah 1.980 x 750 x 1.110 mm (P x L x T). Pun halnya dengan penetapan ketinggian jok (765 mm) dan groud clearance (125 mm). Alhasil, meskipun berat Ninja ZX-25R tetap moderat untuk Anda. Ditambah lagi pengaturan setang yang cukup tinggi - tidak membuat pemilik mesti menunduk saat mengendarainya. 

Kesimpulan

Daya tarik utama dari Kawasaki Ninja ZX-25R nyatanya memang terletak pada impresi bak sebuah moge - lantaran menggunakan mesin empat silinder. Racikan tersebut pun membuatnya paling unggul dalam hal performa. Belum lagi penambahan fitur yang mendukung Anda selama mengeksplorasi kemampuan si kuda besi. 

Walaupun sangat ideal untuk penggunaan lintasan, Ninja ZX-25R 2021 tetap memadai untuk penggunaan di jalan raya. Terlebih dengan ketersediaan dukungan semacam Assist and Slipper Clutch. Ingin lebih lengkap, tinggal arahkan pemilihan Anda terhadap varian tertinggi. Pasalnya, di tipe inilah fitur ABS dan quick shifter didapat. Jadi, bukan semata mengejar sensasi sebuah moge kan? Ditambah lagi banderolnya yang cukup jauh di bawah motor-motor bermesin di atasnya. 

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C 
Ban Belakang 150/60R1M/C 
Rem Depan Single 310mm 
Rem Belakang Single 220 mm 
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat