Hari ini (5/5/2021) PT Astra Honda Motor (AHM) merilis model terbarunya untuk segmen motor naked bike 150 cc yakni All New Honda CB150R Streetfire 2021. Motor ini hadir dengan harapan konsumen yakni menggunakan suspensi depan upside down.
Naked sport tersebut juga tampil dengan desain baru yang semakin massive dan agresif layaknya motor big bike. Pilihan terbaru bagi pecinta motor sport ini tampak semakin gagah, membanggakan dan membuat pengendaranya semakin percaya diri.
"Ini merupakan model yang dinanti-nanti dengan menggunakan front inverted suspension (upside down) sesuai permintaan konsumen," ujar Keiichi Yasuda, Presiden Director AHM pada peluncuran virtualnya.
Menariknya harga jual tetap dibuat terjangkau, dengan kenaikan dari model sebelumnya yang tak terlalu signifikan. Untuk varian Standard dilepas Rp 29,7 juta dan varian Special Edition (SE) kini dilepas lebih dari Rp 30 juta, tepatnya Rp 30, 7 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Bukan cuma Agresif, Ini Alasan Honda CB150R Streetfire tetap Diminati
Sensasi big bike menjadi andalan pada model terbaru dari Honda CB150R Streetfire 2021 ini. Ini terlihat dari penerapan desain yang massive dan besar pada bagian bodi depan, tepatnya pada bagian tangki bahan bakar, shroud serta undercowl untuk varian SE.
Desain pelek juga baru, bukan multi spoke miring lagi namun kini bergaya ala GP wheel palang 10 yang sporty. Untuk varian SE dilabur dengan warna burnt titanium.
Jika melihat fascia depan, bentuk lampu utama masih terlihat mirip dengan model sebelumnya. Namun bagian sampingnya idbuat lebih lebar dan tegas dengan ornamen berwarna perak.
Baca juga : Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150
Buritan pun masih tak jauh beda dengan generasi sebelumnya, tetap agresif dan sporty dengan sudut tajam. Penggunaan lampu full LED pada setiap bagian masih tetap dipertahankan.
Yang tak luput adalah perubahan desain panel meter digital baru yang punya informasi cukup lengkap. Seperti spidometer, odometer, tripmeter, takometer, jam digital, fuel meter dan posisi gigi.
Lekuk setang juga berubah untuk mengejar kenyamanan dengan menggunakan model tappered yang nampak lebih tinggi. Ini untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih nyaman dari model sebelumnya.
Baca juga : Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah?
Honda CB150R StreetFire masih mengandalkan mesin 150 cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, dan berpendingin cairan. Akselerasi yang dihasilkan oleh model ini mampu mencapai 10,5 detik (0-200m), terhitung responsif.
AHM mengklaim kecepatan maksimal yang bisa dicapai hingga 125 km/jam, namun tetap menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien yaitu 40,5 km/l berdasar metode pengetesan ECE R40 dengan standar EURO 3.
Baca juga : Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?
Desain yang sporty dan agresif pada model sebelumnya tetap dipertahankan pada model terbaru dari Honda CB150R Streetfire ini. Honda lantas hanya perlu meningkatkan beberapa bagian yang bisa diperbaiki.
Mesin lamanya memang responsif dan cocok untuk penggunaan dalam kota yang cenderung stop & go, sehingga tak ada perubahan yang dilakukan. Hanya saja kenyamanan berkendara diperbaiki berkat pemakaian setang baru.
Semua perubahan yang terdapat pada All New Honda CB150R Streetfire tadi dibungkus dengan harga yang masih terjangkau. Kenaikan banderolnya tak terlalu signifikan dari model lamanya.
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | ||
Berat kosong | 134 kg & 135 kg (SE) | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (Truss) Frame | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 16,3 PS @9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13.7 Nm @7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Pedal & Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |