Hari Rabu (5/5/2021) kemarin, secara virtual PT Astra Honda Motor (AHM) merilis naked sport bike 150 cc mereka yakni All New Honda CB150R Streetfire 2021. Motor tersebut merupakan produk andalan Honda untuk segmen sport naked 150 cc.
Penampilannya berubah cukup signifikan yang mengedepankan desain ala big bike. Hal ini terlihat pada bodi depan dengan bentuk lebih gagah dan berotot dengan perubahan pada tangki bahan bakar.
Kini tangki bahan bakarnya ditutupi cover bodi plastik sehingga bisa menampilkan lekuk bodi yang berotot. Bodi penutup tangki tadi dibuat utuh tanpa sambungan hingga panel samping motor.
Baca juga : Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!
Kesan tersebut diperkuat dengan bentuk shroud tangki yang lebih besar dengan lekuk agresif. Selain memberikan kesan besar, shroud ini juga menutupi radiator dengan lebih baik.
Yang tak ketinggalan tentu penggunaan suspensi depan upside down SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) dari Showa. Dengan diameter 37 mm, komponen peredam kejut satu ini semakin menguatkan sensasi big bike pada motor ini.
Namun update pada generasi terbaru Honda CB150R Streetfire kali ini berfokus pada penampilannya. Sisi teknis tak banyak disentuh, mesin yang menjadi sumber penggeraknya masih memiliki spesifikasi yang sama dengan model sebelumnya.
Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan yang dipadu transmisi manual enam percepatan. Sistem injeksi bahan bakar PGM-FI tentu menjadi andalannya, dan telah dilengkapi pendingin cairan.
Baca juga : Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru?
Kapasitas mesinnya 149,16 cc berkat paduan piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Rasio kompresinya sendiri terbilang cukup tinggi diangka 11,3 : 1.
Perkara akselerasi, mesinnya ini memang dikenal responsif dan cocok untuk penggunaan harian di jalanan yang padat. Torsinya sangat kuat pada putaran rendah sampai menengah.
Dari hasil pengetesan yang dilakukan AHM, untuk menempuh jarak 0-200 meter, Honda CB150R Streetfire terbaru ini hanya membutuhkan waktu 10,5 detik saja. Akselerasinya memang impresif, terlebih ada pengurangan bobot motor keseluruhan.
Baca juga : Harga Makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021
Dengan karakter mesinnya ini, bisa dikatakan Honda CB150R Streetfire terbaru sangat pas digunakan di jalanan yang cenderung padat dan stop & go, serta jalanan menanjak yang membutuhkan akselerasi awal yang kuat.
Bukan Honda namanya jika tak memikirkan efisiensi bahan bakar. Pada model terbaru ini capaian konsumsi bahan bakarnya pun cukup memuaskan dengan raihan 40,5 km/liter.
Angka tersebut dicapai berdasarkan pengetesan internal yang dilakukan oleh AHM, dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40 dengan standar Euro 3. Irit bukan?
Seperti generasi sebelumnya, motor ini ditawarkan dengan dua varian yakni Standard dan Special Edition. Yang membedakan keduanya dari fisik adalah penggunaan under cowl dan pilihan warnanya.
Baca juga : All New Honda CB150R Streetfire 2021 Resmi Dikenalkan, Harga Tembus Rp 30 Juta
Untuk varian Standard ditawarkan dalam dua warna yakni macho black dan stinger red black yang dilabeli harga Rp 29,7 juta. Kemudian untuk varian Special Edition hadir dengan tiga pilihan warna yakni fury matte red, raptor matte black dan armored matte grey dengan harga Rp 30,7 juta on the road Jakarta.
Jika Anda berharap banyak ada perubahan pada mesin yang digunakan oleh Honda CB150R Streetfire terbaru ini, tentu Anda akan kecewa. Namun AHM memiliki sejumlah alasan kenapa mesin ini masih tetap diandalkan, salah satunya karena performanya masih memuaskan.
Kemudian konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit, untuk penggunaan sehari-hari tentu akan membantu menekan pengeluaran rutin untuk pembelian BBM. Dan sebagai catatan, pedal kick starter dihilangkan dan untuk menghidupkan mesin praktis hanya melalui starter elektrik saja.
Bagaimana, apakah perubahan pada Honda CB150R Streetfire ini sudah memuaskan Anda?
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | ||
Berat kosong | 134 kg & 135 kg (SE) | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (Truss) Frame | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 16,9 PS @9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13.8 Nm @7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Pedal & Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Kapasitas Pelumas | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |