Kehadiran generasi baru Honda CB150R Streetfire mendapatkan respon beragam dari penggemar sepeda motor tanah air. Sosoknya sebagai motor sport naked 150 cc favorit membuatnya banyak dinanti-nanti penggemarnya.
Bentuknya kini menjadi lebih kekar berotot berkat desain tangki bahan bakar yang memiliki banyak lekukan. Bagian ini memberikan kesan street fighter kental.
"Kami membuat penampilannya lebih agresif dan bagian bodi depannya bisa memberikan sensasi mengendarai sepeda motor besar," ujar Sakron Limpanachaipondgoon, Large Project Leader Honda CB150R Streetfire dari Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd
Baca juga : All New Honda CB150R Streetfire 2021 Andalkan Mesin Lama, Begini Performa dan Konsumsi BBM-nya
Namun ada pula yang masih ragu-ragu untuk meminang motor sport tersebut, lantaran belum yakin cocok atau bagus hanya difoto saja. Terlebih konsumen yang berminat baru bisa mendapatkan unitnya setelah Lebaran nanti.
Ini juga bisa berarti calon konsumen yang berminat, belum bisa melihat secara langsung. Tapi pada artikel kali ini, kami akan paparkan lima alasan kenapa Anda tak perlu ragu untuk menebus Honda CB150R Streetfire.
Apa saja? Simak langsung selengkapnya di bawah ini!
Dimasa sekarang ini panel meter digital seperti sudah menjadi kewajiban untuk motor-motor keluaran baru. Atau setidaknya, menggunakan perpaduan digital dan analog.
Pada Honda CB150R Streetfire 2021 ini, Honda membenamkan panel meter yang benar-benar baru. Desainnya asimetris dengan informasi yang terbilang lengkap dan mudah dibaca berkat layar LCD.
Baca juga : Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch
Pada panel meter barunya ini ketambahan informasi gigi transmisi yang sedang digunakan. Untuk informasi lainnya relatif masih sama, berisi spidometer, odometer, tripmeter, takometer, jam digital, fuel meter dan posisi gigi.
Di bawah layar digitalnya terdapat beberapa indikator seperti lampu sein kiri dan kanan, high beam, FI indicator, indikator gigi netral dan temperatur mesin. Tak lupa dua tombol set dan select untuk mengatur informasi yang ditampilkan.
Inilah bagian yang bisa membuat sosok Honda CB150R Streetfire terlihat lebih gagah dan kekar. Penggunaan suspensi depan jenis upside down ini semakin menguatkan kesan big bike sensation yang ditawarkan.
Baca juga : All New Honda CB150R Streetfire 2021 Resmi Dikenalkan, Harga Tembus Rp 30 Juta
Suspensi upside down yang digunakan pun bukan sembarangan, karena bertipe SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) lansiran Showa. Diameternya 37 mm dan mampu memberikan kesan sporty dan pengendalian yang lebih lincah.
Baca juga : Selain Warna, Ini Perbedaan Varian Honda CB150R Streetfire 2021
Banyak yang menanyakan kenapa bagian mesin ini tak disentuh sama sekali. Spesifikasinya masih tetap sama dengan model terdahulu, begitu juga dengan output yang mampu digadai.
Tapi walau tak berubah sama sekali, mesinnya ini sudah cukup responsif. Dari hasil pengetesan internal AHM, untuk menempuh jarak 200 meter dari posisi diam, hanya butuh 10,5 detik saja.
Hal ini tak lepas dari bobot motor yang juga menjadi lebih ringan, sehingga power to weight ratio-nya membaik. Jangan lupakan juga konsumsi bahan bakarnya yang terhitung hemat, diklaim sampai 40,5 km/liter!
Spesifikasinya sendiri 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan yang dipadu transmisi manual enam percepatan. Sistem injeksi bahan bakar PGM-FI tentu menjadi andalannya, dan telah dilengkapi pendingin cairan.
Kapasitas mesinnya 149,16 ccberkat paduan piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Rasio kompresinya sendiri terbilang cukup tinggi diangka 11,3 : 1.
Jika Anda pernah merasakan kenyamanan berkendara Honda CB150R Streetfire model sebelumnya, maka pada model terbaru ini akan lebih nyaman lagi. Salah satunya karena penggunaan setang tappered yang lebar tapi posisinya juga tinggi.
Baca juga : Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!
"Posisi tangan pengendara akan membuka dan berkesan tangguh, namun tetap nyaman," jelas Sakron dalam presentasinya kemarin. Setang ini pun dilabur warna burnt titanium, bukan lagi hitam biasanya.
Selain setang, Anda akan lebih nyaman berkat posisi jok yang dibuat lebih rendah dari sebelumnya 797 mm menjadi 795 mm. Begitu juga dengan ground clearance yang menjadi 164 mm dari sebelumnya 169 mm.
Ini yang luput, dengan perubahan yang terbilang signifikan tadi, kenaikan harga pada model terbaru Honda CB150R Streetfire 2021 tak terlalu signifikan.
Hanya dengan nominal Rp 1 jutaan lebih mahal, Anda sudah bisa mendapatkan motor dengan fitur yang lebih mumpuni dan desain yang paling fresh. Sejauh ini kompetitor Honda CB150R Streetfire belum mendapatkan update penampilan.
Pada model sebelumnya varian Standard dilepas Rp 28,36 juta maka kini menjadi Rp 29,7 juta. Ada kenaikan Rp 1,34 juta. Kemudian untuk varian Special Edition dari sebelumnya Rp 29,46 juta kini menjadi Rp 30,7 juta hanya selisih Rp 1,24 juta saja.
Baca juga : Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru?
Harus diakui meski berlabel all new, nyatanya tak semua bagian Honda CB150R Streetfire mendapatkan perubahan. Yang paling mudah dicatat adalah bagian desain bodi, suspensi depan, setang, desain pelek dan panel meter.
Tapi segala perubahan yang dilakukan tentunya sudah mempertimbangkan banyak hal, termasuk kenapa mempertahankan mesin lama. Toh, semua perubahan tadi bisa didapatkan dengan selisih harga yang tak terlampau jauh dari model sebelumnya.
Kapan lagi Anda bisa menikmati motor dengan suspensi upside down hanya dengan Rp 30 jutaan saja? Bagaimana, tak ragu lagikan untuk menjadikan All New Honda CB150R Streetfire 2021 ini jadi penghuni garasi rumah Anda?
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | ||
Berat kosong | 134 kg & 135 kg (SE) | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (Truss) Frame | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 16,9 PS @9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13.8 Nm @7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Pedal & Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Pelumas Mesin | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |