PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali memberikan penawaran menarik untuk peminat Kawasaki W175TR. Menjelang Lebaran ini, pihak pabrikan memberikan promo pembelian yang cukup menggoda. Lumayan besar karena nominal diskonnya tembus Rp5 juta!
Berdasarkan unggahan di akun resmi media sosialnya sepekan lalu, terpampang bahwa motor bergaya trackernya tersebut mengalami perubahan harga. Misalnya pada unit Kawasaki W175TR tipe standard yang kini dibanderol Rp24,9 juta. Terdapat penurunan sebesar Rp 5 juta dari penetapan harga di situs resmi PT KMI, sebesar Rp29,9 juta.
Baca juga: Kawasaki Genjot Penjualan Ninja 250SL dan W175TR, Tebar Diskon Menggiurkan di IIMS 2021
Diskon Kawasaki W175TR ini sejatinya sudah sempat ditebar Kawasaki Indonesia di ajang IIMS Hybrid 2021 lalu. Hanya saja, kali itu potongan cuma diberikan pada varian terbawah saja. Bedanya, kali ini program tersebut juga berlaku untuk tipe teratas. Dituliskan pada postingan serupa, Kawasaki W175TR SE (Special Edition) sekarang dijual Rp28,9 juta. Turun sebanyak Rp3,4 juta dibanding harga sebelumnya Rp32,3 juta.
Menariknya lagi, kedua harga tersebut sudah berstatus on the road. Hanya saja, tak semua calon konsumen bisa mendapatkan program Kawasaki W175TR kali ini. Pasalnya, korting ini cuma berlaku untuk pembelian di wilayah Jadetabekser saja. Jika pun tertarik, segera sambangi diler Kawasaki terdekat di kota-kota tersebut. Mengingat tak ada keterangan detail mengenai sampai kapan penawaran ini berlaku.
Baca juga: Kawasaki W175 2021, Motor Bergaya Metro yang Dibanderol Mulai Rp 29 Jutaan
Meski berbasis kepada Kawasaki W175, perancangan W175TR mengalami beberapa perbedaan. Mulai dari setang, tangki bensin, jok sepatbor, knalpto hingga dudukan plat nomornya, tak sama dengan pemilik rancang bangun. Kawasaki W175TR juga didesain untuk bisa melahap medan light off road, lantaran punya ground clearance lebih tinggi dari Kawasaki W175.
Lantas, apa yang membedakan Kawasaki W175TR Standard dan Kawasaki W175TR SE? Jawaban pertama sudah barang tentu merujuk kepada harga. Berkaca kepada penetapan harga terbaru Kawasaki W175TR di atas, terdapat selisih Rp4 juta. Dengan selisih itu, pembeli Kawasaki W175TR SE mendapatkan penambahan aksesori yang tak disediakan pada varian standar.
Baca juga: Kawasaki W175 Series 2021, Motor Bergaya Retro Klasik Yang Disukai Pelaku Custom
Tampilan W175TR SE tampak lebih dinamis lantaran mendapatkan decal pada area tangki bensin. Sebaliknya, tampungan bahan bakar W175TR Standard cuma dilabur kelir dasar saja. Lantas jok kepunyaannya, cuma polos dengan warna hitam saja. Berbeda dengan W175TR SE yang punya desain tuck and roll seat serta opsi warna coklat dan hitam.
Diferensiasi dari varian teratas juga bisa dilihat pada sematan nuansa krom pada list panel meter. Lalu ada pula skid plate atau pelindung mesin dan knalpot dengan pewarnaan senada. Sematan keduanya menjadi begitu kontras diantara bagian kaki-kaki yang berwarna hitam. Termasuk pelek yang nyatanya menjadi pembeda lain dengan W175TR Standard.
Baca juga: Punya Beragam Fitur Canggih, Yamaha XSR 155 2021 Layak Disebut Motor Retro Modern Terbaik
Terakhir ialah soal pilihan warna. Pembeli Kawasaki W175TR Standard hanya akan mendapatkan kelir berwarna putih saja. Lain hanlnya dengan Kawasaki W175TR SE yang menyediakan tiga pilihan warna yaitu hitam, hijau dan kuning. Khusus pemilih varian berwarna kuning dan hitam, mendapatkan sentuhan tambahan berupa shock absorber warna merah.
Kawasaki W175TR sendiri terbilang menarik untuk dibeli. Selain desain bak motor lawas yang memang tengah digandrungi, perancangannya pun sangat bersahabat. Dari tangki bensin berkapasitas 13,5 liter saja sudah menerangkan perawakan nan ramping. Lalu diterangkan lagi melalui total ukuran 1.930 x 765 x 1.030 mm (P x L X T) dan ground clearance 165 mm.
Untuk performa memang tak kepalang spesial. Dengan mesin SOHC satu silinder berkapasitas 177 cc, Kawasaki W175TR sanggup menorehkan daya 13 PS &7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm @6.000 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi 5 percepatan.
Lantaran pula mengusung tema motor klasik, maka jangan harap ada teknologi modern di motor ini. Sebagai contoh sistem penerangan. Semua lampu pada motor ini masih menggunakan lampu jenis bohlam. Kemudian panel meter yang seluruhnya ditampilkan secara analog. Termasuk pula sistem pengabutan bahan bakar, masih karburator (Mikuni VM24). Tertarik untuk membelinya?
Spesifikasi Kawasaki W175TR | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-stroke, SOHC, air-cooled | |
Jumlah Silinder | Silinder Tunggal | |
Diameter x Langkah | 65.5 x 52.4 mm | |
Perbandingan Kompresi | 9.1:1 | |
Tenaga Maksimum | 13 PS @7,500 rpm | |
Torsi Maksimum | 13.2 Nm @6,000 rpm | |
Volume Silinder | 177 cc | |
Tipe Transmisi | Manual, 5 percepatan | |
Sistem Penagbutan bahan bakar | Karburator Mikuni VM24 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.930 x 765 x 1.030 mm | |
Jarak Poros Roda | 1.275 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 805 mm | |
Berat | 120 kg | |
Suspensi Depan | Telescopic Form ( Inverted ) | |
Suspensi Belakang | Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability | |
Ban Depan | 80/100-17M/C 46P | |
Ban Belakang | 100/90-17M/C 55P | |
Rem Depan | Single 220 mm disc | |
Rem Belakang | Drum, 110 mm |