Saat ini sedang ramai aktivitas healing, jalan-jalan menuju lokasi dengan pemandangan memanjakan mata. Tapi kadang menuju lokasinya agak perlu usaha lebih, dan rasanya Kawasaki W175TR 2023 bisa jadi salah satu kuda besi andalan.
Kenapa? karena jika menggunakan motor trail, maka akan kurang nyaman dipakai berboncengan. Kemudian jika untuk dipakai harian, agak sedikit kurang praktis dan nyaman.
Hal ini tak akan ditemui pada Kawasaki W175 TR, karena bergenre sport retro namun masih proper untuk kegiatan sehari-hari. Joknya yang panjang, kemudian posisi berkendara santai.
Belum lagi bobotnya terhitung ringan, cuma 120 kg saja. Ya motor ini memang punya sejumlah perbedaan signifikan dibandingkan keluarganya macam Kawasaki W175 dan Kawasaki W175 Cafe.
Baca juga : Sederet Daya Tarik Kawasaki W175 TR 2022, Motor Penjelajah Bernafas Retro
TR sendiri pada namanya merupakan singkatan dari tracker, yang artinya motor ini bisa dipakai untuk melibas jalur off road ringan. Tentunya gaya desain yang diusung sudah menunjukkan hal tersebut.
Coba tengok posisi knalpot yang mendongak, agar tak mudah terbentur bebatuan. Kemudian terdapat skip plate sebagai pelindung kolong mesin, agar tak tertentur.
Lalu penggunaan ban dual purpose IRC Trail Wing membuatnya tetap bisa dapat traksi di jalanan tanah. Tangki bahan bakar juga lebih kecil, hanya 7,5 liter saja yang ikut membuatnya mudah bermanuver.
Dengan segala kelebihannya tadi, tak heran kalau motor ini memang asyik dipakai blusukan, mengeksplorasi wilayah-wilayah baru. Jadi tak harus selalu menggunakan motor trail murni bukan?
Awalnya motor ini ditawarkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan dua varian yakni Standard dan Special Edition. Namun dari situs resmi hanya menampilkan varian Special Edition saja.
Kawasaki W175TR sendiri terbilang menarik untuk dibeli. Dimensinya dibuat sangat bersahabat untuk dikendarai. Ukurannnya hanya 1.930 x 765 x 1.030 mm (PxLxT) dan ground clearance 165 mm.
Baca juga : Kawasaki Genjot Penjualan Ninja 250SL dan W175TR, Tebar Diskon Menggiurkan di IIMS 2021
Andalkan mesin SOHC satu silinder berkapasitas 177 cc, Kawasaki W175TR sanggup menorehkan daya 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.000 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi 5 percepatan.
Bicara harga, KMI melepas Kawasaki W175TR ini dengan harga Rp 33,4 juta on the road Jakarta. Harganya ini lebih murah dari motor trail bermesin 150 cc yang rata-rata lebih dari Rp 35 juta.
Gimana, jadi opsi menarik untuk teman healing bukan?
Spesifikasi Kawasaki W175TR | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-stroke, SOHC, air-cooled | |
Jumlah Silinder | Silinder Tunggal | |
Diameter x Langkah | 65.5 x 52.4 mm | |
Perbandingan Kompresi | 9.1:1 | |
Tenaga Maksimum | 13 PS @7,500 rpm | |
Torsi Maksimum | 13.2 Nm @6,000 rpm | |
Volume Silinder | 177 cc | |
Tipe Transmisi | Manual, 5 percepatan | |
Sistem Penagbutan bahan bakar | Karburator Mikuni VM24 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.930 x 765 x 1.030 mm | |
Jarak Poros Roda | 1.275 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm | |
Berat | 120 kg | |
Suspensi Depan | Telescopic Form ( Inverted ) | |
Suspensi Belakang | Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability | |
Ban Depan | 80/100-17M/C 46P | |
Ban Belakang | 100/90-17M/C 55P | |
Rem Depan | Single 220 mm disc | |
Rem Belakang | Drum, 110 mm |