Vakum dari balap MotoGP, tak membuat Andrea Dovizioso menjadi pengangguran. Pesona pria 35 tahun nyatanya menarik Italjet untuk menjadikannya sebagai brand ambassador mereka. Tak sebatas duta merek. Mantan pembalap Ducati di MotoGP pun didaulat andil mengembangkan produknya, Italjet Dragster.
Seperti disampaikan melalui siaran pers resmi pabrikan, secara khusus Dovizioso akan ikut dalam pengembangan lanjutan Italjet Dragster 125 2021 dan Dragster 200 2021. Pengalaman panjangnya di ajang balap dunia, dianggap penting untuk tim teknis mereka. Dengan harapan, Italjet Dragster dapat memenuhi ekspektasi konsumen - bukan sekadar menjual tampang radikal saja.
Baca juga: Yamaha YZF-R7 2022 Dijual Terbatas, Harga cuma Rp128 Jutaan!
Pabrikan asal Bologna, Italia memang punya konsep berbeda untuk produknya tersebut. Tidak seperti skutik kebanyakan. Italjet bahkan berani menyebut produknya ini sebagai urban superbike. Maka logis bila penggarapannya dilakukan secara total.
"Ketika mendesain Dragster baru, saya membayangkannya sebagai superbike kecil untuk perkotaan. Sebuah skuter yang mampu memberikan perasaan seperti sepeda motor sungguhan di lintasan balap," kata Massimo Tartarini, Presiden dan CEO Italjet Spa.
Baca juga: Sukses Hadirkan Ninja ZX-25R, Kawasaki Dikabarkan Siapkan Ninja ZX-4R
Tartarini juga berkeinginan agar Dragster dapat memperlihatkan segala potensinya agar menjadi yang terbaik di kelasnya. "Untuk alasan ini, saya pikir harus mengandalkan sosok protagonis dari ajang motorsport. Seorang pembalap dunia. Saya langsung teringat kepada Andrea, seseorang yang selalu saya kagumi, profesional dan memiliki pandangan jauh ke depan," paparnya.
Dovi pun menyambut antusias kepercayaan tersebut. Baginya, kerjasama dengan Italjet ini merupakan komitmen baru. Dari kontribusinya nantilah, muncul skutik yang memang didedikasikan untuk penyuka motor sport.
Baca juga: Italjet Dragster 200 Hadir di Tanah Air, Ada Dua Varian Dijual mulai Rp137 Juta
"Dragster adalah sebuah konsentrat energi. Saat pertama kali melihatnya, saya terkesan. Saya senang berkontribusi dengan teknisi untuk pengembangan suku cadang, sistem pengereman dan mesinnya. Setiap detailnya berbeda dan detail Dragster sangat mengesankan, tidak seperti yang ada di segmennya," ungkap Dovi.
Baik Italjet Dragster 125 maupun 200, sama-sama memiliki desain tak umum untuk ukuran skutik. Italjet Dragster mengusung desain superbike yang cukup kental. Fasad dengan bentuk lampu gandanya tersebut, sangat agresif. Begitu pula area buritan. lampu minimalisnya ini tak ubahnya dengan penyajian di motor bergenre balap.
Tampilannya kian nyentrik lantaran minim sekali sematan panel bodi. Skuter Italia malah sengaja mengeksploitasi rangka trellis-nya agar dapat dipandang langsung oleh mata telanjang. Lantas menjadi menarik karena terdapat plat penghubung berbahan aluminium sebagai penghubung main frame dan sub frame.
Sisi paling unik darinya tersaji pada kaki-kaki. Terdapat sematan Independent Steering System (I.S.S) yang terintegrasi dengan single-arm forged aluminium. Tugas dari I.S.S itu sendiri adalah untuk memisahkan kinerja pengendalian dengan pergerakan suspensi. Dengan begitu, getaran roda ke stang dapat diminimalisir.
Baca juga: Cek Harga Pasaran Honda CB150R Streetfire Bekas Tiap Generasi, Mulai Dari Rp 8 Jutaan Saja!
I.S.S. tersebut kemudian digabungkan dengan shock absorber hidraulis Bitubo. Bukan hanya stabilitas, keberadaan perangkat ini juga mendukung optimasi pengereman. Selain itu, penghenti laju skutik Italjet ini juga sudah didukung oleh cakram dengan kaliper dari Brembo. Pengereman kemudian disandingkan dengan sensor ABS (antilock braking system) sebagai perlengkapan standar.
Italjet Dragster 125 dan Italjet Dragster 2021 menggendong mesin DOHC 4-tak dengan empat katup. Walau terdapat perbedaan kubikasi, Italjet tetap menyematkan keduanya dengan suku cadang khas balap. Injektor Italjet Dragster berasal dari Magneti Marelli, yang tak lain merupakan suplier ECU untuk kejuaraan MotoGP.
Baca juga: Murah, Biaya Servis Tahun Pertama Honda PCX 160 2021 Tak Sampai Rp 150 Ribu!
Khusus untuk pasar Indonesia, Utomo Corp selaku distributor hanya memasok Italjet Dragter 200 saja. Sang urban superbike digadang menjadi skutik dengan performa terbaik. Bagaimana tidak, mesin DOHC berkapasitas total 181 cc miliknya, mampu menorehkan daya sebesar 20,2 PS 8.350 rpm dan torsi 17 Nm di 6.250 rpm. Berlimpahnya output tersebut lalu dipadu lagi dengan bobot terbilang ringan yaitu 112 kg.
Italjet Dragster 200 sudah melakoni debutnya di Indonesia melalui ajang Indonesia international Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Kali itu, pihak distributor menyebut, unit yang dipamerkannya merupakan versi homologasi untuk uji tipe.
Namun, peminat skuter ini sudah bisa membelinya dengan harga mulai Rp137 juta (on the road Jakarta) untuk tipe standard. Sementara varian terbatas Italjet Dragster 200 dijual dengan harga Rp145 juta.
Kemungkinan besar, pengiriman unit Italjet Dragster 200 ke pembeli bakal dilakukan pada Juni 2021. Artinya, tak lama lagi pemilik di Indonesia merasakan campur tangan Dovizioso pada Italjet Dragster 200!
Spesifikasi Italjet Dragster 200 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.870 x 680 x 1.150 mm | ||
Sumbu Roda | 1.345 mm | ||
Tinggi Jok | 770 mm | ||
Kapasitas Tangki | 9 liter | ||
Berat Kering | 112 kg | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan | ||
Diameter x Langkah | 63 x 58 mm | ||
Kapasitas Mesin | 200 cc | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | ||
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | ||
Tenaga Maksimal | 20,2 PS @ 8350 rpm | ||
Torsi Maksimal | 17 Nm @ 6.250 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Tralis | ||
Suspensi Depan | Independent Steering System, preload adjustable | ||
Suspensi Belakang | Monosok, preload adjustable | ||
Ban Depan | 120/70-12 | ||
Ban Belakang | 140/60/13 | ||
Rem Depan | Cakram 220 mm, ABS | ||
Rem Belakang | Cakram 220 mm, ABS |