Honda CRF250 Rally 2021 memberikan penawaran paling beda untuk motoris Tanah Air. Dengan penyajian yang demikian, peminang seakan diajak menikmati sebuah kuda besi bak petarung Reli Dakar. Wajar, mengingat DNA sang motor sendiri memanglah diturunkan dari Honda CRF450 Rally - kuda besi andalan Honda di ajang Dakar Rally.
Kendati begitu, bukan tampang serta perawakan yang lantas membuatnya layak untuk dipikat. Faktanya, Honda CRF250 Rally pun punya lima daya tarik untuk dipinang oleh Anda pecinta giat tualang.
Baca juga: Harga Honda CRF250 Rally 2021 Jadi Rp 87,5 Juta, Ternyata Fitur dan Performa Meningkat!
Untuk diketahui, Honda CRF250 Rally 2021 sendiri belum lama ini dirilis. Saat peluncurannya pada Maret 2021, ada beberapa pengembangan yang diungkap PT Astra Honda Motor (AHM) terhadap si motor adventure Honda ini. Tak ada ubahan besar pada tubuh, tetap mempertahankan perawakannya yang kekar.
Termasuk pula ciri khas berupa lampu utama ganda model asimetris LED, windscreen tinggi hingga kelengkapan semisal hand guard. Unit 2021 pun kini hanya punya satu penawaran warna saja yaitu Extreme Red dengan pola decal bak skema tricolor Honda.
Baca juga: Bedah Teknologi Honda CRF250 Rally 2021, Tak Hanya Mesin dan Fitur Yang Kena Update
Hal menarik justru terlihat dari area kokpit. Panel meter yang berlindung di balik windscreen itu sekarang memiliki ukuran lebih besar. Font maupun angka digital yang mengisi di dalamnya pun turut diperbesar. Otomatis, memudahkan pengendara kala melihat indikator seperti odometer, spidometer, takometer, penunjuk waktu maupun kapasitas bahan bakar. Bahkan, ada tambahan fitur lagi yaitu catatan rata-rata konsumsi BBM dan transmisi.
Kekar dan tangguhnya sosok Honda CRF250 Rally kemudian ditunjang oleh penggunaan sasis semi double cradle, suspensi depan upside down (USD) 43 mm serta shock absorber tunggal jenis Pro Link buatan Showa. Kedua peredam kejut plus swingarm baru tersebut ditugaskan memberikan peredaman terhadap sepasang roda ukuran 21 inci dan 18 inci (depan-belakang).
Lain hal dengan rancang bangun. Dimensi Honda CRF250 Rally 2021 lebih besar ketimbang versi lawas. Ini terlihat dari total ukurannya yang kini 2.230 X 920 X 1.415 (P x L x T). Sementara model pendahulu terhitung 2.210 x 900 x 1.425 mm.
Baca juga: Siapkan Rp 13 Juta lalu Intip Simulasi Kredit Honda CRF250 Rally 2021
Saat dilihat spesifikasi lainnya, revisi dimensi tersebut merupakan wujud dari adanya penambahan pada kapasitas bahan bakar. Tangki Honda CRF250 Rally 2021 sekarang mampu menampung bensin sebanyak 12,8 liter. Bertambah 2,7 liter dari Honda CRF250 Rally lama yang memiliki volume 10,1 liter. Wajar jika daya jelajahnya bertambah. Seperti disampaikan PT AHM dalam rilis, ia mampu menjelajah lebih dari 445 km dan konsumsi BBM 34,8 km/liter.
Uniknya, bobot Honda CRF250 Rally 2021 justru makin enteng. Kini, beratnya lebih ringan 3 kg dari versi sebelumnya. Satu yang jua tak kalah menarik, posisi jok Honda CRF250 Rally pun lebih pendek (885 mm) dari si pendahulu (895 mm).
Bukan semata lebih bersahabat untuk dikendarai. Pihak pabrikan juga nyatanya melakukan perombakan pada sektor mesin. Bersama mesin 4-Stroke DOHC 4-valve Single Cylinder 249,6 cc-nya, Honda CRF250 Rally 2021 sanggup memuntahkan daya 25,69 PS di putaran 8.500 rpm dan torsi maksimal 23,1 Nm pada 6,500 rpm. Keterpautan yang lumayan signifikan dibanding CRF250 Rally lama dengan torehan masing-masing 24,7 PS @8.500 rpm dan 22,6 Nm @6.750 rpm.
Baca juga: Serba-serbi Assist and Slipper Clutch, Kian Jamak Ditemukan pada Motor Bermesin Kecil
Pencapaian tersebut tak lepas dari item-item baru yang kini bisa ditemui oleh sang pemilik. Honda CRF250 Rally generasi baru menggunakan desain boks filter udara baru, yang mampu menampung udara lebih banyak. Sehingga, asupan udara lebih banyak dan lebih lancar menuju ruang bakar.
Ubahan kemudian menyasar ke ranah saluran buang. Kanlpot Honda CRF250 Rally 2021 didesain ulang. Walau bentuk dan desain masih sama, pengaturan sekat di dalam knalpot tak lagi sama seperti sebelumnya. Satu lagi, Honda juga mengubah timing pengapian. Perubahan timing pengapian ini secara langsung juga mengubah karakter mesin.
Sebagai penyelaras, Honda CRF250 Rally 2021 sudah dilengkapi Assist and Slipper Clutch. Kehadiran fitur ini membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan sekitar 20%. Sementara mengenai slipper clutch sendiri, bertugas untuk mengurangi gejala roda mengunci akibat efek engine brake.
Baca juga: Pemotor Baru Wajib Tahu, Kenali Area Blind Spot agar Tidak Celaka!
Sayangnya, Honda CRF250 Rally belum dilengkapi sistem pengereman ABS (antilock braking system). Kendati begitu, sensor tersebut sepertinya tak kepalang dibutuhkan saat Anda mengajak Honda CRF250 Rally melahap trek non-aspal.
Dari beberapa hal di atas, daya tarik lain tentu tak lepas dari penetapan harga jual Honda CRF250 Rally 2021. Untuk saat ini, PT AHM meniagakan motor tersebut dengan banderol Rp88,345 juta (on the road Jakarta). Dengan bekalan yang dimiliki, harga ini dirasa wajar bagi peminatnya. Toh, hingga saat ini belum ada pembanding selevel Honda CRF250 Rally yang ditawarkan pabrikan lain di Indonesia.
Bagi penggemar roda dua, Honda CRF250 Rally 2021 mestinya cukup memikat untuk dibeli. Terlebih lagi pada generasi terbarunya ini. Selain tetap mempertahankan tampilan bak tunggangan Reli Dakar, model anyar juga menghadirkan beberapa hal baru untuk dinikmati oleh sang pengendaranya. Sebut saja ihwal peningkatan performa, pengurangan bobot tubuh hingga fitur-fitur pendukung guna mengoptimalkan pengendaraan terhadapnya.
Spesifikasi Honda CRF250 Rally 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 2.230 x 920 x 1.415 | ||
Sumbu Roda | 1.455 | ||
Jarak Terendah | 275 mm | ||
Tinggi Jok | 885 mm | ||
Berat Isi | 152 kg | ||
Kapasitas Tangki | 12,8 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, injeksi | ||
Jumlah Piston | Tunggal | ||
Kapasitas | 249,6 mm | ||
Diameter x Langkah | 76 x 55 mm | ||
Rasio kompresi | 10,7 : 1 | ||
Tipe Pendingin | Cairan | ||
Tenaga Maksimal | 25,69 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 23,1 Nm @ 6.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Semi-double cradle | ||
Suspensi Depan | Upside down | ||
Suspensi Belakang | Monosok | ||
Rem Depan | Cakram 296 mm, floating | ||
Rem Belakang | Cakram 220 mm | ||
Ban Depan | 80/100-21 | ||
Ban Belakang | 120/80-18 |