Hingga saat ini, Honda X-ADV yang diniagakan PT Astra Honda Motor (AHM) masih merupakan unit lawas (model 2017). Sementara di luar sana, Honda X-ADV 2021 sudah melenggang ke berbagai negara. Terbaru, skutik amfibi ini bahkan sudah tersedia di pasar Thailand.
Serupa dengan peluncurannya pada akhir 2020 lalu, Honda X-ADV 2021 membawa sederet kebaruan untuk para penyuka giat tualang. Bahasa desain sebuah tunggangan bergaya adventure tetap dipertahankan oleh pihak pabrikan. Pun perawakan yang mengesankan ketangguhannya. Hanya saja, karakter tersebut kini dipertegas lewat gurat-gurat tegas di sekujur tubuh.
Baca juga: Honda X-ADV 2021, Siap Hadir Gantikan Model Sebelumnya di Indonesia
Penegasan lantas menyentuh ke area wajah. Ditandai dengan perubahan desain lampu utama yang lebih tajam. Fasad ini pun lantas diselaraskan pula oleh bentuk air scoop anyar. Perubahan terhadapnya kemudian menjalar ke bodi hingga buritan. Termasuk pula sentuhan minimalis pada sektor penerangan belakang.
Untuk informasi, seluruh lampu pada motor Honda ini, termasuk daytime running light (DRL) sudah LED. Selain itu, pada lampu sein sekarang sudah dilengkapi dengan fitur auto-cancel, seperti terapan pada mobil. Sinyal belok tadi pun diperkaya teknologi Emergency Stop Signal (ESS). Teknologi ini akan membuat lampu sein berkedip secara otomatis saat pengendara melakukan pengereman mendadak.
Tak hanya tubuh, hal baru pada Honda X-ADV 2021 jua tampak pada ranah jok. Walau tak ada perbedaan ihwal penyetelan ketinggian jok (tetap 820 mm), penampang bokong miliknya kini terlihat lebih nyaman dengan sandaran lebih tinggi.
Sosok bongsor jelas tak luput dari skutik Honda satu ini. Menariknya, Honda ternyata melakukan ubahan pada rancang bangun Honda X-ADV terbaru. Unit ini sekarang punya dimensi total 2.215 mm x 940 mm x 1.370 mm (P x L x T). Semakin ringkas, walau lebih lebar dari versi yang saat ini beredar di Tanah Air (2.245 mm x 910 mm x 1.375 mm).
Seperti juga disebutkan tadi, tak ada perubahan soal tinggi jok. Namun, ground clearance Honda X-ADV 2021 lebih tinggi 3 mm dari sebelumnya. Tak signifikan, walau pastinya mengurangi risiko bagian bawah motor terantuk saat melewati jalan tak rata. Ditambah lagi bobot yang makin ringan 2 kg ketimbang versi lama.
Untuk diketahui pula, tak ada perbedaan pada struktur kaki-kaki Honda X-ADV 2021. Sokbreker depan tetap mengandalkan model Up Side Down (USD) berpelengkap preload dan rebound. Sehingga, melalui kondisi jalan, seperti aspal, tanah atau bebatuan, tetap nyaman. Swingarm dari bahan aluminium juga disematkan pada X-ADV 2021. Sokbreker monoshock yang digunakan juga dapat diatur preload-nya untuk memaksimalkan kapabilitas bermanuver di segala medan.
Baca juga: Semakin Dekat ke Indonesia, Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Thailand
Honda X-ADV 2021 mengusung jantung mekanis serupa Honda Forza 750 2021. Mesin berkapasitas 745 cc, 2-silinder, 8-katup, SOHC, berpendingin cairan, itu mampu menghasilkan tenaga 58,5 PS pada 6.750 rpm dan torsi maksimum mencapai 69 Nm pada 4.750 rpm. Output mesin ini meningkat dari versi pendahulu yang bertenaga 54,7 PS dan torsi 68 Nm.
Padahal, boleh dikatakan tak ada perombakan pada sisi bore x stroke hingga rasio kompresinya. Hanya terjadi ubahan pada bagian intake dan exhaust. Namun, emisi gas buang Honda X-ADV 2021 sudah Euro 5. Artinya bukan saja lebih responsif, melainkan jua kian ramah lingkungan.
Guna mengoptimalkan outputnya tadi, Honda juga memperbaiki rasio transmisi kopling ganda alias Dual Clutch Transmission (DCT) Honda X-ADV 2021. Alhasil, akselerasi Honda X-ADV 2021 lebih baik karena rasio gigi lebih rapat mulai dari gigi bawah sampai atas.
Baca juga: Menjajal Moge Setengah Milyar Honda CBR600RR 2021 Sejauh 200 Km Lebih di Thailand
Untuk mengatur mesin, Honda X-ADV 2021 sudah menggunakan teknologi ride by wire. Bukan lagi model kabel mekanis seperti sebelumnya. Berkat itu pula, Honda X-ADV 2021 memiliki lima Riding Mode yakni Rain, Standard, Gravel, Sport dan User. Dengan begitu, pengendara dapat menentukan sendiri output dari si kuda besi, sesuai peruntukkan jalan yang dilalui.
Transmisi kopling gandanya tadi terhubung dengan mode berkendara. Di mana, respons perpindahan transmisinya bakal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mode. Semuanya dipadu dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) dengan 3 level.
Berkaitan pula dengan teknologi, kini Honda X-ADV 2021 pun sudah disusupi konektivitas berupa Honda Smartphone Voice Control. Seluruh kebutuhan ihwal keterhubungan antara smartphone dan motor dapat dilihat langsung melalui panel meter anyar dari layar TFT berukuran 5 inci. Lalu di dalam bagasi berkapasitas 22 liter-nya terdapat USB port untuk mengisi ulang daya gawai.
Baca juga: Gegara 'Mata Kucing' Motor Honda kena Recall, 5 Diantaranya Ada di Indonesia
Versi terbaru Honda X-ADV 2021 yang telah mendarat di Thailand dijual dengan harga 425.000 Baht atau sekitar Rp195 jutaan. Tentu konversi tersebut tak berlaku untuk Indonesia. Pasalnya, model lawas Honda X-ADV saja dilego Rp450 juta oleh pihak PT AHM.
Jika pun nantinya datang ke Tanah Air, akan kah banderolnya menyentuh setengah miliar? Namun sebelum itu, ada baiknya menunggu peluncuran Honda X-ADV 2021 di Indonesia yang diperkirakan berlangsung tahun ini.
Spesifikasi Honda X-ADV 2021 | ||||
---|---|---|---|---|
P x L x T | 2.215 mm x 940 mm x 1.370 mm | |||
Sumbu Roda | 1.590 mm | |||
Tinggi Tempat Duduk | 820 mm | |||
Jarak Terendah | 165 mm | |||
Berat Kering | 236 kg | |||
Kapasitas Tangki | 13,2 liter | |||
Tipe Mesin | 4-tak, parallel twin, SOHC 8 katup | |||
Diameter x Langkah | 77 mm x 80 mm | |||
Kapasitas Mesin | 745 cc | |||
Rasio Kompresi | 10,7 : 1 | |||
Tenaga Maksimal | 58,5 PS @ 6.750 rpm | |||
Torsi Maksimal | 69 Nm @ 4.750 rpm | |||
Transmisi | 6 speed, dual clutch | |||
Rem Depan | 296 mm, double hydraulic disc with radial 4-piston caliper | |||
Rem Belakang | 240 mm single hydraulic disc with 1-piston caliper | |||
Suspensi Depan | 41 mm USD, 153,5 mm stroke | |||
Suspensi Belakang | Monoshock damper, Pro-Link Swingarm, 150 mm travel | |||
Ban Depan | 120/70-R17m/C (58H) | |||
Ban Belakang | 160/60-R15M/C (67H) | |||
Pelek Depan | Spoke Wheel 17M/C x MT3.50 | |||
Pelek Belakang | Spoke Wheel 15M/C x MT4.50 |