Honda X-ADV 2021 Mendarat di Thailand, Indonesia Tinggal Tunggu Waktu

Hingga saat ini, Honda X-ADV yang diniagakan PT Astra Honda Motor (AHM) masih merupakan unit lawas (model 2017). Sementara di luar sana, Honda X-ADV 2021 sudah melenggang ke berbagai negara. Terbaru, skutik amfibi ini bahkan sudah tersedia di pasar Thailand.

Serupa dengan peluncurannya pada akhir 2020 lalu, Honda X-ADV 2021 membawa sederet kebaruan untuk para penyuka giat tualang. Bahasa desain sebuah tunggangan bergaya adventure tetap dipertahankan oleh pihak pabrikan. Pun perawakan yang mengesankan ketangguhannya. Hanya saja, karakter tersebut kini dipertegas lewat gurat-gurat tegas di sekujur tubuh.

Honda X-ADV 2021 sudah tersedia di Thailand.

Baca juga: Honda X-ADV 2021, Siap Hadir Gantikan Model Sebelumnya di Indonesia

Penegasan lantas menyentuh ke area wajah. Ditandai dengan perubahan desain lampu utama yang lebih tajam. Fasad ini pun lantas diselaraskan pula oleh bentuk air scoop anyar. Perubahan terhadapnya kemudian menjalar ke bodi hingga buritan. Termasuk pula sentuhan minimalis pada sektor penerangan belakang.

Untuk informasi, seluruh lampu pada motor Honda ini, termasuk daytime running light (DRL) sudah LED. Selain itu, pada lampu sein sekarang sudah dilengkapi dengan fitur auto-cancel, seperti terapan pada mobil. Sinyal belok tadi pun diperkaya teknologi Emergency Stop Signal (ESS). Teknologi ini akan membuat lampu sein berkedip secara otomatis saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Makin Ramping dan Ringan

Tak hanya tubuh, hal baru pada Honda X-ADV 2021 jua tampak pada ranah jok. Walau tak ada perbedaan ihwal penyetelan ketinggian jok (tetap 820 mm), penampang bokong miliknya kini terlihat lebih nyaman dengan sandaran lebih tinggi.

Meski lebih lebar, Honda X-ADV 2021 ternyata makin ringan dari versi sebelumnya. 

Baca juga: Update Harga Moge Honda Dari Rp 153 Jutaan Sampai Rp 1,1 Milyaran, Honda CB500F 2021 Jadi Paling Murah

Sosok bongsor jelas tak luput dari skutik Honda satu ini. Menariknya, Honda ternyata melakukan ubahan pada rancang bangun Honda X-ADV terbaru. Unit ini sekarang punya dimensi total 2.215 mm x 940 mm x 1.370 mm (P x L x T). Semakin ringkas, walau lebih lebar dari versi yang saat ini beredar di Tanah Air (2.245 mm x 910 mm x 1.375 mm).

Seperti juga disebutkan tadi, tak ada perubahan soal tinggi jok. Namun, ground clearance Honda X-ADV 2021 lebih tinggi 3 mm dari sebelumnya. Tak signifikan, walau pastinya mengurangi risiko bagian bawah motor terantuk saat melewati jalan tak rata. Ditambah lagi bobot yang makin ringan 2 kg ketimbang versi lama.

Untuk diketahui pula, tak ada perbedaan pada struktur kaki-kaki Honda X-ADV 2021. Sokbreker depan tetap mengandalkan model Up Side Down (USD) berpelengkap preload dan rebound. Sehingga, melalui kondisi jalan, seperti aspal, tanah atau bebatuan, tetap nyaman. Swingarm dari bahan aluminium juga disematkan pada X-ADV 2021. Sokbreker monoshock yang digunakan juga dapat diatur preload-nya untuk memaksimalkan  kapabilitas bermanuver di segala medan.

Selain rancang bangun, peningkatan terjadi pada output mesin Honda X-ADV 2021.

Baca juga: Semakin Dekat ke Indonesia, Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Thailand

Output Mesin Meningkat

Honda X-ADV 2021 mengusung jantung mekanis serupa Honda Forza 750 2021. Mesin berkapasitas 745 cc, 2-silinder, 8-katup, SOHC, berpendingin cairan, itu mampu menghasilkan tenaga 58,5 PS pada 6.750 rpm dan torsi maksimum mencapai 69 Nm pada 4.750 rpm. Output mesin ini meningkat dari versi pendahulu yang bertenaga 54,7 PS dan torsi 68 Nm.

Padahal, boleh dikatakan tak ada perombakan pada sisi bore x stroke hingga rasio kompresinya. Hanya terjadi ubahan pada bagian intake dan exhaust. Namun, emisi gas buang Honda X-ADV 2021 sudah Euro 5.  Artinya bukan saja lebih responsif, melainkan jua kian ramah lingkungan.

Guna mengoptimalkan outputnya tadi, Honda juga memperbaiki rasio transmisi kopling ganda alias Dual Clutch Transmission (DCT) Honda X-ADV 2021. Alhasil, akselerasi Honda X-ADV 2021 lebih baik karena rasio gigi lebih rapat mulai dari gigi bawah sampai atas.

Fitur Honda X-ADV 2021 makin lengkap.

Baca juga: Menjajal Moge Setengah Milyar Honda CBR600RR 2021 Sejauh 200 Km Lebih di Thailand

Komplet berkat Ride by Wire

Untuk mengatur mesin, Honda X-ADV 2021 sudah menggunakan teknologi ride by wire. Bukan lagi model kabel mekanis seperti sebelumnya. Berkat itu pula, Honda X-ADV 2021 memiliki lima Riding Mode yakni Rain, Standard, Gravel, Sport dan User. Dengan begitu, pengendara dapat menentukan sendiri output dari si kuda besi, sesuai peruntukkan jalan yang dilalui.  

Transmisi kopling gandanya tadi terhubung dengan mode berkendara. Di mana, respons perpindahan transmisinya bakal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mode. Semuanya dipadu dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) dengan 3 level.

Berkaitan pula dengan teknologi, kini Honda X-ADV 2021 pun sudah disusupi konektivitas berupa Honda Smartphone Voice Control. Seluruh kebutuhan ihwal keterhubungan antara smartphone dan motor dapat dilihat langsung melalui panel meter anyar dari layar TFT berukuran 5 inci. Lalu di dalam bagasi berkapasitas 22 liter-nya terdapat USB port untuk mengisi ulang daya gawai. 

Bagasi Honda X-ADV 2021 cukup luas. 

Baca juga: Gegara 'Mata Kucing' Motor Honda kena Recall, 5 Diantaranya Ada di Indonesia

Harga Honda X-ADV 2021

Versi terbaru Honda X-ADV 2021 yang telah mendarat di Thailand dijual dengan harga 425.000 Baht atau sekitar Rp195 jutaan. Tentu konversi tersebut tak berlaku untuk Indonesia. Pasalnya, model lawas Honda X-ADV saja dilego Rp450 juta oleh pihak PT AHM. 

Jika pun nantinya datang ke Tanah Air, akan kah banderolnya menyentuh setengah miliar? Namun sebelum itu, ada baiknya menunggu peluncuran Honda X-ADV 2021 di Indonesia yang diperkirakan berlangsung tahun ini.

Spesifikasi Honda X-ADV 2021
P x L x T 2.215 mm x 940 mm x 1.370 mm
Sumbu Roda 1.590 mm
Tinggi Tempat Duduk 820 mm
Jarak Terendah 165 mm
Berat Kering 236 kg
Kapasitas Tangki 13,2 liter
Tipe Mesin 4-tak, parallel twin, SOHC 8 katup
Diameter x Langkah 77 mm x 80 mm
Kapasitas Mesin 745 cc
Rasio Kompresi 10,7 : 1
Tenaga Maksimal 58,5 PS @ 6.750 rpm
Torsi Maksimal 69 Nm @ 4.750 rpm
Transmisi 6 speed, dual clutch
Rem Depan 296 mm, double hydraulic disc with radial 4-piston caliper
Rem Belakang 240 mm single hydraulic disc with 1-piston caliper
Suspensi Depan 41 mm USD, 153,5 mm stroke
Suspensi Belakang Monoshock damper, Pro-Link Swingarm, 150 mm travel
Ban Depan 120/70-R17m/C (58H)
Ban Belakang 160/60-R15M/C (67H)
Pelek Depan Spoke Wheel 17M/C x MT3.50
Pelek Belakang Spoke Wheel 15M/C x MT4.50

  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda X-ADV
Lihat