Teknologi sepeda motor yang terus berkembang tentunya semakin membuat banyak pilihan mulai dari motor pengabutan karburator, pengabutan injeksi dan kini teknologi listrik. Sedikit kilas balik untuk mengingat perkembangan teknologi pengabutan, ternyata teknologi pengabutan karburator sudah ada sejak 1885.
Teknologi ini ditemukan oleh Karl Benz yang juga pendiri merk mobil asal Jerman. Dan di medio 1927 teknologi injeksi sudah ditemukan untuk pesawat, sementara teknologi injeksi untuk motor baru terealisasi pada Honda CX 500 Turbo pada medio 1981.
Fase motor listrik yang tengah jadi perbincangan dan juga pilihan ternyata tidak membuat motor pengabutan karburator termakan zaman, buktinya masih banyak dari Anda yang mencari motor baru dengan teknologi terdahulu seperti motor dengan pengabutan karburator. Walaupun terbilang sedikit ternyata masih ada beberapa pabrikan yang menyajikan teknologi ini untuk calon konsumen nya.
Baca juga : Kenali Ragam Varian Kawasaki W175 Series, Ada Versi Tracker Juga Loh!
Line up motor dibawah terbilang motor baru, hanya saja pabrikan memberikan tampang klasik sehingga Anda masih mendapatkan kenyamanan dalam berkendara diatas motor dengan karburator. Autofun.co.id akan menjabarkan dari sisi tampilan dan mesin dari motor - motor ini. Berikut daftar motor baru yang masih menggunakan sistem pengabutan Karburator:
Pabrikan Jepang yang satu ini tentunya tidak bisa diremehkan dengan yang namanya teknologi, lineup motor teknologi baru kerap dimunculkan ber-genre racing. Namun dibalik itu Kawasaki masih melihat ada pasar motor pengabutan karburator, dengan desain motor klasik Kawasaki W175 diperkenalkan di Tanah Air.
Baca juga : Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi
Menariknya motor Kawasaki W175 menjadi motor yang luwes dalam artian mudah untuk dimodifikasi atau kustom. Bahkan pabrik hijau ini memiliki line-up seri W175 dengan beberapa genre mulai dari trail, cafe racer atau cruiser. Dibalut dengan desain dan experience berkendara motor klasik.
Anda bakal disuguhkan dengan indikator kecepatan yang konvensional, bahkan indikator bensin belum tersedia di motor Kawasaki W175, namun jangan takut Anda masih bisa memanfaatkan keran reservoir (cadangan bahan bakar) untuk W175 yang terletak di sebelah kiri bawah tangki. Satu - satunya fitur yang cukup menghilangkan kesan klasik adalah penggunaan electric stater, dan tidak adanya kick stater.
Baca juga : Skutik Retro Imut Benelli Panarea 125 2021 Ternyata Punya Fitur Motor Sport Loh
Sementara untuk mesin Kawasaki W175 pakai konfigurasi satu silinder, SOHC, tanpa pendingin cairan, pengabutan karburator dengan 5 percepatan manual. Jantung mekanis hanya mampu memuntahkan tenaga maksimal 12,9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm.
Jika kalian tidak suka dengan harga dan teknologi canggih pada Honda Super Cub 125, tentunya SM Cub Classic 2021 bisa jadi pilihannya. Kemiripan SM Cub Classic dengan Super Cub Honda bisa meningkatkan style berkendara kalian loh.
Masuk dalam kategori motor bebek, motor buatan merek Malaysia ini jelas kuat kesan klasik sebagaimana motor bebek era 1970-an. Hanya saja SM Cub Classic sudah dibekali dengan fitur modern. Contohnya ada pada headlamp, dimana SM Cub Classic telah memakai pencahayaan full LED termasuk lampu sein.
Baca juga : Selisik Spesifikasi SYM Jet X 150, Pantas Lawan Honda PCX 160 dan Yamaha NMax?
SM Cub Classic sudah menggunakan mesin berkapasitas 109,2 cc, satu silinder, pengabutan karburator. Di atas kertas, torsi puncak yang bisa dihasilkan 8 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,11 PS pada 7.500 rpm. Dan hanya mampu dipacu dengan kecepatan maksimal 85km/jam.
Ada yang masih ingat suara dan experience dari Honda GL series? Tampaknya jika kalian ingin mendapatkan jawaban ini Viar Vintech bisa jadi pilihannya. Pabrikan asal kota Semarang ini punya 2 pilihan motor cruiser namun Viar Vintech 200 jadi referensi dari Kami.
Pasalnya Viar Vintech 200 masih menjadi motor yang fleksibel untuk dimodifikasi atau berpenampilan standar yang cukup sederhana. Namun ternyata dari tampilan sederhananya, ada keunggulan yang bisa jadi point plus dari kompetitor dikelasnya yaitu Kawasaki W175.
Walaupun tampilan dari Viar Vintech 200 bak motor era 90'an, Indikator yang tersaji cukup lengkap seperti tachometer, fuel meter serta indikator perpindahan gigi yang sudah digital. Bahkan untuk menghidupkan mesin, kick stater dan electric stater juga tersaji pada motor ini.
Beralih pada sektor mesin Viar Vintech 200 sudah dibekali kapasitas mesin 198,8 cc, satu silinder, pengabutan karburator dan transmisi 5 percepatan. Torsi puncak yang dihasilkan 15 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimalnya 17,43 hp pada 8.500 rpm.
Skutik menjadi motor yang masih digandrungi kaum urban dengan mobilitas yang padat, menawarkan kemudahan dan bagasi yang lapang menjadi nilai plus ketika ingin membeli. Namun kini terbilang langka untuk menemukan skutik yang masih menggunakan karburator.
Benelli Seta 125 menawarkan tampilan skutik retro dengan bodi kotak - kotak, kompetitor tepat dari sisi penampilan adalah Vespa dan Piaggio. Seperti motor skutik pada umumnya, keseluruhan bagian motor tertutup oleh bodi berbahan plastik, yang tersisa dan terlihat mata ada pada bagian cvt dan kaki - kaki.
Baca juga : Harga Selevel, Mending Beli Yamaha XSR 155 Bekas atau Kawasaki W175 Baru?
Namun secara dimensi Benelli Seta 125 setara skutik asal negeri Jepang. Seta 125 berbekal dimensi panjang 1.840 mm, lebar 690 mm dan 1.150 mm ukuran tinggi bodinya. Jarak antar poros roda 1.250 mm, sedangkan jarak paling rendah dari permukaan jalan 120 mm.
Angka yang tertera membuat Seta 125 compact dan pas, tidak terlalu besar atau kecil untuk melibas jalan raya. Sementara pada sektor mesin Benelli Seta 125 menggendong mesin 124,6 cc, satu silinder, dengan karburator.
Teknologi pengabutan karburator kerap masih menjadi pilihan, tanpa mengandalkan fitur - fitur canggih, berkendara dengan motor masih bisa dilakukan dengan nyaman. Sementara untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan teknologi lainnya, bahkan karburator terbilang teknologi yang tidak asing bagi mekanik bengkel resmi atau bengkel umum.
Harga Motor | ||
---|---|---|
Tipe | Harga | |
Kawasaki W175 | Rp 29,9 juta | |
SM Cub Classic | Rp 18,8 juta | |
Viar Vintech 200 | Rp 22 juta | |
Benelli Seta 125 | Rp 20,2 juta |