Seakan mengembalikan cerita dimasa lampau untuk kembali bernostalgia, banyak dari pabrian sepeda motor yang mengenalkan motor bergaya klasik. Pada tipe cub alias bebek sendiri ada beberapa varian yang siap membawa kalian bernostalgia di tahun 60-an sampai 80-an.
Dari banyaknya motor cub klasik tim Autofun coba memberikan referensi yang kini bisa kalian dapatkan dalam kondisi baru di tahun 2021. Walaupun terbilang motor modern, desainnya tentu saja klasik. Ini tentu bisa jadi pilihan jika enggan melakukan restorasi motor bebek tua.
Nah rentang harganya pun ternyata beragam, dari yang harganya terjangkau sampai puluhan juta juga ada. Apa saja motornya?
Cukup jeli melihat pasar Tanah Air, PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong Honda Super Cub 125 di tahun 2018. Secara desain tentunya membawa kita bernostalgia ke tahun 60-an dimana Honda Super Cub 100 diperkenalkan. Namun di sisi lain fitur dan komponen modern disajikan untuk Honda Super Cub 125.
Melihat pada bagian sisi depan, tentunya menggambarkan motor bebek klasik yang sudah mendapat sentuhan modern, mulai dari sektor penerangan LED di lampu depan dan sein. Dari jok kemudi yang menggunakan jok tunggal tentunya akan membuat Anda nyaman dalam berendara, terlebih dari sisi ini banyak fitur modern, mulai dari kunci yang sudah menggunakan smart key, dan indikator speedometer yang menggabungkan digital dan analog.
Baca juga : Honda Supra X 125 dan Sejenisnya Mulai Dilupakan, Simak Keunggulan Motor Bebek Dibandingkan Skutik
Bergeser pada buritan, Honda Super Cub 125 kental akan kesan motor bebek klasik terkecuali pada sektor lampu dan pelek yang sudah menggunakan palang berlabel Enkei Thailand, dengan ukuran sama yaitu 1.85 inci dan rem depan disc brake.
Sementara pada sektor mesin Honda Super Cub 125 disokong mesin berkapasitas 124 cc, fuel injection dan sudah lolos standar Euro 4. Tenaga yang ditawarkan Honda Super Cub 125 tidaklah besar namun untuk torsi terbilang unggul dari rival di pabrikannya. Tenaga yang dihasilkan 9.1 PS di 7500 rpm dan torsi 9,75 Nm di 5000 rpm.
Untuk mendapatkannya Anda harus merogoh kocek cukup dalam, pasalnya Honda Super Cub 125 menjadi motor cub klasik mahal dengan harga Rp 72,7 juta on the road Jakarta, dan ditawarkan dengan tiga pilihan warna yaitu merah, biru dan hitam.
Baca juga : Jadi Motor Bebek Termahal, Ini Lima Hal Menarik dari Honda CT125 2021
Masih dari pabrikan Honda, sukses membawa Honda Super Cub 125, AHM tidak ingin kehilangan momentum ini, alhasil Honda CT 125 2021 ikut kembali diboyong ke Indonesia. Masih sama sama mengusung tema motor bebek klasik, yang berbeda Honda CT 125 bergaya adventure namun juga asyik dipacu di perkotaan.
Seperti halnya motor adventure, pada sisi depan tidak lagi ada bodi berbentuk sayap. Dengan begitu bagian mesin dan kelistrikan di belakang lampu depan bisa terlihat dengan mata telanjang. Masih sama - sama menggunakan single jok, Honda CT 125 memiliki rangka yang lebih panjang untuk alasan penopang barang bawaan yang lebih besar.
Baca juga : Cari Motor Koleksi, Asyiknya Beli Honda Monkey atau Honda CT125?
Fitur -fitur modern yang sudah ada di Honda CT 125 diantaranya panel instrument digital, untuk penerangan depan dan belakang sudah didukung lampu LED. Dari sektor keselamatan Honda CT 125 dilengkapi cakram dan pada rem depan turut disematkan Antilock Braking System (ABS).
Honda CT 125 memiliki jantung mekanis berkubikasi 124 cc, mengandalkan pendingin udara. Masih sama-sama seperti sang kakak Honda Super Cub 125 menggunakan mesin SOHC 4-tak satu silinder, hanya saja tenaga dan torsi disesuaikan dengan karakter motor dengan tenaga 8,92 PS pada 7500 rpm dan torsi 11 Nm pada 4500 rpm.
Tapi motor ini pun dijual cukup tinggi dan berstatus motor bebek termahal di Indonesia saat ini, dengan harga Rp 75 juta dan hanya tersedia dalam warna merah saja.
Baca juga : Honda Super Cub di Thailand Kena Facelift dengan Desain dan Mesin Baru, Akankah masuk Indonesia?
Tidak usah minder dengan harga dua motor cub klasik diatas, mungkin SM Cub Classic bisa jadi alternatif pilihan Anda dalam bernostalgia. Pasalnya motor ini dijual dengan harga jauh lebih terjangkau yaitu Rp 18 juta saja. Sementara desain yang diusung tidak jauh berbeda dari Honda Super Cub.
Motor buatan Negeri Jiran ini masih lekat akan motor bebek tahun 1970’an, jika pada Honda Super Cub 125 banyak menggunakan unsur modern SM Cub Classic terbilang minim. Mulai dari panel instrument yang masih analog, pelek jari - jari 17 inci dengan jari jari model rapat, model ini mengingatkan kembali pada modifikasi di tahun 2000an.
Baca juga : Cek Harga Motor Bebek Awal Tahun, Dari Rp 10 Jutaan Sampai Rp 75 Juta
Dan menariknya, jok belakang bisa dilepas-pasang dengan mudah hanya dengan menarik kabel sling saja. Jika jok belakang dilepas, Anda akan mendapati tempat rata untuk meletakkan barang bawaan.
Kesan modern yang hadir pada SM Cub Classic ada pada keseluruhan lampu yang sudah LED plus DRL, konektor power charger pada bagasi depan dan yang terakhir sistem suspensi depan yang sudah upside down. Menarik bukan?
Tidak ingin kalah dengan Negara tetangga, Indonesia juga punya motor cub klasik yang diproduksi oleh anak bangsa. Produsen motor lokal atau lebih dikenal dengan Gazgas Indonesia punya satu varian motor cub klasik yang mirip persisi seperti C70.
Secara penampilan tentunya Anda langsung mengira ini motor hasil restorasi, pasalnya lekukan bodi dan penggunaan aksesori sama persis. Harga yang ditawarkan terbilang sangat terjangkau hanya Rp 14,5 juta saja. Dengan harga tersebut Anda bisa mendapatkan motor bebek klasik yang benar-benar sederhana.
Pada sektor mesin Gazelo disokong mesin 125 cc dengan sistem pengabutan karburator dengan tenaga 7,4 PS pada 8.000 rpm dan torsi 7 Nm pada 6000 rpm. Untuk sistem keselamatan terbilang klasik dengan menggunakan rem tromol dibagian depan dan belakang.
Baca juga : Honda CT125 Resmi Mengaspal di Indonesia, Jadi Motor 125 cc Termahal di Indonesia?
Keempat motor tersebut tentunya bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki motor bebek keluaran terbaru, namun mampu membawa Anda bernostalgia menuju era tahun 1960-an sampai 1980-an.
Produk dari Honda memang terbilang paling tinggi, namun dua merek lainnya bisa menjadi opsi menarik. Toh tujuannya pun sama, mengendarai motor bebek klasik untuk berkendara santai sambil bernostalgia.