Simak Lagi Beda Varian Kawasaki Ninja ZX-25R, Bukan Cuma Warna dan Rem ABS Saja!

Sejak dikenalkan tahun 2020 lalu, Kawasaki Ninja ZX-25R mendapatkan animo yang luar biasa. Orang-orang rela membeli motor ini, bahkan sampai menebus dengan harga lebih tinggi supaya bisa segera memilikinya.

"Dari target awal penjualan setahun sebanyak 2.000 unit, realitanya jauh melebihi target yang kami harapkan," ujar Michael C. Tanadhi, Sales & Promotion Head KMI dalam sambutannya.

Kawasaki Ninja ZX-25R  tak lepas dari livery Kawasaki Racing Team.

Melihat animo tersebut, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada hari Jumat (11/06/2021) ini merilis Kawasaki Ninja ZX-25R model year 2022. Beda dengan model 2021 tak banyak, karena hanya fokus pada warna saja.

Baca juga : Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

KMI sendiri menghadirkan motor ini dengan dua varian yakni Standard dan ABS. Nah buat kalian yang menyangka kalau beda keduanya cuma dari pilihan warna dan sistem pengereman saja, salah besar!

Ya karena memang beda antar variannya juga banyak banget. Nah detail lengkapnya langsung simak bahasan di bawah ini.

Kawasaki Ninja ZX-25R  Standard.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 - Standard

Dibandingkan tahun lalu, harga  jualnya ada kenaikan Rp2,85 juta dari sebelumnya 96 juta menjadi Rp 98,85 juta on the road Jakarta. Tapi biar varian Standard, kelengkapannya sudah mumpuni kok.

Misalnya Kawasaki Traction Control (KTRC) yang punya tiga opsi dan juga bisa dinonaktifkan. Kemudian ada Power Mode, dengan dua pilihan yakni Full dan Low.

Baca juga : Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Siapkan Dana Minimal Rp 25 Juta Untuk Memilikinya

Bedanya saat pakai Full, tenaga akan keluar 100 persen, namun saat pakai Low tenaga mesin dibatasi otomatis hanya 65 persen saja, dan respon mesin akan menjadi lebih smooth.

Kawasaki Ninja ZX-25R Standard tetap warna hitam.

Semuanya terhubung dengan teknologi Ride by Wire, proses buka-tutup tuas gas dibaca oleh sensor. Jangan lupa indikator ECO Riding, yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi paling irit.

Pada sektor mesin juga ketambahan fitur Assist & Slipper Clutch, yang bisa mencegah roda belakang terkunci saat melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat.

Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Motor Sport 250 Paling Istimewa Saat Ini

Panel instrumen sendiri sudah paduan digital-analog, dengan bentuk yang sama persis dengan produk terbaru Kawasaki lainnya. Komponen analog hanya digunakan untuk penunjuk putaran mesin atau takometer, yang memanfaatkan jarum.

Sedangkan pada layar LCD kecil, berisikan informasi posisi gigi transmisi dan jam digital. Tepat di atasnya terdapat indikator peringatan perpindahan gigi transmisi, atau biasa disebut dengan shift light.

Panel meter Kawasaki Ninja ZX-25R.

Pada layar LCD berukuran agak besar, informasinya lebih lengkap yakni fuel meter, temperatur mesin, odometer, trip meter 1-2, indikator KTRC, suhu mesin, serta suhu udara pada intake, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, serta indikator lampu check engine serta gigi netral.

Untuk mengganti-ganti informasi pada layar panel instrumen, bisa dengan menggunakan tombol fisik dengan panel instrumen atau menggunakan tombol pada setang sebelah kiri. Jadi punya dua pilihan. Jangan lupakan kunci sudah immobilizer.

Fitur Kawasaki Ninja ZX-25R Standard sudah cukup banyak.

Perbedaan fisik paling mencolok dari varian termurah ini, warna yang tersedia hanya hitam polos. Selain bodi, pelek dan suspensi depan semuanya berlabur warna yang sama. Ya masih seperti model 2021.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 - ABS SE

Waktu awal dikenalkan, harganya Rp 112,9 juta dan kini menjadi 116 juta pas on the road Jakarta. Ada kenaikan sebesar Rp 3,1 juta nih, tapi wajar karena sudah berganti tahun dan kelengkapan motornya pun jauh lebih banyak.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 2021 Resmi Mengaspal, Tampil Baru Harga Tetap Rp 64,2 Juta

Varian ini tentu saja memiliki seluruh kelengkapan yang ada pada varian Standard, tapi ditambah lagi dengan Kawasaki Quick Shifter (KQS). Jadi untuk menaikkan dan menurunkan gigi transmisi bisa tanpa menarik tuas kopling.

Kawasaki Quick Shifter di Kawasaki Ninja ZX-25R.

Lalu ada rem dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang diikuti indikator ABS pada layar panel instrumen. Jangan lupa, juga ada perbedaan dari segi fisik, seperti adanya aksesoris yang langsung terpasang, seperti frame slider dan windshield warna gelap.

Serta tentunya opsi warna yang lebih banyak, yakni hijau ala livery Kawasaki Racing Team versi terbaru, merah putih yang mencolok dan abu-abu yang elegan.

Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 Sport 250 Paling Fenomenal, Simak Detail Motor Ini Lebih Jauh

Warna Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 varian ABS SE.

Kesimpulan

Harga jualnya yang mendekat Rp 100 juta, tak menyurutkan animo masyarakat terhadap motor satu ini. Mesin 250 cc dengan empat silinder segaris yang dimilikinya, menawarkan lengkingan suara mesin yang menggoda.

Baca juga : Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!

Tentunya meski sudah bernafsu untuk memilikinya, juga harus pahami dulu beda antar varian. Supaya bisa lebih menentukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan dan untuk menyesuaikan dana yang harus disiapkan pastinya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2022
Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C 
Ban Belakang 150/60R1M/C 
Rem Depan Single 310mm 
Rem Belakang Single 220 mm 
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat