Kawasaki ZX-10R vs Honda CBR600RR, Harga dan Performa Jomplang!

Harga Honda CBR600RR 2021 dipatok sangat mahal. Jangankan dari rival sekelas, banderol tersebut juga faktanya di atas Kawasaki ZX-10R 2021 yang belum lama ini meluncur di Indonesia. Bagaimana tidak. Superbike 'geng hijau' hanya dibanderol Rp520 juta saja. Sementara motor 600 cc milik Honda dijual Rp550 juta. 

Meski berbeda kelas, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 layak diadu dengan Honda CBR600RR 2021.

Faktanya, dengan harga yang lebih mahal itu pembeli Honda CBR600RR hanya mendapatkan mesin berkapasitas 600 cc. Di atas kertas, mesin DOHC empat silinder, 16 katup kepunyaannya mampu menghasilkan  tenaga 121 PS @14.000 rpm. Sementara menyoal torsi puncak, tercatat 64 Nm yang tercapai pada putaran 11.500 rpm. 

Bandingkan dengan Kawasaki Ninja ZX-10R dengan bekalan mesin serupa (DOHC 4-silinder 16 katup) berkubikasi 998 cc. Keluaran dayanya saja sudah 203 PS. Bahkan dapat melejit hingga 213 PS @13.200 rpm, ketika ram air aktif. Keterpautan juga terlihat jelas pada hitungan momen puntir. Di mana torsi Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 bisa mencapai 114,9 Nm @11.400 rpm. 

Baca juga: Mendarat di Indonesia, Harga Honda CBR600RR 2021 Tembus Rp 500 Juta Lebih!

Di kelasnya Honda CBR600RR 2021 punya fitur paling komplet.

Honda CBR600RR 2021 Dikawal Fitur nan Komplet

Sah jika pemikiran tersebut ada dibenak Anda. Toh, Honda CBR600RR 2021 memang dikawal fitur-fitur nan komplet ketimbang rival sekelas. Sebut saja sematan Inertial Measurement Unit (IMU) 5 Axis dari Bosch. Komponen ini bertugas membaca kecepatan gerak motor, akselerasi dan mengkalkulasi sudut kemiringan motor. 

Dengan begitu, pengendalian motor lebih presisi. IMU sendiri memanfaatkan algoritma khusus untuk membaca pergerakan motor 100 kali dalam satu detik. Kinerjanya lantas dikombinasikan dengan sensor lain seperti ABS (antilock braking system) dan HSTC (Honda selectable torue control). 
       
Honda CBR600RR 2021 punya sembilan level HSTC yang bisa dipilih. Tugas HSTC menjaga putaran roda belakang supaya tak selip. Jika terbaca roda selip, penyaluran tenaga menuju roda belakang akan otomatis diputus sampai roda kembali mendapat traksi. 

Maksimalisasi handling Honda CBR600RR terbantukan beberapa fitur pendukung. 

Baca juga: Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar

Selain roda belakang, HSTC Honda CBR600RR 2021 juga bertugas membaca putaran roda depan. Ketika roda depan terangkat alias wheelie, ECU akan otomatis mengurangi torsi motor sampai ban kembali menyentuh aspal. Hal ini juga dioptimasi oleh fitur wheelie control dengan tiga level penyetelan. Belum lagi ketersediaan sensor elektronik lain seperti Engine Brake.  

Lalu, ada pula tiga opsi mode berkendara yang meliputi Fast Riding, Fun Riding dan Comfort Riding. Tak cuma itu. Honda CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya. 

Tersedia dua slot di mana pengendara dapat mengatur sendiri output tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off) dan engine brake (3 level). Maksimalisasi dari sisi pengendalian pun dapat dilakukan lantaran terdapatnya Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). 

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 datang dengan beberapa pembaruan untuk penggemar superbike Tanah Air.

Baca juga: Tembus Setengah Miliar, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 kini Punya Konektivitas Gawai

Fitur Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 lebih Kaya

Untuk jua diketahui. Selain fitur di atas, Honda CBR600RR 2021 jua dilengkapi assist and slipper clutch dan quick shifter. Kendati begitu, penerapan fitur Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 lebih kaya daripada Honda CBR600RR. 

Bilapun dijabarkan. Fitur-fitur Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 meliputi IMU, Power Mode, Riding Mode (Sport, Road, Rain dan Rider (Manual) Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Electronic Throttle Valve, Antilock Braking System (ABS) dua kanal, KIBS (Kawasaki Intelligent Antilock Braking System), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF) hingga Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC). 

Teruntuk terapan tersebut termasuk assist and slipper clutch dan quick shifter, setara dengan CBR600RR. Namun, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 ketambahan lagi fitur Electronic Cruise Control, Kawasaki Launch Control Mode dan tentu saja konektivitas gawai. Berkat penanaman chip Bluetooth, pengendara dapat menghubungkan smartphone dengan si superbike via aplikasi Rideology. 

Salah satu fitur baru dari Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 adalah konektivitas gawai

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Naik, Intip 5 Perbedaannya dengan Model Lama

Teruntuk konektivitas, bukan saja soal notifikasi telepon atau email yang dapat dilihat langsung melalui panel meter TFT Kawasaki Ninja ZX-10R 2021. Pasalnya,  pengendara juga dapat memanfaatkannya untuk merekam waktu perjalanan. Tak cuma itu. Aplikasi pada gawai jua dapat menyimpan rute yang dilalui, termasuk kecepatan rata-rata bahkan lean angle (sudut kemiringan motor). 

Hal ini tentu akan lebih menarik bagi penggiat track day. Apalagi di situ juga terdapat riding log berisikan informasi telemtri lain seperti posisi gigi, putaran mesin hingga bukaan gas (dalam persentase). Dan, cukup dengan smartphone pula pemilik Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 dapat menentukan pengaturan riding mode sesuai preferensi.   

Dengan selisih Rp30 juta, mana yang layak Anda pilih?

Baca juga: MV Agusta bakal Lepas 12 Motor Baru, Salah Satunya Model Adventure

Kesimpulan

Honda CBR600RR 2021 sejatinya menawarkan pembaruan cukup masif. Dari sisi desain, DNA ala MotoGP benar-benar diturunkan lewat pengaplikasian winglet. Pun halnya soal performa dan fitur yang notabene berbeda dari model pendahulu. 

Akan tetapi, wajar bila akhirnya calon pembeli berpikir ulang untuk meminang Honda CBR600RR 2021. Terutama setelah Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 mendarat di Tanah Air. Bagaimana tidak. Banderol yang ditawarkannya lebih murah Rp30 juta dari Honda CBR600RR 2021. 

Tingginya harga Honda CBR600RR 2021 menjadi jomplang manakala menyoroti performa yang disajikan Kawasaki Ninja ZX-10R 2021. Bahkan, keterpautan tersebut ditambahkan lagi oleh pihak Kawasaki dengan penyematan fitur yang lebih lengkap.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX10-R
Lihat