Penggemar touring yang mengidamkan kendaraan praktis, bertenaga dan nyaman untuk perjalanan jauh memiliki banyak pilihan tipe. Bukan hanya motor sport, tipe skuter matik pun bisa dilirik.
Salah satunya adalah skuter gambot bermesin 250 cc. Secara umum, segmen ini disesaki oleh SYM GTS 250i, Honda Forza hingga yang cukup diminati, yakni Yamaha Xmax 250. Bukan hanya versi terbarunya, namun motor bekasnya pun masih kerap diincar.
Baca juga : Ternyata, Skutik Cina ini Lebih Canggih dari Honda Forza dan Yamaha XMax
Ini karena meski bersosok skuter, Xmax 250 diklaim punya performa paling besar dikelasnya. Dengan dibekali mesin Blue Core 250 cc yang dilengkapi 4-valve pendingin cair berdaya 23 PS per 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm di putaran 5.500 rpm.
Selain itu, strategi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam menghadirkan Yamaha XM=max 250 pada jajaran line up di segmen Maxi Scooter ini juga cukup istimewa.
Baca juga : Banderol Honda Forza 250 2021 Naik Rp 800 Ribuan, Fitur Ditingkatkan Demi Sikat Yamaha Xmax 250 2021!
Sebelum diluncurkan, Yamaha melakukan tes pasar terlebih dahulu pada peminat Xmax 250 melalui ajang IMOS 2016 pada bulan November. Secara model, motor tersebut diklaim sama seperti yang akan dijual di Eropa.
Setelah dirasa sukses menarik perhatian pengunjung pameran, sekaligus gencarnya berita terhadap Xmax beredar, pabrikan berlogo garputala tersebut baru merilisnya.
Motor tersebut langsung mendapat respon positif dari konsumennya yang melakukan inden sebelum melihat secara langsung dengan skema booking online.
Baca juga : Yamaha XMax Terbaru Meluncur Akhir Tahun?
Dalam kondisi baru, Yamaha Xmax 250 2021 dibanderol dengan harga Rp 61,475 juta. Tak terlampau jauh dibanding saat peluncurannya di tahun 2017 yang harganya Rp 55 juta. Bahkan harga ini masih lebih murah dari model Eropa saat itu yang juga didatangkan dari Indonesia, yakni Rp 72 juta.
Kabar baiknya, karena sudah dipasarkan selama empat tahun, maka unit bekasnya sudah melimpah di pasaran. Harganya pun bervariasi, tergantung pada tahun, jarak tempuh juga kondisi.
Semisal di model keluaran 2017 kini bisa didapat dengan rentang harga Rp 40-42 juta. Sedangkan di Xmax 250 buatan tahun 2018 bisa ditebus seharga Rp 45 jutaan. Pada Xmax 250 keluaran tahun 2019, rentang harganya masih Rp 48-53 juta.
Baca juga : Tampil Ala Versi Eropa, Yamaha Xmax 250 2021 Tantang Honda Forza 250 2021
Tentu hal tersebut bisa jadi pilihan menarik bagi Anda yang mengidamkan tunggangan nyaman baik untuk harian di dalam kota dan touring keluar kota.
Apalagi Xmax 250 juga memiliki banyak fitur yang mirip dengan motor besar. Seperti traction control system (TCS) sebagai pengurang risiko ban belakang selip saat melewati jalan licin.
Lalu ada Anti-lock Braking System (ABS) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Sistem pencahayaannya juga sudah dibekali lampu LED hemat daya. Volume bagasinya besar dan diklaim sanggup memuat dua helm full face.
Baca juga : Modal Rp 60 Jutaan, Pilih Yamaha Xmax 250 2021 Atau Honda Forza 250 Bekas?
Dalam membeli Xmax 250 bekas, sederet pengecekan mutlak diperlukan. Jangan hanya tergoda harga murah yang tiba-tiba justru memakan biaya besar saat perbaikannya.
Salah satu caranya dengan melakukan auto detailing. "Langkah ini perlu dilakukan untuk mengecek sekaligus membersihkan semua bagian motor termasuk yang tertutup. Seperti sasis, air radiator, juga kabel kelistrikan," urai Joddy dari JDM Project dari Jatiwaringin, Jakarta Timur.
Baca juga : Ragam Pilihan Skutik 250 Untuk Pria Mapan, Tak Hanya Forza 250 2021 dan Yamaha Xmax 250 2021
Di gerainya, jasa auto detailing untuk Xmax 250 dipatok Rp 850 ribu diluar pergantian komponen dengan waktu pengerjaan 3-4 hari. Yuk, berburu Yamaha Xmax 250 bekas.
Data Spesifikasi Yamaha Xmax 250 2021 | |
---|---|
Dimensi | |
P x L x T | 2.185 x 775 x 1.465 mm |
Sumbu Roda | 1.540 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm |
Jarak Terendah | 135 mm |
Berat Isi | 179 kg |
Kapasitas Tangki | 13 liter |
Mesin | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, Blue Core |
Kapasitas | 250 cc |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 |
Starter | Elektrik |
Tenaga Maksimal | 22,8 PS @ 7.000 rpm |
Torsi Maksimal | 24,3 Nm @ 5.500 rpm |
Rangka & Kaki-Kaki | |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Ganda |
Ban Depan | 120/70-15 |
Ban Belakang | 140/70-14 |
Rem Depan | Cakram, ABS |
Rem Belakang | Cakram, ABS |