Meski Harga Tembus Rp 20 Jutaan, Ini 5 Alasan Kenapa Tetap Harus Memilih Honda Scoopy 2021

Tak bisa dipungkiri jika Honda Scoopy 2021 yang dikenalkan sejak November 2020 lalu, mendapatkan animo positif dari masyarakat. Bentuknya yang stylish dan nampak imut menjadi incaran, terutama oleh anak-anak muda.

Lekuk bodi khas yang disebut S-shape memang menggoda sejak skutik ini dikenalkan pertama kali tahun 2010 lalu, hal ini diakui Honda menjadi andalan dari skutik tersebut. Namun pada model barunya ini lekuk bodinya itu semakin dipertegas.

Bentuk lampu depan dan belakang pun semakin unik dan ikonik, dengan penerangan yang sudah mengandalkan LED untuk lampu depan. Semuanya disempurnakan dengan penggunaan lingkar pelek 12 inci dan ban profil tebal.

Honda Scoopy saat ini berstatus skutik entry level dengan harga termahal yang dimiliki PT Astra Honda Motor. Banderolnya kini telah tembus angka Rp 20 juta, padahal saat dikenalkan tahun lalu masih ada varian yang dijual Rp 19 jutaan.

Honda Scoopy 2021 banyak disukai wanita.

Kini harga termurahnya berada diangka Rp 20,325 juta untuk varian Fashion dan Sporty. Lantas untuk varian Prestige dan Stylish, kini dilepas diangk Rp 21,125 juta on the road Jakarta.

Tapi apakah hanya desain yang menjadi keunggulan dari Honda Scoopy 2021 ini? Tentu tidak, setidaknya ada lima alasan kenapa skutik ini layak untuk dipilih.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Honda Scoopy 2021 Lebih Layak Dipilih Daripada Honda Genio 2021

Bodi Ringan dan Lincah

Tak perllu heran skutik ini menjadi favorit anak-anak muda dan juga wanita, karena bobotnya tak sampai 100 kg. Tepatnya 95 kg dan 94 kg (Smartkey) saja.

Bodinya yang ringan tentu membuat pengendalian skutik ini juga terasa lincah untuk bermanuver. Tak merepotkan dan tetap nyaman dikendarai dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Rangka eSAF membuat bobot jadi lebih ringan.

Hal ini tak lepas dari penggunaan rangka eSAF (Enhanced Architecture Frame), yang sebelumnya sudah dipakai untuk Honda BeAT dan Honda Genio. Rangka jenis ini dibuat dari lembaran pelat baja, yang dicetak dan kemudian disambung menggunakan las laser.

Rangka eSAF ini punya sejumlah keunggulan dibandingkan rangka yang digunakan sebelumnya, seperti bobot yang lebih ringan, rigiditas lebih baik, tahan guncangan serta bisa memberi ruang lebih untuk tangki bahan bakar dan juga bagasi di balik tempat duduknya.

Baca juga : Sebelum Beli Honda Scoopy 2021, Kenali Dulu Varian dan Pilihan Warnanya

Mesin Irit Bahan Bakar

Lagi-lagi pakai basis yang sama dengan Honda BeAT 2021 dan Honda Genio 2021. Mesinnya pun masih mengandalkan teknologi eSP, namun ini adalah generasi mesin terbaru.

Mesin eSP baru dengan karakter over stroke.

Konfigurasi mesinnya berbeda karena meski tetap berkapasitas 110 cc, namun mesinnya menjadi over stroke. Diameter piston 47 mm dipadu langkah piston 63,1 mm.

Mesin ini dibuat untuk berakselerasi kuat pada putaran bawah, namun tetap memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Dari pengujian internal, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 59 km/liter loh!

Baca juga : Benar-benar seksi, Garis Desain S-shape Nan Ikonik, Senjata Andalan Honda Scoopy 2021

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 9 PS di 7.500 rpm, serta torsi mencapai 9,3 Nm di 5.500 rpm. Tenaga ini disalurkan menuju roda belakang dengan melalui transmisi otomatis CVT.

Konsumsi bahan bakar diklaim sampai 59 km/liter!

Proses menghidupkan mesin juga menjadi lebih halus berkat adanya teknologi ACG Starter, yang juga satu paket dengan fitur ISS (Idling Stop System), untuk mematikan mesin sementara saat motor dalam kondisi berhenti.

Teknologi Lengkap

Honda Scoopy 2021 memiliki beragam fitur baru, seperti lampu depan LED dengan projector yang tampil mewah. Ini sudah menjadi standar sejak generasi sebelumnya.

Smart Key System untuk dua varian teratas.

Kemudian Smart Key System, yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm untuk dua varian termahal. Fitur lainnya ada tambahan USB Charger, yang terletak di console box dengan model tertutup.

Panel meter Honda Scoopy 2021 berdesain modern yang menggunakan penunjuk digital dan analog. Informasi yang ditampilkan ada jam digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, voltmeter sampai indikator Smart Key System.

Baca juga : Berubah Total, Harga Honda Scoopy 2021 Kini Sentuh Rp 20 Juta

Lampu depan sudah LED.

Sayangnya lampu sein masih menggunakan bohlam, andai bagian ini sudah menggunakan teknologi LED, tentu akan lebih baik dan secara tampilan akan menjadi semakin menarik.

Bagasi Besar

Akomodasi memadai sangat diperlukan untuk membawa beragam barang bawaan, terlebih pada skutik yang digunakan harian. Jika memilih Honda Scoopy tak perlu bingung, karena kapasitas bagasinya lebih besar mencapai 15,4 liter.

Begitu juga terkait gantungan barang jika kapasitas bagasi masih dirasa tak cukup. Honda Scoopy memiliki gantungan barang yang bisa dilipat dan ada pengunci. Jangan lupakan dua bagasi kecil di depan, yang salah satunya dilengkapi penutup.

Honda Scoopy 2021 punya varian dan warna beragam.

Varian dan Warna Beragam

Honda Scoopy 2021 ditawarkan dengan empat varian dengan total delapan pilihan warna. Varian terendah ada Sporty dengan warna sporty re dan sporty black, lalu varian Fashion dengan opsi warna fashion blue dan fashion cream.

Baca juga : Kenaikan Harga Honda Scoopy 2021 Setara Honda PCX 160, Masih Berminat?

Kemudian untuk varian Prestige tersedia warna prestige black dan prestige white. Lantas untuk varian Stylish terdiri dari warna stylish red dan stylish brown.

Harga mahal tak pengaruhi minat  konsumen terhadap Honda Scoopy 2021.

Kesimpulan

Honda Scoopy 2021 kini menjelma menjadi skutik entry level dengan harga termahal dari Honda. Harga untuk dua varian terendahnya kini dilepas lebih dari Rp 20 juta.

Namun desain unik, fitur standar yang cukup mumpuni, motor yang ringan dan lincah juga mesin yang irit bahan bakar, membuatnya menjadi idola. Tak heran populasinya semakin banyak terlihat di jalanan.

Spesifikasi Honda Scoopy 2021
DIMENSI
P x L x T 1.864 x 683 x 1.075 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Terendah 145 mm
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Berat Isi 95 kg & 94 kg (tipe smart key)
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi brake system
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat