Hadirnya Honda PCX 160 2021 tak memengaruhi penetapan harga Honda ADV 150 2021. Skutik bertampang tualang ini tetap dijual lebih mahal dari pengusung mesin terbaru pihak Honda, eSP+. Kendati begitu, ada 5 hal yang membuat ADV 150 begitu menarik dipilih ketimbang generasi terbaru PCX.
Untuk diketahui, saat ini Honda ADV 150 2021 dipasarkan dengan harga Rp35,186 juta untuk tipe CBS dan Rp38,251 pada varian ABS. Sementara Honda PCX 160 2021 dilepas mulai Rp30,845 juta (CBS) dan Rp34,445 juta teruntuk Honda PCX 160 ABS. Terlihat jelas selisih yang diberikan Honda ADV 150 kepada pemilik jantung mekanis anyar berkisar antara Rp3-4 jutaan.
Dengan keterpautan tersebut, Anda mendapatkan desain skutik Honda paling gres. Perawakan darinya tentu menyegarkan etalase skutik 150 cc Honda yang sebelumnya cuma berisikan Honda PCX 150 dan Honda Vario 150. Meski demikian, tak dipungkiri bahwa penggarapan Honda ADV 150 jua tak lepas dari Honda X-ADV.
Sepasang lampu utama LED menghiasi bagian wajah. Ditambah lagi daytime running light (DRL) dengan bentukan yang menegaskan karakter agresifnya. Lampu hemat daya pun nyatanya disematkan menyeluruh. Termasuk lampu belakang dan sein.
Baca juga: Simak Spesifikasi Honda ADV 150 2021, Skutik 150 cc Termahal Honda Saat Ini
Beranjak ke balik kemudi, impresi X-ADV kembali nampak lantaran Honda ADV 150 2021 mengaplikasi setang serupa - model telanjang. Terlebih lagi pada bagian kokpit. Panel meter kepunyaannya menyajikan informasi seperti spidometer, fuel meter, volt meter, odometer, trip 1 dan 2, konsumsi bensin rata-rata dan aktual, jam, pengingat tanggal hingga pengukur suhu udara secara digital. Lagi-lagi, sepintas mirip kepunyaan Honda X-ADV.
Honda ADV 150 pertama kali dirilis 2019 silam. Wajar jika mesin Honda PCX 150 yang dipakai sebagai basis. Berkaca kepada data teknis, mesin Honda ADV 150 2021 berteknologi eSP, silinder tunggal, 4-tak SOHC, pendingin cairan dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi (PGM-FI).
Dengan kapasitas mesin 149,3 cc, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 14,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di putaran 6.500 rpm. Kendati mendapatkan warisan mesin Honda PCX 150, output yang dihasilkan Honda ADV 150 itu berbeda.
Baca juga: Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021
Menyoal tenaga, Honda ADV 150 sedikit lebih kecil dari Honda PCX 150 yang mencatatkan pencapaian 14,7 PS @8.500 rpm. Namun, lain hal dengan catatan pada momen puntir. Torsi Honda ADV 150 justru terpaut lumayan banyak dari si pemilik mesin (13,2 Nm @6.500 rpm). Dengan kata lain, Honda ADV 150 2021 punya akselerasi lebih baik di putaran bawah. Cocok untuk menghadapi lalu lintas stop and go.
Keunggulan tadi tentu mendukung, manakala menghadapi rute off road ringan. Dengan torsi besar, pengendara Honda ADV 150 2021 tak perlu khawatir kehilangan momentum saat menemukan handycap. Apalagi ditunjung dengan gaya berkendara ala motor adventure.
Setang nan lebar membuat penunggang ikut cekatan menentukan arah motor. Namun, kapabilitas itu juga didukung oleh padu padan ban ala motor tualang. Yap, Honda ADV 150 2021 menggunakan ban belang dengan ukuran 110/80-14 di depan dan 130/70-13 pada roda belakang. Termasuk pula kombinasi tinggi jok 795 mm dan ground clearance 165 mm.
Baca juga: Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless
Torsi besar Honda ADV 150 2021 memang dibutuhkan, mengingat berat tubuhnya mencapai 132 kg (CBS) dan 133 kg (ABS). Hasil timbangannya ini juga tak lepas dari beberapa item yang diaplikasikan serta bongsornya perawakan si skutik. Dimensinya 1.950 x 763 x 1.153 mm (P x L x T).
Kemampuan dua alam Honda ADV 150 2021 tentu saja merupakan sebuah paket. Selain racikan mesin dan rancang bangun, kaki-kaki jua menjadi sektor penting agar motor ini cakap menghadapi rute-rute variatif. Di bagian depan, terdapat fork teleskopik dengan long travel.
Suguhan paling menarik sebetulnya terlihat pada suspensi belakang. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen, memakaikannya shock absorber ganda dengan subtank. Peredam kejut ini memiliki panjang total 395 mm dan jarak main 115 mm. Untuk diketahui pula, Honda ADV 150 adalah skutik Honda pertama yang memakai suspensi subtank. Kita tahu, Honda PCX 160 2021 sekalipun belum menggunakan suspensi tabung.
Fitur tergolong komplet disediakan oleh Honda ADV 150 2021. Sebut saja penerangan serba LED, panel meter full digital, Idling Stop System (ISS), Smart Key System hingga power outlet. Akan tetapi, ada fitur tambahan jika Anda memutuskan membeli Honda ADV 150 versi tertinggi.
Selain sensor pengereman ABS, varian ini dipasangi Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini akan bekerja (lampu sein menyala otomatis) saat pengendara melakukan pengereman mendadak pada kecepatan tertentu. Lampu sein milik Honda ADV 150 akan berkedip. Dengan harapan pengendara lain di belakang memiliki waktu untuk mengerem lalu menghindar.
Baca juga: Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang Pemilik?
Bukan cuma fitur, Honda ADV 150 2021 jua cukup akomodatif menampung barang bawaan. Bagasi di bawah joknya memiliki kapasitas 28 liter. Begitu pula dengan bahan bakar. Tangki miliknya dapat menelan 8 liter bensin. Dalam kondisi bensin penuh, Honda ADV 150 2021 diklaim dapat menjelajah hingga 360 km.
Kehadiran Honda PCX 160 2021 tak membuat pesona Honda ADV 150 2021 pudar. Kendati pun dijual lebih mahal, toh skutik ini menawarkan hal-hal menarik dan bahkan belum pernah ada di skutik buatan PT AHM. Satu diantaranya pastilah berkat suguhan desain ala kuda besi adventure.
Paling mencolok, penyajian suspensi belakang dengan kelengkapan tabung. Terapan ini pertama kalinya dilakukan pihak pemegang merek terhadap sebuah skutik. Jadi, harga Honda ADV 150 2021 yang lebih mahal dari Honda PCX 160 2021 tetap layak?
Spesifikasi Honda ADV 150 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.153 mm | ||
Sumbu Roda | 1.324 mm | ||
Jarak Terendah | 165 mm | ||
Tinggi Jok | 795 mm | ||
Kapasitas Tangki | 8 liter | ||
Berat Isi | 132 kg (CBS) 133 kg (ABS) | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | ||
Kapasitas | 150 cc | ||
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm | ||
Rasio Kompresi | 10,8 : 1 | ||
Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | ||
Transmisi | Otomatis CVT | ||
Tenaga Maksimal | 14,5 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 6.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe | Double Cradle | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Ganda | ||
Ban Depan | 110/80-14 | ||
Ban Belakang | 130/70-13 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Cakram |