Sejak tahun 2018 BMW Motorrad Indonesia yang diwakilkan oleh PT Maxindo Moto Nusantara menghadirkan skutik berukuran bodi besar. BMW C 400 X menjadi motor skutik dengan cc terkecil pertama yang di bawa ke Tanah Air.
Diawal kemunculannya, BMW C 400 x langsung mendapat predikat motor skutik termahal. Predikat ini justru membuat merk Jerman semakin angkat kepala. Terbukti dengan hadirnya varian lain yaitu BMW C 400 GT pada tahun 2019.
Keduanya dijual dengan harga yang sangat premium untuk sebuah skutik 400 cc, yakni diangka lebih dari Rp 250 juta off the road. Setara harga Mitsubishi Xpander!
Baca juga : Gila, Harga Benelli 1200GT 2021 tak Ada Separuhnya BMW R 1250 RT dan Honda Goldwing!
BMW C 400 X dan BMW C 400 GT dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara di dalam dan luar kota. BMW C 400 X dan BMW C 400 GT sendiri menggunakan platform yang sama.
Hanya saja kedua varian motor ini memiliki sedikit perbedaan sebagai penunjang perjalanan. Pasalnya BMW C 400 X menyasar penggunaan dalam kota. Sementara BMW C 400 GT cocok dikendarai jarak jauh atau touring.
Perbedaan yang sangat kentara adalah ukuran sanggahan pinggang, pijakan kaki dan windshield yang lebih tinggi. Penasaran seperti apa sosok skutik premium ini?
Siapa tak kenal dengan varian legendaris dari Motor BMW seperti GS Series, beberapa turunan dari GS hadir pada skutik BMW ini. Seperti lampu depan C 400 X yang menggunakan LED dan DRL. Berbentuk asimetris ditemani fender mungil khas BMW GS.
Bentuk wajah yang mudah diingat membuat motor ini mudah dikenal. Berbeda dengan C 400 GT, untuk penerangan menggunakan lampu LED dengan empat kluster menggunakan skat DRL. Keduanya sama sama memiliki lampu sein LED berbentuk vertikal.
Windshield yang berfungsi untuk menghalau angin memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran pada C 400 GT lebih tinggi. Selain itu, untuk kenyamanan dalam mengemudi jarak jauh desain jok dibuat lebih bertingkat.
Baca juga : Ford Dan BMW Investasi Baterai Motor Listrik Hingga Rp 1,8 Triliun, Ada Peluang Indonesia?
BMW C400 X memiliki bentuk bodi yang bertumpuk dan tarikan garis yang menabrak antara garis satu dengan lainnya. Tidak seperti seri dalam kota, C400 GT justru punya bentuk bodi yang lebih elegan.
Buritan BMW C400 X punya tampilan berbeda dari skutik pada umumnya, lampu belakang dan sein menempel pada spakbor. Dengan begitu butuh penyesuaian lagi untuk menerima bentuk desain seperti ini.
Sementara C 400 GT mengambil bentuk desain dari C 650 GT yang mewah. Secara dimensi BMW C 400 GT dan C 400 X punya dimensi yang tidak jauh berbeda seperti panjang 2.210 mm, lebar 835 mm, dan panjang sumbu roda 1.565 mm. Hanya saja bobot C 400 GT lebih berat 2 kg dari C 400 X yang memiliki berat 201 kg.
Baca juga : Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi
Untuk fitur keduanya tidak ada perbedaan. Mulai dari layar TFT 6,5 inci dengan fitur Connectivity khas BMW Motorrad dan sudah bisa menampilkan navigasi, informasi umum dan terkoneksi dengan smartphone.
Untuk faktor keselamatan kedua varian ini sudah tersemat rem ABS dual channel dan Automatic Stability Control (ASC). BMW flexcase fitur dimana bagasi BMW bisa diperbesar hingga 15 liter. Terdapat juga laci penyimpanan dan soket pengisian daya di bagian depan.
Baca juga : Gagahnya BMW F 900 R Force 2021 Usung Livery Angkatan Udara, Cuma Tersedia 300 Unit!
Seperti yang sudah dijabarkan di atas, bahwa BMW C 400 X dan BMW C 400 GT berbagi platform yang sama, kapasitas mesinpun identik yakni 350 cc satu silinder berpendingin cairan. Dengan tenaga 34,4 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 35 Nm pada 6.000 rpm.
Karakter mesin keduanya pun identik. Punya respon yang sigap pada putaran rendah, namun nafas mesin terasa panjang pada putaran atas. BMW C 400 X dan BMW C 400 GT mampu kalian pacu hingga jarak 340 km berkat kapasitas tangki yang mencapai 12,8 liter.
Baca juga : Makin Canggih, BMW C 400 X 2021 Sematkan Teknologi Ride by Wire
Tahta skutik termahal masih melekat hingga kini di BMW C 400 X dengan bandrol Rp 259 juta. Dan BMW C 400 GT Rp 279 juta off the road Jakarta. Harga itu mendekati Yamaha Tmax DX yang bermain diangka Rp 300 juta.
Sebuah nominal yang dirasa pantas, mengingat statusnya sebagai skutik premium dari brand asal Jerman. Kebanggan bagi yang menggunakannya tentu sangat tinggi. Apalagi skutik ini juga ditunjang beragam fitur mumpuni.