Meski banyak yang menjiplak desain dari sejumlah brand ternama, masih banyak merek motor asal Cina yang memiliki R&D kuat. Bahkan sejumlah brand menjalin kerjasama dengan pabrikan Eropa, seperti Loncin.
Sekedar informasi, Loncin telah dipercaya menjadi lokasi perakitan merek motor asal Eropa, yakni BMW Motorrad sejak tahun 2005. Ya, sejumlah modelnya yang diniagakan di Indonesia, berasal dari sana loh.
Karena kerjasama yang sudah sangat lama, Loncin bisa memanfaatkan teknologi pabrikan Jerman itu untuk membuat motornya sendiri. Contohnya adalah Voge 650DSX.
Baca juga : Skutik Cina, Qianjiang MT150 Ancam Eksistensi Honda PCX dan Yamaha NMax!
Gencar menggempur pasar Eropa, membuat Loncin merilis motornya itu dengan jantung mekanis dari BMW, tepatnya mesin yang pernah digunakan pada model BMW G650GS.
Sejumlah alasan kenapa Loncin menggunakan mesin tersebut karena dianggap masih memiliki teknologi yang terhitung canggih. Selain itu untuk bisa memenuhi standar emisi Euro 5 yang telah berlaku di Eropa dan Amerika.
Baca juga : Lagi-Lagi Motor Asal Cina, Begini Wujud Asli Motor Yang Disangka Honda Vario 160
Untuk diketahui, tahun 2021 lalu Loncin sempat terkendala masalah standar emisi di Amerika. Motor-motor buatannya melebihi ambang batas dan mereka dikenai denda dan harus memperbaiki motornya dulu sebelum dijual.
Dengan menggunakan mesin BMW Motorrad, hal itu bisa diatasi. Mesin ini sendiri mengusung spesifikasi silinder tunggal, DOHC 4 katup, 652 cc dengan tenaga yang mencapai 49,7 PS pada putaran 8.500 rpm serta torsi mencapai 60 Nm di 5.500 rpm.
Dan yang unik dari motor ini, punya ciri khas BMW F650GS yakni posisi knalpot yang ada di sisi kiri dan rantai roda yang berada di sebelah kanan motor.
Baca juga : Telisik Spesifikasi Tiruan Suzuki GSX-S1000 2021 dari Cina, Rival Baru Honda CB500F nih!
Perkara desain, Loncin membuat Voge 650DSX ini dengan desainnya sendiri dan benar-benar ala motor adventure. Sosoknya nampak gagah dan tangguh, dan sudah lengkap dengan crash bar juga penggunaan tiga buah boks pada buritan.
Tampak mukanya sedikit tebal lantaran penggunaan lampu depan yang cukup besar dan lebar. Penggunaan sasis teralis memberikan kesan kokoh dan padat pada bagian tengah motor.
Baca juga : Jiplak Habis-Habisan, Dayang Bikin Kembaran Honda ADV 150 Pakai Teknologi Hybrid dan Kamera Ganda!
Tentu yang namanya motor adventure, motor ini memiliki tangki bahan bakar yang cukup besar dengan ukuran yang menjulang tinggi. Namun posisi duduknya dibuat rendah, supaya pengendara bisa dengan mudah mengendalikan motor.
Sebagai motor adventure yang siap untuk dipakai menerabas beragam kondisi jalan, maka peleknya menggunakan jenis jari-jari. Dengan lapisan ban tapak kasar, serta redaman suspensi upside down dan monosok.
Baca juga : Kenalkan Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale
Kini Voge 650DSX siap untuk meramaikan segmen motor adventure kelas menengah yang diisi oleh beragam merek seperti BMW Motorrad, Triumph, Moto Guzzi, Kawasaki, Honda, Yamaha hingga Suzuki.