Telisik Bedanya Mesin Yamaha Nmax 155 2021 Dengan Model Lama, Banyak Yang Belum Tahu Loh!

Ya ternyata banyak yang belum mengetahui jika Yamaha Nmax 155 2021 tak lagi menggunakan mesin lama. Ini ada kaitannya dengan teknologi baru yang ditawarkan sama skutik premium andalan pabrikan garpu tala tersebut.

Teknologi tersebut adalah Smart Motor Generator (SMG), untuk menghidupkan mesin lebih halus, karena tak lagi pakai dinamo starter. Dan dengan teknologi tersebut, juga hadir fitur baru yakni Stop & Start System (SSS).

Jeroan Mesin Berbeda

Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, dan ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.

Misalnya diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.

Dengan kepala piston yang lebih rata, rasio kompresi pun terkoreksi dari 10,5 : 1 menjadi 11,6 : 1. Belum lagi volume box filter udara yang kini menjadi 4,3 liter dari sebelumnya hanya 3,7 liter saja.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

Mesin baru berkode B6H.

Mesin barunya ini mengandalkan piston ukuran 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Masih sama dengan mesin model sebelumnya, begitu pula kapasitas mesin yang masih tetap sama 155 cc.

Tapi berkat perubahan tadi, output yang dihasilkan ikut terkoreksi. Tenaganya menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Tenaganya naik 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm.

Baca juga : Fantastis, Yamaha Nmax 'Telmax' Yang Sedang Viral Habis Biaya Rp 4 Juta Lebih!

Karakter Mesin Berbeda

Dan karena menggunakan mesin baru, kami merasakan ada perbedaan karakter mesin dibandingkan Yamaha Nmax 155 model sebelumnya. Mesinnya terasa lebih kalem, tak segalak mesin lamanya loh.

Mesin baru dengan teknologi yang lebih canggih.

Unik ya, padahal rasio kompresi naik yang harusnya akselerasi juga lebih spontan. Mungkin karena bobot motor yang juga lebih besar ya, apalagi torsinya juga berkurang 0,5 Nm.

Tapi secara keseluruhan masih tetap menyenangkan kok, masih bisa diandalkan untuk berakselerasi cepat. Untuk bergerak dari posisi diam menuju 60 km/jam hanya butuh 5,95 detik saja.

Baca juga : Harga Yamaha NMax 2021 di Malaysia Rp31 Jutaan, Warnanya Beda Sendiri

Lalu untuk mencapai 0-100 km/jam butuh waktu 20 detik. Akselerasi menengah dari 60 km/jam menuju 100 km/jam butuh 14,14 detik. Dengan kecepatan puncak pada alat ukur Racebox tercatat 110 km/jam, namun pada spidometer tercatat 117 km/jam.

Yamaha Nmax 155 2021 lebih kuat putaran tengah sampai atasnya.

Yang kami rasakan saat melakukan pengetesan, mesin barunya ini lebih kuat pada putaran menengah sampai atas. Data akselerasi selengkapnya bisa Anda simak di tabel bawah ini ya.

Baca juga : Ini Sebab Yamaha Nmax 155 2021 Lebih Mudah Dikendarai Dibandingkan Model Lamanya

Data Akselerasi Yamaha Nmax 155 2021
0-60 km/jam 5,95 detik
0-80 km/jam 10,86 detik
0-100 km/jam 20 detik
0-100 meter 3 detik
0-201 meter 8,18 detik
0-402 meter 12,79 detik
Topspeed Spidometer 117 km/jam
Topspeed Racebox 110 km/jam
Konsumsi Bahan Bakar 42 km/liter (MID)
  37 km/liter (ull to full)
*Postur rider 74 kg & 172 cm

Kesimpulan

Menggunakan mesin baru, Yamaha ingin membuat Yamaha Nmax 155 2021 ini lebih canggih dengan kehadiran teknologi SMG. Menghidupkan mesin jadi semakin halus dan kinerja mesinnya pun terhitung senyap, minim gejala gredek.

Baca juga : Cegah Honda PCX 160 2021 dan Yamaha Nmax 155 2021 Jalan di Tempat, Cek Komponen Ini Secara Berkala

Yamaha Nmax 155 2021 dijual mulai dari Rp 30,2 juta.

Tapi memang ada perubahan karakter mesin, menjadi lebih kalem, tak seagresif mesin generasi sebelumnya. Namun hal itu dikompenasi dengan respon mesin yang sigap saat motor telah melaju.

Spesifikasi Yamaha Nmax 155 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm
Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah 124 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 132 kg
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat