Yamaha Lexi dihadirkan sebagai model paling rendah dari keluarga skutik Maxi Yamaha. Pasalnya hanya skutik ini yang mengandalkan mesin paling kecil, yakni 125 cc saja.
Tapi meski begitu performa yang ditawarkan terhitung memuaskan, hal ini didukung teknologi mesin yang sama dengan skutik-skutik Maxi Yamaha di atasnya, yakni teknologi katup VVA (Variable Valve Actuation).
Dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada akhir tahun lalu merilis warna baru yakni prestige silver. Warna ini pun menjadi hero color baru untuk Yamaha Lexi 2021.
Baca juga : Semakin Mewah, Yamaha Lexi S 2020 Version dalam Balutan Warna Prestige Silver
Apalagi setelah selebgram Anya Geraldine tertangkap terlihat belajar mengendarai motor dengan skutik ini. Anya pun didaulat menjadi bintang iklan dari Yamaha Lexi.
Kami pun menelisik skutik ini dan merangkum sejumlah daya tarik yang bisa menjadi keunggulan dari Yamaha Lexi ini. Kira-kira apa sih yang bikin Anya Geraldine suka sama skutik ini?
Dibandingkan skutik Maxi Yamaha lainnya, Yamaha Lexi 2021 ini memang terlihat agak berbeda. Bentuknya stylish dan elegan, dengan bodi yang agak lebih besar dari skutik entry level Yamaha.
Pada bagian depan disematkan lampu LED ganda, dengan aksen biru transparan yang memberi kesan mewah. Garis bodi depan layaknya boomerang memberikan kesan dinamis.
Baca juga : Simak Detail Yamaha Lexi 2021, Skutik Maxi Series Terjangkau Dengan Fitur Berlimpah
Begitu pula lekuk dari cover mesin di tengah hingga bodi belakang yang terlihat melengkung manis. Garisnya dinamis dan enak dilihat. Bagian bodi belakang ini sedikit nampak tebal karena ada bagasi yang cukup besar.
Yang paling unik tentu saja area dek yang dibuat rata, dek keluarga Maxi Yamaha lainnya terpisah karena menempatkan tangki bahan bakar di tengah. Karena dek rata, pastinya memberi keleluasaan untuk membawa barang.
Baca juga : Yamaha Lexi 2021 Dibanderol Mulai Rp 21 Jutaan, Skutik 125 cc Paling Unggul?
Bahkan pada sesi peluncuran yang dilakukan tahun 2018 lalu, Minoru Morimoto, President Director YIMM mempraktikkan jika dek skutik ini bisa untuk membawa galon dengan leluasa. Valentino Rossi dan Maverick Vinales pun ikut menyaksikannya.
Apa yang Anda inginkan dari skutik ini? Panel meter berukuran besar dimilikinya. Fitur Stop Start System tersedia untuk Lexi S dan Lexi S-ABS. Jangan lupakan juga fitur Brake Lock yang memudahkan saat motor berhenti.
Lalu juga terdapat Smart Key System untuk dua varian teratas, sehingga motor akan lebih aman dari pencuri. Asyiknya remote kunci kontak juga terintegrasi dengan Answer Back System loh.
Masih kurang? Tersedia pula power outlet untuk mengisi ulang baterai gawai, lampu hazard yang sudah jadi standar skutik Yamaha terbaru serta suspensi belakang dengan tabung alias sub-tank suspension.
Lengkap bukan?
Baca juga : Daftar Skutik Pengguna Rem ABS dari Honda PCX Sampai Vespa Sprint, Siapa Paling Ideal?
Dibekali mesin 125 cc, Yamaha Lexi tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi kalau bukan teknologi yang diusung, sama dengan Yamaha Aerox 155, yakni adanya katup VVA dan juga teknologi Smart Motor Generator (SMG).
Kubikasi mesin murni skutik ini 124,7 cc dengan piston 52 mm dan langkah piston 58,7 mm. Rasio kompresinya pun cukup tinggi, 11,2 : 1 loh. Karakter mesinnya halus dan stabil berkat teknologi VVA tadi.
Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 11,8 PS pada putaran 8.000 rpm. Lantas untuk torsinya berada diangka 11,3 Nm saat putaran mesin menyentuh 7.000 rpm.
Baca juga : Pilihan Skutik Rp 20 Juta Sampai Rp 25 Juta Untuk Wanita, Ada Honda Scoopy 2021 Sampai Yamaha Freego 2021
Yamaha Lexi 2021 ditawarkan dengan tiga varian, yakni Standard yang dilepas Rp 21,71 juta. Kemudian ada Lexi S yang dijual Rp 24,7 juta dengan tambahan fitur SSS dan Smart Key System.
Teratas adalah Yamaha Lexi S-ABS dan sesuai namanya, pastinya varian ini telah tersemat teknologi rem Anti-lock Braking System (ABS). Varian termahal ini dijual Rp 27,31 juta. Semua harga tertulis on the road Jakarta.
Baca juga : Yakin Kepingin Yamaha Lexi Baru? Unit Bekasnya mulai Rp15 Jutaan, loh!
Berbicara siapa kompetitor dari Yamaha Lexi 2021, tentu tak bisa lepas dari sosok Honda Vario 125. Dengan kubikasi mesin yang mirip, juga sama-sama dari brand asal Jepang, jelas keduanya kompetitor sepadan.
Namun bentuk turunan Maxi Yamaha membuat Yamaha Lexi terlihat unik dengan desainnya yang elegan dan dimensi agak besar. Jadi tak heran deh kalau Anya Geraldine sampai menyukai skutik ini.
Spesifikasi Yamaha Lexi 2021 | ||
---|---|---|
Mesin | ||
Tipe Mesin | Liquid Cooled 4-stroke, SOHC | |
Jumlah Silinder | Single Cylinder | |
Diameter x Langkah | 52 x 58.7 mm | |
Perbandingan Kompresi | 11.2±0.4 | |
Volume Silinder | 124.7 cc | |
Daya Maksimum | 11,8 PS / 8000 rpm | |
Torsi Maksimum | 11.3 Nm / 7000 rpm | |
Sistem Starter | Electric starter | |
Sistem Pelumasan | Wet Sump | |
Kapasitas Oli Mesin | Total = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L | |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection | |
Tipe Kopling | Dry, Centrifugal Automatic | |
Tipe Transmisi | V-belt automatic | |
Dimensi | ||
P X L X T | 1970 mm x 720 mm x 1135 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1350 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 133 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm | |
Berat Isi | 114 kg | |
Kapasitas Tanki Bensin | 4,2 L | |
Rangka | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Telescopic Fork | |
Suspensi Belakang | Unit Swing | |
Tipe Ban | Tubeless | |
Ban Depan | 90/90-14M/C 46P | |
Ban Belakang | 100/90-14M/C 57P | |
Rem Depan | Disc (ABS) | |
Rem Belakang | Drum | |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | TCI | |
Tipe Battery | YTZ7V | |
Tipe Busi | CPR8EA-9 / U24EPR-9 |