Pabrikan Motor Harley-Davidson (H-D) akhirnya mengenalkan generasi terbaru dari model Sportster yakni Harley-Davidson Sportster S 2022. Motor bermesin besar ini dibekali banyak teknologi baru yang jauh lebih modern.
H-D Sportster merupakan salah satu model entry level yang telah diproduksi sejak tahun 1957. Image motor ini adalah motor bergaya Amerika, mudah dimodifikasi dan harganya yang relatif terjangkau.
Di Amerika sana, harga H-D Sportster S ini dilepas dengan nominal 14,999 dollar saja atau berkisar Rp 217,8 jutaan. Harga yang sangat menarik mengingat beragam pembaruan yang disematkan padanya.
Baca juga : Motor Listrik Garapan Harley-Davidson, LiveWire ONE Dibanderol Rp300 Jutaan
Penampilannya pun berubah total, taklagi terlihat kolot (tua) disebut mirip dengan versi konsep yang dipamerkan tiga tahun lalu. Setiap lekukan bodi, posisi knalpot yang tinggi, skid plate ukuran besar hingga garis tangki sampai jok dibuat sama.
"Kami ingin memberikan elemen ikonik dari Sportster sebelumnya. Buritan dari XR-750, ban depan gemuk ini ciri khas Sportster Forty-Eight," jelas Brad Richards, VP of Design HD.
Dituliskan Jalopnik, Sportster S merupakan H-D yang benar-benar baru, tampilan modern dan keren, serta menjadi model Sportster yang disematkan mesin generasi terbaru pabrikan Amerika Serikat tersebut.
Baca juga : Dijual Mulai Rp 400 Jutaan, Harley-Davidson Model 2021 Resmi Masuk Indonesia
Ya motor ini menggendong jantung pacu V-twin Revolution Max 1250T yang sebelumnya telah digunakan untuk H-D Pan America 1250 2021. Namun dibuat dengan beberapa penyesuaian untuk motor ini.
Seperti penggunaan katup yang lebih kecil, bentuk ruang pembakaran berbeda dan rasio kompresi lebih rendah, menyesuaikan peruntukan dan membuat mesin tersebut jadi lebih jinak namun tetap memiliki torsi besar.
Pada Sportster S, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 122,7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi hingga 127 Nm di 6.000 rpm. O iya, pendinginan mesin sudah mengandalkan cairan yang akan membuat suhu mesin lebih terjaga.
Image H-D sebagai motor berat perlahan-lahan mulai diperbaiki. Pada Sportster S ini, bobotnya lebih ringan hingga 30 kg dari model sebelumnya. Pasalnya motor cruiser ini tak lagi menerapkan sasis utuh.
Mesin V-twin tadi menjadi titik tumpu motor seluruhnya. Lengan ayun terpasang langsung pada bagian belakang mesin, dan sebuah sasis juga memegang mesin bagian atas.
Efeknya selain mudah dikendarai, motor juga menjadi lebih rigid. Namun banyak yang mempertanyakan fleksibilitas untuk dimodifikasinya, karena pasti tak akan semudah generasi Sportster sebelumnya.
H-D kini semakin modern, namun tanpa meninggalkan kesan klasik. Panel meter bulat nyatanya sudah menggunakan layar TFT 4" yang bisa menampilkan putaran mesin, kecepatan, hingga navigasi turn by turn yang artinya ada fitur konektivitas pada motor ini.
Baca juga : QJ Motor SRV300, Inikah Sosok Harley-Davidson Bermesin Kecil Itu?
Disiapkan untuk pemula yang ingin mengendarai H-D, motor ini dibekali tigabuah Riding Mode: Road, Sport dan Rain. Tak ketinggalan dua buah Riding Modes yang bisa dicustom sesuai kebutuhan.
Layaknya sebuah motor supersport, H-D Sportster S 2022 juga ikut disematkan teknologi yang dinamakan Reflex Defensuve Rider System (RDRS) yang terdiri dari Cornering ABS, Cornering Traction Control, Engine Braking Control dan Power Delivery.
Sebagai model entry level dari model H-D lainnya, Sportster S 2022 menjelma menjadi sebuah motor cruiser modern. Kesan H-D yang kolot dan nampak sebagai motor untuk orang tua perlahan-lahan menghilang.
Baca juga : Berpenampilan Mirip Harley-Davidson, Harga Keeway V250Fi 2020 Mulai Dari Rp 56,6 Juta
Tentunya pihak pabrikan tak mau sembrono dalam merancang generasi terbarunya ini. Terlebih model Sporster merupakan salah satu tulang punggung penjualan dari pabrikan tersebut.
Dan karena ini merupakan model terlaris, besar kemungkinan akan hadir di Indonesia. Namun yang pasti, jangan harap harganya akan bisa semurah seperti di negara asalnya ya.