Euforia mesin baru Honda eSP+ 160 cc, masih tertuju kepada Honda PCX 160. Namun, bukan berarti bakal eksklusif menjadi miliknya seorang. Terlebih lagi kebiasaan pabrikan seperti Honda. Jantung mekanis tersebut, pastilah bakal diturunkan kepada skutik Honda lain.
Sebut saja Honda Vario 150. Potensi pengaplikasiannya sangat logis. Toh, usai bertransformasi menjadi Honda Vario 160 2022, sang model dapat memukul Yamaha Aerox 155.
Baca juga: Menerka Performa Honda Vario 160, PWR Yamaha Aerox 155 masih Terbaik?
Kita tahu, saat ini Honda Vario 150 dibekali mesin SOHC dengan rancangan bore x stroke: 57,3 x 57,9 mm dan rasio kompresi 10,6:1. Dari dapur pacu itu, dirinya memiliki kemampuan 13,1 PS @8.500 rpm dan 13,4 Nm @5.000 rpm. Namun, modal itu belumlah cukup untuk meladeni performa Yamaha Aerox 155.
Lantaran menggunakan basis mesin serupa Honda PCX 160, probabilitas racikan mesin 160 cc milik Honda Vario baru pun bakal mengusung bore x stroke: 60 x 55,5 mm. Begitu pula dengan penyetelan rasio kompresi yang tinggi yakni 12:1. Maka, besar kemungkinan pula performa yang dihasilkan Honda Vario 160 2022 mencapai 16,2 PS @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm.
Baca juga: Rumor Motor Baru Terpopuler hingga Pertengahan Tahun, Honda Vario 160 Meluncur Duluan?
Jika demikian adanya, Yamaha Aerox 155 jelas kalah soal ouput. Skutik Yamaha dengan mesin 155 cc berteknologi variable valve actuation (VVA), tercatat sanggup melontar tenaga 15,3 PS @8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm @6.500 rpm. Dari perbandingan tersebut ada selisih masing-masing 0,9 PS dan 0,8 Nm.
Tak sekadar performa. Torehan dari Honda Vario 160 2022 rasanya pun bakal berpegnaruh besar terhadap power to weight ratio (PWR). Namun, mampukah mengalahkan catatan Yamaha Aerox 155 selaku pemegang PWR terbaik?
Baca juga: Sudah Terdaftar, Honda ADV350 2022 segera Mengaspal di Eropa
Berdasarkan persepsi kami, PWR sendiri didapat dari pembagian antara bobot total dan tenaga maksimal (Kg/PS). Sebagai contoh, kami coba mengkalkulasi varian Yamaha Aerox 155 Connected non-ABS yang memiliki berat 122 kg. Setelah dihitung (122 kg/15,3 PS), muncul angka 7,97 Kg/PS. Artinya, setiap keluaran 1 PS, Yamaha Aerox tipe ini menarik beban seberat 7,97 kg.
Catatan yang positif. Namun, perlu diingat pula bahwa berat Honda Vario 150 saja sudah enteng (112 kg). Anggap saja setelah penambahan kubikasi dan lain-lain, timbangan Honda Vario 160 2022 jadi 114 kg.
Kalaupun dihitung berdasarkan perumusan di atas (114 kg/16,2 PS), maka Honda Vario 160 2022 punya catatan 7,03 Kg/PS. Berarti, setiap 1 PS yang dihasilkan mesin Honda Vario 160 2022, membawa beban 7,03 kg saja.
Baca juga: Turun Lumayan Banyak, Honda Vario 150 Bekas Dipatok Rp17 Jutaan
Terlihat jelas ada selisih 0,93 kg di mana ia lebih ringan dari Aerox 155. Jika demikian spesifikasinya, maka Honda Vario 160 mampu mengalahkan si pemilik PWR terbaik saat ini (Yamaha Aerox 155).
Pertanyaannya, akankah pihak Honda membekali Honda Vario 160 2022 ini dengan fitur tambahan semacam pengereman ABS (Antilock Braking System)? Dan, paling penting adalah kapan PT Astra Honda Motor (AHM) merealisasikannya.
Rumor terakhir yang beredar menyebut, peluncuran Honda Vario 160 2022 bakal dilangsungkan paling tidak akhir tahun ini atau awal 2022 mendatang. Kita tunggu saja kelanjutan sepak terjang Honda Vario bersama mesin barunya!