Bicara pamor maxi skutik seakan tidak ada habisnya. Apalagi kalau menyangkut model Yamaha Nmax atau Honda PCX, seperti perdebatan tiada ujung karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya oleh pecintanya.
Tapi apa jadinya jika Yamaha Nmax kedatangan lawan baru? Misalnya Honda Forza 150, versi mesin yang lebih kecil namun dibalut bodi yang lebih futuristik nan bernuansa robotik dengan lekukan garis tegas ala Honda Forza.
Baca Juga: Honda BeAT dan Skutik Lain kian Meraja, Sudah tahu Kekurangannya?
Meskipun secara global, khususnya beberapa negara di Eropa ada yang menjual Honda Forza 125 atau Yamaha Xmax 125 yang mengisi segmen serupa, tetap saja kelas 150 cc merupakan paling seksi di Indonesia.
Supaya jadi gambaran bagaimana bentuknya, seorang ahli desainer rekayasa digital mencoba merealisasikannya. Sendie, pemilik akun Instagram Julak Sendie Design mendesain Honda Forza 150 yang dibangun dari basis Forza 250. Makanya secara garis besar hampir sebelas dua belas. Ingat sekali lagi, ini merupakan olah digital ya.
Namun Sendie mengubah beberapa detail agar dimensinya menyesuaikan postur orang Indonesia dan harganya tetap terjangkau. Misalnya dari depan pakai tabeng yang berbeda lebih minimalis. Komponen windshield juga lebih sederhana seperti kepunyaan Honda PCX. Bukan model otomatis seperti milik Honda Forza 250 yang bikin harganya tinggi.
"Beberapa ubahan lainnya velg yang digunakan dari Honda Vario 150 terbaru, lengkap dengan sistem pengereman disc brake dengan dimensi yang lebih kecil, serta kaliper rem bawaan Vario. Begitu juga dengan jok yang dibuat lebih sederhana, berbeda dengan jok asli Honda Forza 125 yang memiliki bentuk bertingkat," ungkapnya.
Baca Juga: Punya Bentuk Unik, Ini Daya Tarik Honda CS1 Yang Dijuluki Domba Garut
Peredam kejut area belakang pakai per yang berbeda dari model kebanyakan Honda. Sendie meramunya pakai shock berkelir merah untuk menyesuaikan warna bodinya yang punya 3 kombinasi warna putih, abu-abu, dan merah.
Dan ini yang paling menarik. Sektor dapur pacunya juga menggunakan layout mesin Honda Vario 150. Mulai dari boks filter udara, CVT, maupun bagian lengan ayung untuk menambatkan sistem penggerak semuanya sama.
Di atas kertas mesin tersebut menjanjikan tenaga 13 ps pada 8.500 rpm serta torsi puncak 13,4 Nm yang dicapai pada 5.000 rpm. Belum pakai teknologi eSP+, karena bisa berubah nomenklaturnya menjadi Forza 160. Tapi ngomong-ngomong tampak juga lengan tangkai rem tromol pada roda belakangnya.
Panjang sumbu rodanya bukan yang seperti Forza 250. Biar menyesuaikan kemampuan mesin, tampak wheelbase Forza 150 garapan Sendie lebih pendek. Lagi-lagi hampir mirip Vario kelihatannya.
Sayangnya sebatas desain bodi, Sendie tak sampai merinci fitur apa saja yang disematkan pada Honda Forza 150 tersebut. Tapi apabila boleh berandai-andai benar direalisasikan bisa bikin Yamaha Nmax kalah saing nggak ya? Atau malah serang balik lewat Yamaha Xmax 150 juga?
Baca Juga: Belajar dari Insiden Marquez di MotoGP Inggris, Begini Teknik Jatuh yang Aman