Anda yang tengah mengincar skutik bongsor berkapasitas 250 cc, tentu dihadapkan dengan beberapa pilihan. Akan tetapi, Yamaha XMax lah yang menurut kami menjadi opsi paling masuk akal.
Pemikiran tersebut terang saja merujuk kepada banderol. Bandingkan saja dengan Honda Forza 250 2021 yang saat ini dijual Rp84,645 juta. Sementara harga Yamaha XMax 2021 hanyalah Rp62 juta saja. Keterpautan tersebut terjadi lantaran sang skutik, diproduksi mandiri oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Berbeda dengan Forza 250 yang berstatus CBU Thailand.
Baca juga: Simak Keunggulan Yamaha Xmax 2021, Skutik 250 Bongsor Berlimpah Fitur Dengan Harga Paling Terjangkau
Meski murah, bukan berarti Yamaha XMax kalah gengsi dengan sang rival. Toh, perawakan khas dari sebuah petarung jarak jauh alias touring, dituangkan secara optimal oleh skutik 250 cc Yamaha ini. Tengok saja ketersediaan windshield dengan ketinggian moderat untuk menghalau terpaan angin.
Bukan cuma itu. Tampang agresif pun diterjemahkan lewat penyajian fasad nan meruncing. Lalu suguhan muka yang sangar, dengan finalisasi lampu ganda berisikan LED. Pemilihan jenis penerangan demikian lantas teraplikasi pula pada lampu belakang. Sayang, ada sedikit kekurangan dengan lampu sein Yamaha XMax lantaran berupa bohlam.
Baca juga: Modal Rp 60 Jutaan, Pilih Yamaha Xmax 250 2021 Atau Honda Forza 250 Bekas?
Namun, hal minor tersebut tereliminasi dengan posisi berkendara yang nyaman. Setang lumayan tinggi, pijakan kaki fleksibel hingga desain jok lebar darinya, membuat pengendaraan jarak jauh terasa menyenangkan. Bukan cuma buat seorang diri. Toh, kenyamanan dari pun didapat lewat komposisi jok dan foot step peruntukkan penumpang.
Kendati begitu, Anda harus mengetahui betul karakter dari Yamaha XMax ini. Untuk Anda yang sebelumnya menggunakan Yamaha NMax, pasti agak canggung manakala mengendarainya pertama kali. Maklum dimensi 2.185 x 775 x 1.465 mm (P x L x T) miliknya ini memang terpaut jauh dengan sang adik. Begitu pula mengenai berat tubuh yang terhitung 179 kg.
Baca juga: Harga Yamaha XMax Bekas Menggila, Ada yang Berani Jual Rp30 Jutaan loh!
Impresi mengendarai Yamaha XMax semakin berbeda, berkat mesin SOHC 4 katup pendingin cairan yang digendong. Jantung mekanis berkapasitas 250 cc tersebut mampu mencatatkan perolehan daya 22,8 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 24,3 Nm pada 5.500 rpm. Output mesin tadi dipadu dengan sistem transmisi CVT untuk menyalurkan output ke roda belakang.
Catatan itu plus-minus jika dibandingkan dengan bekalan Honda Forza 250 2021. Seperti kita ketahui, Honda Forza 250 yang mampu menggapai 23,5 PS @7.500 rpm dan 24 Nm pada 6.250 rpm. Ada selisih di mana Yamaha XMax kalah sedikit pada tenaga (0,7 PS), namun unggul tipis perihal capaian torsi (0,3 Nm).
Baca juga: Yamaha XMax Terbaru Punya Konektivitas dan Suspensi Tabung seperti Yamaha NMax?
Performa dari Yamaha XMax tersebut kemudian disandingkan dengan fitur pendukung keselamatan berupa sistem pengereman ABS (Antilock Braking System) dua kanal dan kontrol traksi otomatis. Lantas mengenai dukungan lain meliputi bagasi besar dengan kemampuan menyimpan dua buah helm full face, tangki bensin berkapasitas 13 liter, sistem kunci smart key system, power outlet hingga lampu hazard.
Memang, modal darinya itu tak sebanyak Honda Forza 250 2021. Namun, tidak bisa jua dibilang minim. Toh, penawaran Yamaha XMax sudah sesuai dengan kebutuhan pengendara. Termasuk pula soal harga yang lebih ramah di kantong. Jika pun berminat meminangnya, Yamaha XMx 2021 ditawarkan dalam empat pilihan warna. Mulai dari Matte Grey, Matte Red, Matte Black hingga Matte Blue.
Spesifikasi Yamaha XMax 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.185 x 775 x 1.465 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Berat Isi | 179 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, Blue Core | |
Kapasitas | 250 cc | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Starter | Elektrik | |
Tenaga Maksimal | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |