KTM 250 Adventure 2022 diyakini menjadi lawan berat bagi Honda CRF 250 Rally. Menariknya, motor tualang yang diniagakan PT Penta Jaya Laju Motor ini bakal dijual lebih murah. Namun, apakah dirinya sanggup melawan produk buatan Honda tersebut?
Pertanyaan ini tentu saja berkaitan dengan performa yang ditawarkan. Berkaca kepada data teknis, KTM 250 Adventure mengandalkan mesin satu silinder 4-tak. Mesin berkapasitas 248,8 cc tersebut kemudian dirancang dengan bore x stroke: 72 x 61,1 mm. Alhasil, terlontarlah daya sebesar 29,9 PS dan torsi maksimal 24 Nm.
Baca juga: Torsinya Galak, KTM 250 Adventure Cocok Lawan Honda CRF250 Rally dan Kawasaki X-Versys
Faktanya, pencapaian motor KTM ini lebih baik dari Honda CRF250 Rally. Untuk jenis mesinnya sendiri sama-sama satu silinder. Walaupun, mesin kepunyaan CRF250 Rally ini sedikit lebih besar yaitu 249,6 cc. Akan tetapi, output dari dapur pacunya tersebut hanyalah 25,6 PS @8.500 rpm dan 23,1 Nm @6.500 rpm.
Idealnya sebuah motor adventure, kaki-kaki KTM 250 Adventure 2022 juga dibuat jenjang. Usungan fork upside down (USD) 43 mm dan monoshock (depan-belakang) ala WP Suspension, berdampak terhadap penyetelan jok setinggi 855 mm dan ground clearance 200 mm.
Jika dilihat komposisi tempat duduk dan jarak kolong tersebut tidak setinggi Honda CRF250 Rally. Di atas kertas, motor Honda ini memadukan keduanya pada angka 885 mm dan 275 mm. Secara logika, KTM 250 Adventure 2022 bersahabat lantaran lebih rendah.
Namun, keamanan utamanya mesin juga dioptimalkannya melalui sematan skid plate. Hanya saja, KTM 250 Adventure punya bobot lebih berat. Total timbangannya mencapai 156 kg, sementara Honda CRF250 Rally berada di 152 kg.
Pengendaraan bersahabat dari KTM 250 Adventure 2022 juga berkaitan dengan 'sepatu' yang digunakan. Bagian kaki-kaki dari motor ini menggunakan ban ukuran 100/90-19 pada bagian depan dan 130/80-17 di roda belakang.
Pada sektor pengereman, kaliper radial empat piston dan cakram berdimater 320 mm bersarang di roda depan. Sedang di belakang, terdapat rem kaliper piston tunggal dan disc brake 230 mm. Penghenti laju utama KTM 250 Adventure jua dioptimalkan dengan ketersediaan sensor ABS (Antilock Braking System).
Sementara itu, Honda CRF250 Rally justru memakai ban lebih besar yaitu 80/100-21 dan 120/80-18 (depan-belakang). Soal deselerasi, motor ini mengandalkan rem kaliper dua piston dengan cakram 296 mm di depan dan kaliper satu piston beserta cakram 220 mm pada roda belakang. Tidak seperti sang rival, sistem pengereman CRF250 Rally belum dibekali ABS.
Dengan performa mesin dan fitur yang ditawarkan, KTM 250 Adventure rupanya bakal dijual lebih murah dari Honda CRF250 Rally. Meski belum resmi dirilis, KTM 250 Adventure diyakini akan dijual dengan harga Rp77 juta saja.
Nominal tersebut terpaut cukup banyak dibanding harga Honda CRF250 Rally yang dipatok Rp88,345 juta. Selisik punya selisik, ternyata KTM 250 Adventure 2022 ini merupakan rakitan pabrik KTM di Gresik, Jawa Timur. Tentu saja bukan yang pertama karena sebelumnya KTM 390 Adventure pun mendapatkan perlakuan demikian. Pun demikian nantinya pada KTM Duke 200 2022.
Baca juga: Banyak Dilirik Buat Touring, Ini Untung-Rugi Beli KTM 390 Adventure 2021
Selisih sekitar Rp11 juta itu tentu saja menggoda. Terlebih dengan penawaran sebagaimana disebutkan di atas. Anda yang berminat membeli KTM 250 Adventure bahkan sudah dapat memberikan uang tanda jadi, sembari menunggu unitnya tersedia. "Booking fee KTM 250 Adventure Rp2,5 juta dan untuk yang pesan sekarang dapatnya September 2021," ungkap Jose Rizal, Marketing KTM Antasari, Jakarta Selatan.
Jose mengklaim pemesanan terhadap KTM 250 Adventure sudah banyak. Katanya, motor ini cukup dinantikan oleh konsumen. "Karena sebagai alternatif untuk motor adventure 250 cc. Dimensi dan wujudnya juga serupa KTM 390 Adventure," pungkasnya.
Spesifikasi KTM 250 Adventure 2022 | |||
---|---|---|---|
Tinggi jok | 855 mm | ||
Ground Clearance | 200 mm | ||
Kapasitas bahan bakar | 14,5 liter | ||
Berat | 156 kg | ||
Tipe | Single Cylinder 4 stroke | ||
Pemindahan | 248,8 cc | ||
Bore x stroke | 72 x 61,1 mm | ||
Tenaga maksimal | 29,9 PS | ||
Torsi maksimum | 24 Nm | ||
Sistem bahan bakar | Injection | ||
Sistem pendingin | Liquid Cooling System | ||
Transmisi | 6-speed | ||
Kopling | Assist and Slipper Clutch | ||
Rangka | Steel trellis frame, powder coated | ||
Suspensi depan | USD 43 mm WP Suspension | ||
Suspensi belakang | Monoshock WP Suspension | ||
Roda depan | 100/90-R19 | ||
Roda belakang | 130/80-R17 | ||
Rem depan | 320 mm Single Disc, ABS | ||
Rem belakang | 230 mm Single Disc, ABS |
Spesifikasi Honda CRF250 Rally 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 2.230 x 920 x 1.415 | ||
Sumbu Roda | 1.455 | ||
Jarak Terendah | 275 mm | ||
Tinggi Jok | 885 mm | ||
Berat Isi | 152 kg | ||
Kapasitas Tangki | 12,8 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, injeksi | ||
Jumlah Piston | Tunggal | ||
Kapasitas | 249,6 mm | ||
Diameter x Langkah | 76 x 55 mm | ||
Rasio kompresi | 10,7 : 1 | ||
Tipe Pendingin | Cairan | ||
Tenaga Maksimal | 25,69 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 23,1 Nm @ 6.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Semi-double cradle | ||
Suspensi Depan | Upside down | ||
Suspensi Belakang | Monosok | ||
Rem Depan | Cakram 296 mm, floating | ||
Rem Belakang | Cakram 220 mm | ||
Ban Depan | 80/100-21 | ||
Ban Belakang | 120/80-18 |