Suzuki merilis produk skutik baru pada Jumat (10/9/2021) kemarin untuk pasar Thailand. Skutik tersebut adalah Suzuki Burgman 400 2021, yang menjadi lawan dari Yamaha Xmax dan Honda Forza.
Dikutip dari Autofun Thailand, skutik ini awalnya rilis lebih dulu di pasar Eropa, serta telah mendapatkan beragam perubahan yang membuatnya lebih nyaman dan berkesan premium. Seperti apa sosok skutik yang dijual 239 ribu bath (Rp 104,2 jutaan) ini?
Baca juga : Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda
Secara bentuk dan penampilannya, tak banyak perubahan yang dilakukan. Suzuki lebih fokus pada upgrade performa mesinnya, salah satunya agar lolos emisi Euro 5.
Kinerja mesinnya diperbaiki terutama pada torsi bawah sampai menengah. Timing pengapian diperbaiki serta durasi noken as diubah untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar lebih baik.
Hasilnya adalah mesin yang lebih stabil, performa meningkat namun tetap memiliki efisiensi bahan bakar tinggi. O iya, spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar.
Baca juga : Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax!
Dengan kapasitas mesin besar dan harga yang terhitung tinggi, Suzuki menyematkan beragam teknologi elektronik canggih pada sosok skutik gambotnya itu. Kontrol traksi sudah jadi standar untuk Burgman 400.
Lalu starter khas yakni Easy Start System yang akan membuat dinamo starter terus aktif sampai mesin hidup. Rem ABS generasi baru yang diklaim lebih ringan 36 gram dari generasi sebelumnya.
Dan tak ketinggalan panel meter digital dan analog model baru. Ukurannya besar, dijamin pengendara akan mudah membaca beragam informasi yang ditampilkan.
Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main
Inilah yang jadi pembeda bila disandingkan dengan 2 kompetitornya tadi, kalian tak akan lihat adanya suspensi belakang ganda. Ini karena Suzuki Burgman 400 andalkan monosok yang posisinya terletak di bawah motor.
Suspensi tadi terhubung dengan link untuk bisa meredam guncangan jalan serta memiliki 7 setelan preload. Sedangkan suspensi depan teleskopik, namun memiliki jarak main 110 mm.
Untuk pengereman, untuk meredam laju motor dikawal dengan rem depan cakram ganda 260 mm. Untuk roda belakang cakram tunggal 210 mm dengan rem ABS pada kedua rodanya.
Apakah kelak Suzuki Indonesia akan memboyongnya ke Indonesia? Kami rasa 50:50, peluangnya tetap ada, terlebih dulu pernah menjual Suzuki Burgman 200. Tak hanya itu, kompetitornya pun eksis juga di Indonesia.
Baca juga : Mewahnya Tampilan Suzuki Address SE 2022, Lebih Menggoda Dari Honda BeAT?
Tapi... Tentu kapasitas mesin tak akan 400 cc ya, pastinya akan dipangkas menjadi 250 cc seperti kompetitornya. Tak masalah, hal itu tentu dilakukan untuk menekan harga jualnya agar kompetitif, direntang Rp 60-80 jutaan seperti kompetitornya.
Semoga beneran ada Suzuki Burgman 250 di Indonesia ya.