Beberapa hari terakhir ini dunia sepeda motor Indonesia diramaikan kehadiran Yamaha R15 Version 4 (V4) dan R15M di India. Maklum saja, motor ini digadang-gadang juga akan segera mengaspal di Tanah Air, karena model sebelumnya masih dijual sampai saat ini.
Terlebih tampilannya dibuat mirip Yamaha R7, motor supersport terbaru Yamaha yang dirilis belum lama ini. Kesan mogenya pun jadi lebih kuat, apalagi dipadu suspensi depan upside down kelir emas yang mencolok.
Selain dari tampilan, banyak pula yang kagum akan kehadiran fitur-fitur barunya pada sosok motor sport 155 cc tersebut. Misalnya Traction Contrl System (TCS), Side Stand Switch, Quick Shifter hingga rem ABS dual channel.
Baca juga : Yamaha R15M 2022 Serasa Moge, Fitur Lebih Canggih Dari R15 V4, Ini Beda Keduanya
Tapi bicara fitur nih, setidaknya akan ada 2 fitur yang dihilangkan jika motor ini kelak dipasarkan di Indonesia. Soalnya kedua fitur tadi dianggap tidak pas untuk pasar Indonesia dan terlalu berlebihan.
Fitur apa sih yang dimaksud?
Biasanya terpasang pada motor sport di India sana, sari guard ini berupa besi pelindung agar kain sari yang kerap dipakai wanita India, tak tersangkut roda, rantai dan gir belakang motor, yang justru membahayakan.
Pakaian sari sendiri berupa terusan kain panjang yang menjuntai pada bagian bawahnya. Kala pembonceng wanita menggunakan pakaian ini, jelas sangat rawan ada bagian yang tersangkut dan bisa menyebabkan pembonceng terluka.
Baca juga : Bocor Sebelum Meluncur, Fitur Yamaha R15 V4 2022 Bikin Honda CBR150R 2022 Minder!
Sari guard sendiri dipasangkan pada lengan ayun sisi kiri motor dan menjadi standar untuk semua motor sport yang dijual di India. Ya walau motor itu berjenis sport fairing dengan buritan tinggi dan kecil kemungkinan membonceng wanita berpakaian kain sari ya.
Dan pastinya kalau fitur ini ikut dipasang untuk konsumen Indonesia sih, gak cocok banget! Yang ada malah menambah biaya produksi dan harga jual motor jadi tinggi.
Baca juga : Wih, Yamaha R15 dan Yamaha MT-15 bakal Punya Konektivitas Gawai seperti NMax dan Aerox!
Nah ini termasuk unik sebenarnya, karena jalanan India yang dikenal padat dan banyak yang menerobos perempatan, serta penyeberang jalan yang melintas disembarang tempat, suara klakson yang bersahut-sahutan jadi hal yang lumrah di jalanan India.
Baca juga : Bocor Tampang Yamaha R15 V4 Tanpa Kamuflase, Mirip R7 dan Punya Koneksi Bluetooth!
Dan yang unik karena ternyata Yamaha India langsung memberikan Yamaha R15 V4 dan Yamaha R15M ini dengan klakson ganda. Klaksonnya model standar, bukan klakson keong, yang merupakan jenis klakson dual tone.
Posisi klakson ini terletak di segitiga bawah motor, dan juga menempel dengan rangka bagian depan. Malah pihak Yamaha India menampilkan klakson ganda ini sebagai salah satu fitur yang dijual pada situs resminya loh.
Dalam keterangan fiturnya, dituliskan klakson yang bagus akan membuat perbedaan agar lebih terlihat dan diketahui pengendara atau orang lain pada kota yang padat. Mari buat kota mendengar ketika Anda sedang melintas.
Baca juga : Harga lebih Murah, Seberapa Unggul Mesin Honda CBR150R Dibanding Yamaha R15?
Tentunya pabrikan di Indonesia cukup memodali dengan 1 buah klakson saja, dan rasanya suara klakson yang terdengar nyaring juga terlalu berlebihan. Standar saja asal bisa didengar pengendara dan orang lain rasanya sudah cukup.
Walau kedua fitur tadi hilang dari Yamaha R15 V4 2022 dan Yamaha R15M 2022 versi Indonesia rasanya tak ada masalah besar untuk konsumen. Toh masih banyak fitur baru yang jauh lebih menarik dari keduanya bukan?