Adu Performa CF Moto 250 SR 2022 VS Kawasaki Ninja RR Mono, Pemain Lama Masih Unggul!

Persaingan di segmen motor sport 250 cc satu silinder, diperkirakan kembali bergairah. Pasalnya, ada satu penantang yakni CF Moto 250 SR 2022 yang bakal meramaikan kompetisi di kelas tersebut. 

Sebagaimana ulasan kami sebelumnya, desain serta kecanggihan menjadi penawaran utama dari dagangan MForce Indonesia ini. Bisa dilihat sendiri, desain darinya lebih segar dan intimidatif untuk para lawan yang sudah eksis di Tanah Air. 

Performa Kawasaki Ninja RR Mono Lebih Baik

Pertanyaaannya, apakah godaan itu juga meliputi sektor performa? CF Moto 250 SR 2022 mengandalkan pasokan output dari mesin DOHC satu silinder 4-katup berkapasitas total 249,2 cc. 

Jantung mekanis itu dirancang overbore (bore x stroke: 72 x 61,2 mm) dan rasio kompresi 11,3:1. Di atas kertas tenaga yang dihasilkan mencapai 27,8 PS @9.750 rpm. Sementara untuk torsi puncak, tercatat 22 Nm pada putaran 7.500 rpm. 

Lantaran lebih enteng, performa Kawasaki Ninja RR Mono lebih unggul dari CF Moto 250 SR 2022.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250SL Tunggu Kedatangan Suzuki Gixxer SF 250, Siapa paling Tangguh?

Keseluruhan tenaga dan torsi darinya itu tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan. Dan, terdapat pula slipper clutch pada perangkat gearbox itu bertujuan meminimalisir gejala roda belakang terkunci akibat adanya efek engine brake dari downshift yang cepat. 

Menyoal slipper clutch yang ditawarkan CF Moto 250 SR 2022 itu, memang tidak dimiliki oleh Kawasaki Ninja RR Mono. Namun, performa produk PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) rupanya lebih unggul dari CF Moto 250 SR 2022. 

Di atas kertas, meski dengan racikan bore x stroke dan rasio kompresi serupa, motor dengan nama asli Kawasaki Ninja 250 SL 2021 mampu menghasilkan daya 28 PS @9.700 rpm. Sementara torsi puncak dibuatnya mencapai 22,6 Nm pada putaran 8.200 rpm. Yap terdapat keterpautan dari kedua pencapaian sebesar 0,3 PS dan 0,6 Nm. 

Desain CF Moto 250 SR 2022 cukup intimidatif bagi Kawasaki Ninja RR Mono.

Baca juga: Adu Performa Aprilia GPR250R 2021 vs Kawasaki Ninja 250SL, Siapa lebih Responsif?

Bobot CF Moto 250 SR 2022 Lebih Berat

Walaupun lebih canggih dalam perbekalan, hal itu justru membuat CF Moto 250 SR 2022 lebih berat. Menilik spesifikasi yang terpampang di situs CF Moto Global saja, bobot motor itu mencapai 165 kg. Sedangkan Kawasaki Ninja RR Mono hanya 151 kg saja. 

Satu lagi, timbangan CF Moto 250 SR 2022 yang lebih berat juga pastilah didapat lantaran sudah menggunakan sensor pengereman ABS (Antlock Braking System). Sementara Kawasaki Ninja RR Mono 2021 masih mengandalkan pengereman konvensional saja. 

Kesimpulan

Boleh jadi CF Moto 250 SR 2022 memukau lantaran memiliki fitur canggih buat motor sekelas 250 cc satu silinder. Selain itu, desainnya pun lebih segar ketimbang Kawasaki Ninja RR Mono 2021. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa pengaplikasian tersebut juga membuat bobotnya menjadi lebih berat. 

Timbangan darinya pun berdampak dalam hal performa. Meski tak kepalang signifikan, Kawasaki Ninja RR Mono lebih diuntungkan dengan bobot yang lebih ringan tadi. Pada akhirnya, tinggal tunggu saja berapa MForce Indonesia menatapkan harga jual CF Moto 250 SR 2022 ini nanti.  

Spesifikasi CF Moto 250 SR 2022
Tipe Mesin Single-cylinder, liquid-cooled, DOHC, 4 valves
Kapasitas Mesin 249.2cc
Diameter x Langkah

72.0 x 61.2 mm

Rasio Kompresi

11.3:1

Tenaga Maksimal

27,8 PS @9.750 rpm

Torsi Maksimal 22 Nm @7.500 rpm
Sistem Pengabutan bahan bakar Fuel Injection
Transmisi 6 percepatan
Dimensi 2.010×750×1.080mm
Jarak Poros Roda 1.360 mm
Tinggi Jok 780 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Suspensi Depan USD 37 mm
Suspensi Belakang

Mono suspension

Roda Depan 110/70 R17
Roda Belakang 140/60 R17
Rem Depan 292 mm disc (ABS)
Rem Belakang 220 mm disc (ABS)
Berat 165 kg
Kapasitas Bahan Bakar

12 liter

 

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 SL 2021
Tipe Mesin DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder
Kapasitas Mesin

249 cc

Diameter x Langkah

72.0 x 61.2 mm

Rasio Kompresi

11.3:1

Tenaga Maksimal

28 PS @9.700 rpm

Torsi Maksimal 22,6 Nm @8.200 rpm
Sistem Pengabutan bahan bakar Fuel Injection
Transmisi 6 percepatan
Dimensi 1.935 mm x 685 mm x 1.075 mm
Jarak Poros Roda 1.330 mm
Ketinggia Jok 780 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Suspensi Depan Teleskopik 37 mm
Suspensi Belakang

Single, Uni-Trak

Roda Depan 100/80-17 M/C 52S
Roda Belakang

130/70-17 M/C 62H

Rem Depan 290 mm disc
Rem Belakang 220 mm disc
Berat 151 kg
Kapasitas Bahan Bakar

11 liter

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250SL
Lihat