Persaingan di segmen motor sport 250 cc satu silinder, diperkirakan kembali bergairah. Pasalnya, ada satu penantang yakni CF Moto 250 SR 2022 yang bakal meramaikan kompetisi di kelas tersebut.
Sebagaimana ulasan kami sebelumnya, desain serta kecanggihan menjadi penawaran utama dari dagangan MForce Indonesia ini. Bisa dilihat sendiri, desain darinya lebih segar dan intimidatif untuk para lawan yang sudah eksis di Tanah Air.
Baca juga: Intip Spesifikasi CF Moto 250 SR 2022, Motor 250 cc Satu Silinder Paling Canggih di Indonesia!
Begitu pula pada sisi fitur di mana CF Moto 250 SR 2022 sudah dilengkapi mode berkendara dan konektivitas gawai. Di mana kita ketahui, fitur ini tak miliki rival semacam Kawasaki Ninja RR Mono 2021.
Pertanyaaannya, apakah godaan itu juga meliputi sektor performa? CF Moto 250 SR 2022 mengandalkan pasokan output dari mesin DOHC satu silinder 4-katup berkapasitas total 249,2 cc.
Jantung mekanis itu dirancang overbore (bore x stroke: 72 x 61,2 mm) dan rasio kompresi 11,3:1. Di atas kertas tenaga yang dihasilkan mencapai 27,8 PS @9.750 rpm. Sementara untuk torsi puncak, tercatat 22 Nm pada putaran 7.500 rpm.
Baca juga: Kawasaki Ninja 250SL Tunggu Kedatangan Suzuki Gixxer SF 250, Siapa paling Tangguh?
Keseluruhan tenaga dan torsi darinya itu tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan. Dan, terdapat pula slipper clutch pada perangkat gearbox itu bertujuan meminimalisir gejala roda belakang terkunci akibat adanya efek engine brake dari downshift yang cepat.
Menyoal slipper clutch yang ditawarkan CF Moto 250 SR 2022 itu, memang tidak dimiliki oleh Kawasaki Ninja RR Mono. Namun, performa produk PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) rupanya lebih unggul dari CF Moto 250 SR 2022.
Di atas kertas, meski dengan racikan bore x stroke dan rasio kompresi serupa, motor dengan nama asli Kawasaki Ninja 250 SL 2021 mampu menghasilkan daya 28 PS @9.700 rpm. Sementara torsi puncak dibuatnya mencapai 22,6 Nm pada putaran 8.200 rpm. Yap terdapat keterpautan dari kedua pencapaian sebesar 0,3 PS dan 0,6 Nm.
Baca juga: Adu Performa Aprilia GPR250R 2021 vs Kawasaki Ninja 250SL, Siapa lebih Responsif?
Walaupun lebih canggih dalam perbekalan, hal itu justru membuat CF Moto 250 SR 2022 lebih berat. Menilik spesifikasi yang terpampang di situs CF Moto Global saja, bobot motor itu mencapai 165 kg. Sedangkan Kawasaki Ninja RR Mono hanya 151 kg saja.
Satu lagi, timbangan CF Moto 250 SR 2022 yang lebih berat juga pastilah didapat lantaran sudah menggunakan sensor pengereman ABS (Antlock Braking System). Sementara Kawasaki Ninja RR Mono 2021 masih mengandalkan pengereman konvensional saja.
Boleh jadi CF Moto 250 SR 2022 memukau lantaran memiliki fitur canggih buat motor sekelas 250 cc satu silinder. Selain itu, desainnya pun lebih segar ketimbang Kawasaki Ninja RR Mono 2021. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa pengaplikasian tersebut juga membuat bobotnya menjadi lebih berat.
Timbangan darinya pun berdampak dalam hal performa. Meski tak kepalang signifikan, Kawasaki Ninja RR Mono lebih diuntungkan dengan bobot yang lebih ringan tadi. Pada akhirnya, tinggal tunggu saja berapa MForce Indonesia menatapkan harga jual CF Moto 250 SR 2022 ini nanti.
Spesifikasi CF Moto 250 SR 2022 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Single-cylinder, liquid-cooled, DOHC, 4 valves | |
Kapasitas Mesin | 249.2cc | |
Diameter x Langkah | 72.0 x 61.2 mm | |
Rasio Kompresi | 11.3:1 | |
Tenaga Maksimal | 27,8 PS @9.750 rpm | |
Torsi Maksimal | 22 Nm @7.500 rpm | |
Sistem Pengabutan bahan bakar | Fuel Injection | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Dimensi | 2.010×750×1.080mm | |
Jarak Poros Roda | 1.360 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 135 mm | |
Suspensi Depan | USD 37 mm | |
Suspensi Belakang | Mono suspension | |
Roda Depan | 110/70 R17 | |
Roda Belakang | 140/60 R17 | |
Rem Depan | 292 mm disc (ABS) | |
Rem Belakang | 220 mm disc (ABS) | |
Berat | 165 kg | |
Kapasitas Bahan Bakar | 12 liter |
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 SL 2021 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder | |
Kapasitas Mesin | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 72.0 x 61.2 mm | |
Rasio Kompresi | 11.3:1 | |
Tenaga Maksimal | 28 PS @9.700 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,6 Nm @8.200 rpm | |
Sistem Pengabutan bahan bakar | Fuel Injection | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Dimensi | 1.935 mm x 685 mm x 1.075 mm | |
Jarak Poros Roda | 1.330 mm | |
Ketinggia Jok | 780 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm | |
Suspensi Depan | Teleskopik 37 mm | |
Suspensi Belakang | Single, Uni-Trak | |
Roda Depan | 100/80-17 M/C 52S | |
Roda Belakang | 130/70-17 M/C 62H | |
Rem Depan | 290 mm disc | |
Rem Belakang | 220 mm disc | |
Berat | 151 kg | |
Kapasitas Bahan Bakar | 11 liter |