Untuk menarik minat beli konsumen, setiap pabrikan kerap melakukan program penjual berupa promo dan potongan harga. PT Astra Honda Motor (AHM) juga melakukan hal tersebut, termasuk untuk skutik terlaris mereka Honda BeAT 2022.
Namun dari hasil pantauan redaksi, jarang ada program penjualan yang diberikan untuk pembelian Honda Scoopy 2022. Padahal harga Honda Scoopy terbaru saat ini sudah tembus Rp 20 juta, bahkan untuk tipe termurahnya.
Kini untuk Honda Scoopy Fashion dan Sporty, dilepas Rp 20,325 juta. Kemudian untuk Honda Scoopy Prestige dan Stylish, sekarang dilepas diangka Rp 21,125 juta on the road Jakarta, berdasarkan situs resmi AHM.
Baca juga : Sebelum Beli Honda Scoopy 2021, Kenali Dulu Varian dan Pilihan Warnanya
Meski jarang diberikan program promo khusus, Honda Scoopy 2022 ini tetap laris dibeli masyarakat. Nyaris jarang terlihat stok Honda Scoopy di jaringan dealer Honda, karena sudah pasti ada pemiliknya.
Tak mengherankan kalau yang berminat untuk meminang skutik satu ini, harus rela menunggu dalam jangka waktu tertentu. Sebegitu menarikkah Honda Scoopy 2022 ini? Apa sih yang menjadi keunggulannya?
Tampilan unik sudah jadi daya tarik Honda Scoopy sejak pertama kali muncul. Lekuk bodi yang khas dengan sebutan S-shape menjadi senjata utamanya.
"Dengan desain terbaru dan garis bodi S-shape, semakin menguatkan kesan unik dan berbeda," kata Shinichiro Ishida, Large Project Leader Honda R&D Southeast Asia Co Ltd disela peluncuran akhir tahun 2020 lalu.
Lekuk bodi S shape bisa dilihat dari samping, antara bodi depan, dek bagian bawah hingga menuju garis bodi belakang. Pada beberapa varian, lekuk S shape ini dipertegas dengan penggunaan striping bodi.
Baca juga : Walau Tampil Menggoda, Simak Dulu Beberapa Kekurangan Honda Scoopy 2021
Kesan modern juga muncul dengan kehadiran lampu depan berbentuk oval, yang andalkan LED dengan lensa projector. Terlebih ditepian lampunya juga berikan LED DRL yang melingkar.
Belum lagi lampu sein yang melengkung manis. Skema serupa juga diterapkan untuk lampu belakang, sehingga membuat tampilan skutik satu ini, nampak menarik dilihat dari sudut mana saja.
Honda pun berhasil menghipnotis banyak orang, terutama anak-anak muda, untuk tergoda memilikinya. Kalian pasti sering lihat unggahan Honda Scoopy di media sosial dengan gaya pengendaranya yang juga unik.
Baca juga : Cicilan Honda Scoopy 2021 vs Yamaha Fino 125 2021, Siapa Paling Murah?
Loh kok justru pakai sasis motor yang lebih murah? Bukan begitu maksudnya, namun rangka, mesin dan suspensi yang digunakan memang sama dengan Honda Genio.
Ini bukan berarti buruk, lantaran Honda Genio dibekali dengan rangka baru yang terbuat dari pelat baja, yang dicetak kemudian disambung dengan las laser. Honda menyebutnya dengan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).
Keunggulan rangka ini adalah bobot yang lebih ringan dari rangka sebelumnya. Kemudian lebih rigid untuk pengendalian skutik yang lebih lincah dan ringan.
Alhasil kini skutik-skutik 110 cc terbaru racikan Honda punya bobot yang tak sampai 100 kg. Honda Scoopy 2022 sendiri memiliki berat isi 95 kg dan 94 kg untuk tipe Smart Key.
Baca juga : Honda Scoopy 2021 Naik Harga, Ini 5 Alasan Untuk Tetap Memilihnya
Harganya paling mahal dari skutik 110 cc lainnya, sudah seharusnya dibekali fitur yang lebih baik dari saudara sekelasnya. Misalnya pada varian teratas, sudah dilengkapi Smart Key System, yang bahkan Honda Vario 125 saja belum punya fitur ini.
Kemudian lampu depan sudah LED dengan lensa projector yang memberi kesan mewah, dan sudah jadi ciri khas sejak generasi sebelumnya. Panel meter digital dengan layar LCD yang cukup besar, dihiasi tulisan SCOOPY.
Baca juga : Ini Alasan Kenapa Honda Scoopy 2021 Lebih Layak Dipilih Daripada Honda Genio 2021
Fitur lainnya ada power outlet, konsol depan dengan penutup, Combi Brake System, bagasi 15,4 liter, ban tubeless, Side Stand Switch, Idling Stop System hingga ACG Starter.
Mesin yang dipakai tetap berteknologi eSP, tapi sudah generasi terbaru yang difokuskan untuk efisiensi bahan bakar. Konfigurasi mesinnya berubah menjadi semakin over stroke.
Mesin ini berkarakter kuat dan responsif pada putaran rendah, agar bisa berakselerasi lebih cepat. Kini pakai paduan ukuran piston 47 mm dan langkah piston 63,1 mm sehingga kapasitasnya menjadi 109,5 cc.
Baca juga : Tak Selamanya Motor Matik Boros, Buktinya Honda Scoopy 2021 Bisa 59 Km/liter Loh
Dengan karakter mesin overstroke, Honda nampak ingin membuat skutik-skutik entry levelnya memiliki akselerasi yang baik, tapi juga hemat bahan bakar. Hasilnya pun sesuai harapan, klaim pabrikan bisa sampai 59 km/liter.
Total Honda Scoopy 2022 punya 8 warna untuk 4 tipe yang ditawarkan, yakni Fashion, Sporty, Prestige dan Stylish. Setiap tipe diberikan 2 pilihan warna, sehingga total Honda Scoopy 2022 punya 8 warna.
Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda Scoopy 2022, Harus Tahu Sebelum Beli
Tak hanya sekedar kelir bodi yang berbeda, penggunaan striping bodi sampai warna kulit pembungkus jok untuk varian tertentu dibuat menarik. Kalau fitur hanya beda pada Smart Key System, lainnya relatif sama.
Varian dan Warna Honda Scoopy 2022 | ||
---|---|---|
Varian | Warna | |
Fashion |
| |
Sporty |
| |
Prestige (Smart Key) |
| |
Stylish (Smart Key) |
|
Tanpa ada embel-embel harga promo dan diskon khusus untuk pembelian unit, Honda Scoopy 2022 masih digemari. Desain unik, fitur terhitung lengkap dan bensin yang irit jadi poin keunggulan produk ini.
Satu hal lainnya, Honda Scoopy merupakan skutik retro modern yang paling rajin update tampilan. Bandingkan dengan kompetitor sekelas yang sudah lama tak disegarkan tampilannya.
Spesifikasi Honda Scoopy 2022 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
P x L x T | 1.864 x 683 x 1.075 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 746 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Berat Isi | 95 kg & 94 kg (tipe smart key) | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas Mesin | 110 cc | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Tenaga Maksimum | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Pengereman | Combi brake system | |
Ban Depan | 100/90-12 | |
Ban Belakang | 110/90-12 |