Ducati akhirnya merilis motor terbarunya secara global kemarin malam, yakni Ducati Multistrada V2 2022. Motor touring ini hadir dengan 2 tipe yakni Multistrada V2 dan Multistrada V2 S.
Motor ini sendiri disebut-sebut menjadi penerus dari Ducati Multistrada 950. Dan karena ini adalah model terbaru, pabrikan bermarkas di Bologna, Italia itu menyematkan banyak hal baru.
Baca juga : Pakai Mesin Lebih Kecil, Tiruan Ducati Diavel Buatan Cina Ini Tak Kalah Keren Loh
Salah satunya adalah perbaikan pengendalian motor dengan mengurangi bobot 5 kg lebih enteng. Dan pastinya bakal teman yang cocok untuk dipakai keliling Indonesia.
Motor ini menggendong mesin 937 cc Testastretta V-twin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 114,5 PS pada 9.000 rpm serta torsi maksimal diangka 94 Nm pada putaran 6.750 rpm.
Baca juga : Ducati Streetfighter V4 SP Muncul Tahun Depan, Bakal Punya Spek Lebih Gahar!
Mesin tersebut menggunakan 8 kampas kopling dan gearbox yang diperbarui agar perpindahan transmisi lebih presisi. Ducati juga merevisi sejumlah komponen yang membuat mesin ini lebih ringan sekitar 1,8 kg dari mesin sebelumnya.
Yang menarik, Ducati Multistrada V2 juga tersedia untuk versi mesin dengan output lebih rendah, agar bisa digunakan oleh bikers pemula pemegang SIM A2. Untuk versi ini, tenaga maksimalnya dibatasi hanya 47,5 PS saja.
Menunjang kebutuhan touring, semua tipe Ducati Multistrada V2 dibekal perangkat elektronik canggih. Mulai dari Cornering ABS, Hill-Start Assist, Traction Control hingga 4 buah Drive Mode (Sport, Touring, Urban, Enduro) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
Baca juga : Mantap! Federal Oil Bakal Ramaikan MotoGP 2022, Gabung Gresini Racing Ducati
Namun untuk Ducati Multistrada V2 S ada tambahan sistem suspensi elektronik yang disebut dengan Skyhook. Lalu lampu depan LED, Cruise Control, Quick Shifter, panel meter dengan layar TFT dan sejumlah kelengkapan lainnya.
Kaki-kakinya terhitung mewah, dengan penggunaan suspensi depan upside down, rem depan cakram ganda dijepit kaliper Brembo. Sementara belakang pakai suspensi monosok dengan rem cakram kaliper Brembo 1 piston.
Baca juga : Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc
Melihat pelek yang digunakan adalah model casting alias palang, lalu lapisan karet bundar yang cenderung untuk aspal, rasanya Ducati Multistrada V2 ini diperuntukkan untuk touring dengan medan jalan aspal.
Tapi tinggal ganti ban jenis dual purpose, motor ini akan lebih sip lagi. Hal ini ditunjang dengan travel kedua suspensi yang panjang, dan hadirnya opsi Drive Mode Enduro yang bisa digunakan untuk melewati kondisi jalan jelek.
Untuk membuat motor ini lebih mudah digunakan oleh siapa pun, Ducati mengurangi ketinggian jok menjadi 830 mm dan mendesain ulang lekuk jok agar lebih ramping dan ringkas, agar kaki pengendara lebih mudah untuk menapak tanah.
Ducati Multistrada sendiri merupakan salah satu model yang banyak peminatnya di Indonesia. Motor touring ini cocok untuk melewati beragam kondisi jalan yang bervariatif, dari aspal mulus hingga off-road ringan.
Baca juga : Tunda Elektrifikasi, Ducati justru Bocorkan Rencana Produksi Motor Bermesin Kecil
Tapi apakah Ducati Multistrada V2 2022 ini akan hadir juga untuk Indonesia? Peluangnya terhitung besar, apalagi ada juga Ducati Panigale V2 yang lebih dulu mengaspal dengan harga Rp 739 juta off the road.
Tentunya pihak Ducati Indonesia akan dengan hati mendatangkan model terbaru ini, untuk menggantikan model Ducati Multistrada 950S yang juga telah mengaspal sebelumnya.
Spesifikasi Ducati Multistrada V2 2022 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
Sumbu Roda | 1.594 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 830 mm | ||
Berat Isi | 225 kg | ||
Kapasitas Tangki | 20 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, L-twin, DOHC 4 katup, Desmodromic | ||
Kapasitas | 937 cc | ||
Diameter x Langkah | 94 x 67,5 mm | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | ||
Transmisi | Manual, 6 speed | ||
Tenaga Maksimal | 114,5 PS @ 9.000 rpm | ||
Torsi Maksimal | 94 Nm @ 6.750 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Trallis | ||
Suspensi Depan | Upside down | ||
Suspensi Belakang | Monosok | ||
Ban Depan | 120/70-19 | ||
Ban Belakang | 170/60-17 | ||
Rem Depan | Cakram ganda, ABS | ||
Rem Belakang | Cakram, ABS |