Mengenang Suzuki Shogun SP 125, Motor Bebek Sporty Pesaing Yamaha Jupiter MX 135

Suzuki Shogun SP 125 (FL125).
  • Pakai kopling manual.
  • Tawarkan sensasi berkendara sporty.
  • Jadi model favorit banyak orang kala itu.

Suzuki Shogun SP 125 merupakan motor bebek yang menawarkan sensasi berkendara lebih sporty.

Motor tersebut hadir dengan penggunaan kopling manual, serta memiliki sejumlah detail berbeda dari versi reguler.

Motor ini disiapkan untuk menghadapi Yamaha Jupiter MX 135 yang dulu merupakan pionir motor bebek sporty sejak pertama kali muncul pada 2005.

Model yang kami bahas kali ini adalah generasi keduanya, dengan kode bodi FL125.

Untuk versi kedua ini dirilis pada 2005. Pabrikan mengeluarkannya lantaran Yamaha menetaskan bebek baru lewat Jupiter MX. 

Baca Juga: Suzuki Axelo Jadi Motor Bebek yang Terlupakan, Kalah Saing dari Honda Supra X 125

Boleh dibilang inilah awal mula generasi Shogun hadir dalam konsep dinamis dan bentuk melancip.

Ini tentunya menyesuaikan perkembangan zaman dan minat konsumen yang kala itu mendambakan motor sporty.

Desain panel bodi, kombinasi warna, dan striping sengaja membuatnya berkarakter balap.

Ditambah penggunaan pelek berpalang Y dan cakram depan model floating seperti Suzuki Satria F150.

Tak cuma satu, roda belakangnya juga disematkan rem cakram. Sehingga secara fitur lebih baik dari beberapa motor bebek yang ada kala itu.

Peminatnya juga terbilang luas, banyak yang suka karena bentuknya, performanya serta kombinasi warnanya yang menarik.

Suzuki Shogun SP 125 jadi lawan yang tangguh untuk Yamaha Jupiter MX 135.

Maka dari itu new Suzuki Shogun SP dan Yamaha Jupiter MX 135 dulu merupakan 2 motor bebek alternatif yang berkarakter balap selain Honda Supra X series.

Pabrikan menyediakannya dalam versi SP dengan kopling atau juga R untuk model semi manual. 

Fitur Suzuki Shogun SP 125

Sebenarnya tak banyak fitur yang bisa dijelaskan pada motor-motor keluaran 2005 hingga 2010.

Namun begitu motor ini coba terlahir lebih modern daripada para rivalnya. Tengok saja lampu belakangnya yang sudah LED.

Sementara pencahayaan utama masih halogen biasa, dan lampu sein tersemat pada bodi depannya.

Speedometer Suzuki Shogun SP 125.

Kemudian untuk panel meternya memiliki desain yang simpel. Tampilannya pakai 2 analog, satu sebagai penunjuk kecepatan dan sisanya untuk mengetahui volume bensin.

Indikator lain yang ada seperti lampu sein terpisah, lampu jauh, odometer, dan posisi gigi. Belum ada power outlet. 

Adapun kapasitas bagasi Suzuki Shogun SP adalah 7 liter. Ruangnya cukup dalam, tapi tidak begitu luas.

Dan itu pun cuma muat untuk jas hujan, sarung tangan, maupun jaket dalam sekali penyimpanan. Selebihnya bisa pakai hook atau cantelan pada bagian dek tengahnya.

Suzuki Shogun SP 125 tampil sporty dan dinamis.

Baca Juga: Mengenal Suzuki Satria F115 Young Star, Motor yang Umurnya Cuma Setahun di Indonesia

Urusan kaki-kaki ditopang ban berukuran 90/90 dan 80/90 ring 17. Kemudian ditambatkan pada suspensi belakang dual shockbreaker ulir merah dan depan teleskopik biasa.

Kemudian tinggi joknya 770 mm, tak begitu tinggi juga rendah, pas untuk orang Indonesia. 

Karena begitu duduk, suspensinya yang empuk bisa mereduksi ketinggian joknya. Lalu tangki bahan bakarnya sanggup menenggak 4,3 liter bensin dalam sekali pengisian penuh.

Bukan yang terbesar memang karena desain motornya kompak, ramping, tapi bertenaga.

Mesin Suzuki Shogun SP 125

Rangka underbone-nya menggendong mesin 124 cc berpendingin udara, satu silinder, 4-tak, SOHC dan memiliki ukuran bore x stroke: 53,5 x 55,2 mm.

Suzuki Shogun SP 125 punya kombinasi warna yang memikat.

Profil tersebut menjanjikan tenaga yang besar pada putaran rendah hingga menengah, sehingga cocok pada kondisi stop and go di kemacetan. 

Di atas kertas bisa mengeluarkan tenaga hingga 10 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm yang dicapai pada 6.000 rpm.

Daya tersebut dikawinkan pada transmisi manual 4-percepatan. Oh iya teknologi pengabutnya masih pakai karburator, besutan Mikuni. Namun ada juga varian yang sudah injeksi.

Adakah salah satu dari kalian masih memiliki Suzuki Shogun SP series?

Atau malah ada yang punya versi Suzuki Shogun 125 Night Rider (NR) yang sekarang lagi naik daun dicari banyak orang?  

Suzuki Shogun SP 125 juga hadir dalam versi tanpa kopling.

Baca Juga: Kenalan Sama Mbahnya Satria F-150, Suzuki RK-Cool yang Hampir Dilupakan

Harga Bekas Terjangkau

Dikenalkan sejak tahun 2005, tentu populasinya kini semakin menipis, terlebih pamor motor bebek yang kian tergerus motor matic.

Alhasil untuk Anda yang mau bernostalgia bisa melirik unit bekasnya, yang kini harga jualnya sudah semakin terjangkau.

Memantau situs jual beli online, rata-rata melepasnya dengan harga di bawah Rp 10 juta, tergantung daerahnya.

Harga tersebut pun juga berdasarkan kondisi unit motor, dari kerapihan bodi, kondisi mesin serta kelengkapan surat-suratnya.

Tapi yang harus dipikirkan juga adalah ketersediaan suku cadang terutama slow moving yang akan lebih menantang untuk dicari.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio sering dibandingkan. Keduanya mengusung model matic retro modern. Harganya saling beririsan. Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio kerap diadu netizen, karena keduanya dianggap masuk segmen yang sama yaitu motor matic retro modern. Ya, selain gaya retro yang mereka usung secara desain, untuk harganya juga mirip-mirip karena dibanderol sekitar Rp 21 juta sampai Rp 23 jutaan. Tentunya hal ini menjadi daya tarik bagi yang ingin motor stylish, namun dengan dana yang berkisar
Ubahan fokus di sisi eksterior. Laci lebih besar untuk menampung botol minum. Honda Scoopy 2025 hadir dengan fokus pada perubahan di sisi eksterior yang mana kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terdapat ubahan mencolok di sisi desain lampu dan pelek. Meski begitu ternyata harga jualnya tidak ada kenaikan, masih sama seperti harga Scoopy generasi ke-5 dengan 4 pilihan tipe. Dibanderol mulai dari Rp 22,525 juta OTR Jakarta untuk tipe Fashion dan Energetic, untuk tipe Prestige dan Stylis
Pakai teknologi YECVT. T-Mode untuk berkendara santai. S-Mode buat mesin lebih responsif. Mengusung teknologi YECVT, membuat Yamaha NMax Turbo menjadi motor matic yang punya teknologi canggih dikelasnya. Teknologi yang punya nama lengkap Yamaha Electric Continuous Variable Transmission itu memang cukup menggoda. Bagaimana tidak, dengan teknologi tersebut motor jadi seperti punya gigi transmisi, yang juga berimbas pada respon akselerasi mesin. Malah berkat teknologi YECVT, pengguna bisa mendapatk
Honda dan Yamaha memiliki motor matic retro. Harga motor matik retro Jepang lebih murah dari Vespa. Motor matic retro saat ini pilihannya tidak hanya Vespa. Bahkan Honda dan Yamaha juga turut menawarkan dengan pasar lebih besar di Indonesia. Ya, ini karena Honda dan Yamaha menyasar segmen motor matik retro dengan harga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan Vespa. Merek Italia itu memang sangat lekat dengan image motor matic bergaya retro modern, namun harganya sudah masuk kategori premium. Bac
Banyak biker kecelakaan karena berdekatan bus dan truk Ada sejumlah cara biker hindari bus dan truk Salah satu kekhawatiran pengendara sepeda motor adalah saat bertemu kendaraan besar seperti bus dan truk di jalan raya. Pasalnya, dimensi bus dan truk yang cukup besar bisa menghalangi para rider untuk mengetahui jarak pandang ke depan. Belum lagi banyak kasus kecelakaan menimpa pengguna sepeda motor, seperti beberapa Waktu lalu terjadi kecelakaan lalu lintas, di Kawasan Teluknaga, Tangeran, Bante

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor