Pamor Honda Scoopy 2022 saat ini sedang tinggi-tingginya, bahkan kalau kalian beli motor matic satu ini, tak ada promo khusus. Beda ketika akan membeli matic Honda lainnya, pasti akan ada promo khusus yang ditawarkan.
Honda Scoopy memang sedang digandrungi, khususnya oleh anak-anak muda. Desain ikonik, bergaya retro modern menggoda banyak orang. Sosoknya yang stylish juga bisa jadi penunjang gaya hidup.
Model terbarunya yang rilis akhir tahun 2020 lalu, sudah banyak seliweran di jalanan. Padahal ini adalah motor matic 110 cc Honda yang harganya paling mahal, sekarang semua tipenya sudah tembus angka Rp 20 juta!
Baca juga : Harga Honda Scoopy 2022 Tembus Rp 20 Juta Tapi Banyak Dicari, Ini 5 Daya Tariknya
Padahal saat dikenalkan pertama kalinya, PT Astra Honda Motor (AHM) melepas 2 tipe non keyless yakni Fashion dan Sporty dengan harga Rp 19,95 juta. Lantas tipe Keyless yakni Stylish dan Prestige dengan Rp 20,75 juta.
Kini harganya mulai dari Rp 20,325 juta sampai Rp 21,125 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan berdasarkan situs resmi AHM yang kami akses hari ini (9/11/2021).
Tentunya alternatif untuk memilikinya dengan harga lebih bersahabat bisa dengan membeli unit bekasnya. Tapi jangan berharap dapat harga murah ya, karena yang menjual unit model terbaru ini pun masih jarang-jarang.
Stok sedikit, permintaan banyak tentu berpengaruh pada harga jual. Dari situs jual-beli online, kami mendapati unit tipe non keyless yang dilepas dengan harga termurah Rp 19,35 juta. Malah ada yang dilabeli harga Rp 19,95 juta untuk tahun 2021.
Lantas berapa harga tipe keyless? Tentu saja yang ditawarkan lebih tinggi, harga bekasnya paling murah Rp 20 juta sampai Rp 20,5 juta. Kalau begini baiknya pikir ulang, tetap mau beli bekas atau baru sekalian.
Baca juga : Sebelum Beli Honda Scoopy 2021, Kenali Dulu Varian dan Pilihan Warnanya
Sosok Honda Scoopy 2022 memiliki tampilan modern seperti yang terlihat pada lampu depan berbentuk oval, yang andalkan LED dengan lensa projector. Terlebih ditepian lampunya juga berikan LED DRL yang melingkar. Belum lagi lampu sein yang melengkung manis.
Lekuk bodi S shape bisa dilihat dari samping, antara bodi depan, dek bagian bawah hingga menuju garis bodi belakang. Pada beberapa varian, S shape ini dipertegas dengan penggunaan striping bodi.
Baca juga : Cicilan Honda Scoopy 2021 vs Yamaha Fino 125 2021, Siapa Paling Murah?
Dilihat dari belakang, buritan Honda Scoopy terbaru ini terlihat masih sedikit mirip dengan generasi sebelumnya. Hanya saja penyematan desain baru lampu belakang dan sein membuatnya lebih sedap dipandang
Model terbaru ini pakai platform yang awalnya digunakan oleh Honda Genio, disusul Honda BeAT dan Honda Scoopy. Ketiganya menggunakan rangka dan mesin baru yang disiapkan untuk skutik entry level Honda.
Walau begitu, rangka yang disebut eSAF ini terhitung canggih dalam proses pembuatan, karena menggunakan las laser dan punya bobot yang lebih ringan. Begitu pula dengan mesin eSP generasi terbaru yang semakin efisien dalam penggunaan bahan bakar.
Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda Scoopy 2022, Harus Tahu Sebelum Beli
Mesinnya ini berkarakter kuat dan responsif pada putaran rendah, agar bisa berakselerasi lebih cepat. Kini pakai paduan ukuran piston 47 mm dan langkah piston 63,1 mm sehingga kapasitasnya menjadi 109,5 cc.
Daya yang mampu dihasilkan mencapai 9 PS di 7.500 rpm dengan torsi maksimal hingga 9,3 Nm di 5.500 rpm. Tenaganya memang tergolong biasa saja, karena mengutamakan efisiensi bahan bakar.
Kalau begini ceritanya jadi bikin galau nih, mau beli bekas atau baru sekalian ya?
Spesifikasi Honda Scoopy 2021 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
P x L x T | 1.864 x 683 x 1.075 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 746 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Berat Isi | 95 kg & 94 kg (tipe smart key) | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas Mesin | 110 cc | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Tenaga Maksimum | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Pengereman | Combi brake system | |
Ban Depan | 100/90-12 | |
Ban Belakang | 110/90-12 |