Yamaha secara global menghadirkan skuter kasta teratas mereka yakni Yamaha Tmax 2022 di Eropa belum lama ini. Motor matic yang juga kakak tertua Yamaha Nmax 155 tersebut berubah total, dan kini menjadi semakin canggih.
Banyak perubahan yang diberikan pada motor ini, mulai dari tampilan, teknologi dan fitur yang semakin menunjukkan kasta tertingginya. Tak heran jika Yamaha total menggarapnya karena Yamaha Tmax merupakan salah satu model skuter tersukses mereka.
Yup, kiprahnya di global sudah lebih dari 20 tahun sejak pertama kali dikenalkan tahun 2001. Lalu apa yang diberikan Yamaha pada update model terbarunya ini?
Baca juga : Sosok Skutik Gambot Terbaru Suzuki Dirilis, Cocok Jadi Lawan Xmax dan Forza
Sejatinya desain sebelumnya pun sudah pas, sporty, agresif dan terlihat canggih. Pada model year 2022 ini, sosoknya dibuat jadi nampak semakin agresif dengan garis bodi yang lebih menyudut lagi.
Tarikan garis bodinya ini ternyata terinspirasi dari motor supersport, dengan penyematan lampu depan ganda yang sudah LED, dan windscreen besar pada bagian depan. Terdapat pula air intake tepat di bawah lampunya.
Nampak dari samping kesan bulky pada motor ini masih terasa, namun garis bodinya justru terlihat sedikit lebih kalem. Banyak permainan panel bodi dengan warna hitam doff.
Baca juga : Yamaha XMax Kecolongan! Honda Forza kini Punya Voice Control
Baru garis yang lebih agresif terlihat kembali pada lekuk bodi belakangnya. Area ini juga masih dihiasi lampu belakang dengan T Shape yang sudah jadi ciri khasnya sejak generasi sebelumnya, lengkap dengan kawalan behel model tanduk.
Melihat bentuk keseluruhan, memang desain terbaru Yamaha Tmax 2022 ini tak bisa langsung diterima. Perlu waktu untuk mencerna dan memahami desain yang ditawarkan. Tergantung bagaimana kalian melihatnya.
Sebagai model papan atas Maxi Yamaha, motor ini sudah dijejali teknologi kelas atas, seperti layar TFT berwarna sebagai panel meternya, lengkap dengan konektivitas dan GPS yang sudah terdapat di dalamnya, yang bisa dihubungkan dengan maps Garmin lewat Bluetooth, Wifi dan USB.
Bentuk panel meternya pun besar, cenderung mirip dengan milik Yamaha YZF-R1. Tampilan negatif display dengan informasi yang terbaca sangat jelas. Untuk pengaturannya bisa lewat joystick pada setang sebelah kiri.
Baca juga : Yamaha Nmax 155 2022 Dikenalkan, Harganya Tembus Rp 57 Juta!
Fitur lainnya ada Cruise Control, Heated Handlebar, Heated Seats, Adjustable Windscreen, Traction Control, Smartkey System, pembuka jok dan tangki pakai remote dan Riding Mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengendara.
Yang unik, standar tengah motor ini dibekali dengan pengunci sehingga motor tak bisa dipindahkan oleh sembarang orang. Untuk melepas pengunci tadi, bisa dilakukan lewat remote Smartkey.
Tapi sejumlah fitur dan teknologi yang telah disebutkan tadi, bisa didapatkan pada tipe Tech Max saja.
Jantung mekanis sebagai tenaga penggeraknya masih relatif sama dengan generasi sebelumnya. Spesifikasinya 562 cc, 2 silinder segaris, DOHC 4 katup pendingin cairan dan berstadnar Euro 5. Transmisinya otomatis dengan penerus daya berupa belt.
Dengan mesin tersebut, tenaga yang mampu dikail mencapai 47,5 PS pada putaran mesin 7.500 rpm serta torsi puncak 55,7 Nm di 5.250 rpm. Pengaturan buka tutup gasnya pun sudah elektronik dengan teknologi Yamaha Chop Controlled Throttle (YCC-T).
Baca juga : Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini
Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sendiri bukan tak menjual Yamaha Tmax, mereka menjualnya sebagai kasta teratas keluarga Maxi Yamaha.
Hanya saja unit yang dijual dan terpajang pada situs resminya adalah Yamaha Tmax DX, yang termasuk model beberapa tahun sebelumnya yang sudah terhitung tertinggal beberapa generasi, tapi kalau kalian berminat, bisa ditebus dengan harga Rp 320 juta.