Motor bergaya adventure nampaknya semakin digemari konsumen global, terbukti dari banyaknya tiruan Honda ADV 150 2022. Tapi rasanya tak lama lagi akan ada banyak pemain motor sport adventure bermesin 150 cc, selain Honda CB150X 2022.
Salah satunya sudah dimunculkan yakni Lifan KPT150, motor Cina alias mocin yang telah meluncur di negara asalnya sana. Memang motor ini baru dikenalkan untuk pasar lokal, tapi bukan berarti suatu saat tidak akan bertemu dengan Honda CB150X head to head di suatu negara bukan?
Nah kehadiran Lifan KPT150 juga untuk mengisi pasar motor adventure kelas bawah. Dan dituliskan Greatbiker, motor ini adalah versi kecil dari Lifan KPT400 yang juga dirilis di Cina sana.
Lagi-lagi langkah ini mirip dengan Honda CB150X 2022, yang desainnya diturunkan dari Honda CB500X, versi adventure bermesin besar. Bedanya Lifan KPT400 dirilis belum lama ini, yakni September 2021 lalu.
Baca juga : Honda CB150X 2022 dan CB500X 2022 Laris Manis di GIIAS 2021, Terjual Puluhan Unit
Meski begitu fitur dan kelengkapan yang dibawanya pun masih relatif sama. Bahkan Lifan KPT150 coba menggoda dengan tampang ala BMW GS Series, yang punya ciri khas lampu asimetris, lengkap dengan lensa projector dan pastinya sudah LED.
Penggunaan separuh fairing yang menutupi bagian atas mesin, hingga tangki dan moncong bebeknya, memberikan kesan motor adventure. Garis desainnya cenderung tegas dan terlihat bertumpuk-tumpuk. Menutupi kekosongan mesin jadi tugas panel bodi tengah dan crash bar.
Menggunakan jok model terpisah, bagian bodi belakang Lifan KPT150 dibuat ringkas seperti halnya motor adventure pada umumnya. Pasalnya bagian ini kelak akan tertutup oleh boks atau pannier saat digunakan untuk membawa keperluan touring.
Sejatinya yang agak mengganjal adalah desain pelek palang 12 dengan dimensi palang yang terlalu tebal. Andai dibuat tipis-tipis tentu akan lebih manis dilihat mata.
Baca juga : FAQ : Honda CB150X 2022, Bikin Konsumen Naked Bike 150 Cc Pindah Haluan?
Tapi penggunaan suspensi depan upside down dengan ukuran tabung yang cukup besar, menambah kekar tampilannya. Sementara suspensi belakang andalkan monosok. Pengereman sudah cakram pada kedua roda.
Sumber tenaga penggerak berasal dari mesin 150 cc silinder tunggal SOHC 4 katup pendingin cairan. Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan mencapai 17,6 PS di 9.500 rpm serta torsi maksimal sebesar 14,5 Nm di 7.500 rpm.
Baca juga : Galeri Foto : Detail Honda CB150X 2022, Sport Touring Adventure 150 Cc Pertama Indonesia
Sayangnya belum diketahui berapa harga resmi Lifan KPT150 ini, apakah lebih murah dari Honda CB150X 2022 atau justru lebih mahal. Yang pasti meski keduanya belum head to head secara langsung, setidaknya menggambarkan kalau segmen motor sport adventure 150 cc akan jadi pasar potensial.