Motor sport full fairing nyaman dipakai harian? Yup, itulah klaim yang kerap disebutkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) kala menghadirkan Honda CBR150R 2022. Motor 150 cc andalannya itu diklaim paling nyaman disegmennya.
Pada model terbarunya ini, bahkan konsep Total Control juga ikut diterapkan, dengan memberikan peningkatan pada pengendalian motor. Kami pun mencoba langsung pada sesi test ride yang telah kami lakukan beberapa waktu lalu.
Tapi sebelum membahas lebih lanjut, simak dulu detail spesifikasi, terutama dimensi dari Honda CBR150R 2022 ini. Agar setidaknya bisa menjadi bayangan seperti apa ukuran dari motor tersebut.
Untuk sebuah motor sport, dimensinya terhitung ramping. Motor ini memiliki panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.077 mm. Sumbu rodanya 1.310 mm dengan jarak terendah 160 mm. Tinggi joknya pun terhitung masih acceptable dengan 782 mm.
Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter dan full kaleng, tanpa cover plastik. Beratnya berada diangka 137 kg sampai 139 kg, jika kalian membeli yang tipe ABS (Anti-lock Braking System).
Masuk pada bahasan utama, soal kenyamanan digunakan harian. Ya sosoknya memang menawarkan kenyamanan lebih baik, dari kompetitornya. Ini salah satunya karena peletakan setang upper yoke, bukan under yoke.
Baca juga : Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya
Berkat posisi setang yang seperti ini, badan pengendara menjadi lebih tegap dan hanya sedikit merunduk. Namun hal ini masih dirasa wajar dan tetap nyaman, punggung tak mudah cepat lelah kala berkendara cukup lama.
Jok yang digunakan pun terasa pas diduduki, oleh rider berpostur 172 cm. Hanya memang posisi pijakan kaki terasa agak sedikit mundur, dan membuat kaki jadi menekuk. Tapi ya namanya motor sport full fairing, tentu akan seperti ini.
Dengan ergonomi berkendara ini, kami merasakan jika masih mudah untuk mengendalikan Honda CBR150R 2022. Posisi berkendaranya memang nyaman, terasa sedang menggunakan sebuah motor sport touring, yang memang posisi berkendaranya tak terlalu racy.
Baca juga : Honda CBR150R 2021 Termahal Tembus Rp 40 Juta, 5 Hal Ini Jadi Alasan Kuat Untuk Memilikinya
Rasanya memang motor ini benar-benar dibuat nyaman, suspensi depan upside down Showa SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) jadi andalan. Karakter redamannya cenderung empuk, nyaman untuk melibas garis kejut, sayangnya tanpa ada setelan.
Kemudian suspensi belakang monosok juga memiliki karakter redaman yang sama, tak ayal sering kali terasa mengayun. Beda cerita jika memang diset untuk balap, tentu karakter suspensinya akan dibuat sedikit lebih kaku.
Dengan paduan posisi berkendara yang cenderung tegap, kemudian redaman suspensi empuk, tak aneh jika melihat banyak pria mapan yang suka mengendarainya. Jadi segmen konsumennya pun bukan hanya anak muda saja.
Baca juga : Video : Honda CBR150R 2022, Motor Sport Yang Tak Seperti Kompetitornya
AHM melepas Honda CBR150R 2022 ini dengan harga mulai dari Rp 36,18 juta sampai Rp 36,88 juta untuk tipe non ABS. Kemudian untuk tipe ABS, dibanderol mulai dari Rp 40,18 juta sampai Rp 41,08 juta, on the road Jakarta.
Spesifikasi Honda CBR150R 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.983 x 700 x 1.077 mm | |
Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Jarak Terendah | 160 mm | |
Tinggi Jok | 782 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 137 kg & 139 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, Pendingin cairan | |
Kapasitas | 149,16 cc | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,8 mm | |
Rasio Kompresi | 11,3 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 17,1 PS @ 9.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Diamond Frame | |
Suspensi Depan | Upside down, Showa SFF-BP | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 100/80-17 | |
Ban Belakang | 130/70-17 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |