Honda CB150X 2022 memberikan warna baru untuk pasar motor sport Tanah Air. Dengan tampilan demikian, motor baru Honda menjadi produk bergenre adventure satu-satunya di kelas 150 cc.
Namun, tak dapat dipungkiri jika kelahirannya berkaitan pula dengan Honda CB150R Streetfire 2022. Misalnya saja dari mesin. Selain sama-sama berkapasitas 150 cc, racikan pada jantung mekanis keduanya pun disetel serupa.
Baca juga: Harga Honda CB150X 2022 Diumumkan, Tembus Rp 33,45 Juta Dengan Tiga Pilihan Warna
Tentu saja dengan beberapa diferensiasi. Mari kita selisik daftar perbedaan Honda CB150X 2022 dan Honda CB150R Streetfire 2022 pada artikel berikut ini.
Poin pertama sudah jelas merujuk kepada desain. Penyajian pada Honda CB150X 2022 jelas berbeda. Terlebin dengan panel bodi nan berotot di area depan. Pengaplikasian windscreen menjulang serta skid plate dipilih sebagai pelengkap konsep dasarnya tadi.
Meski demikian, identitas si pemilik basis (Honda CB150R Streetfire 2022) tetap terlihat. Tilik saja desain lampu depan yang dihimpit panel bodi nan bulky itu, mirip. Begitu pula dengan desain buritan, pelek dan ban sampai ke bagian knalpot.
Masih terkait kaki-kaki, kesamaan juga tampak pada usungan suspensi pada kedua motor Honda ini. Baik Honda CB150X 2022 maupun Honda CB150R Streetfire 2022 memakai fork upside down Showa berdiameter 37 mm. Tapi, suspensi depan Honda CB150X 2022 punya kemampuan peredaman lebih panjang dengan jarak main 150 mm.
Baca juga: Honda CB150X 2022, Bikin Konsumen Naked Bike 150 Cc Pindah Haluan?
Sudah bisa ditebak, Honda CB150X 2022 pastilah lebih bongsor. Dari spesifikasi, motor adventure Honda punya dimensi 2.031 x 796 x 1.309 mm (P x L x T). Sementara CB150R Streetfire adalah 2.024 x 796 x 1.083 mm.
Perbedaan pun terlihat pada penyetelan tempat duduk. Di mana Honda CB150X 2022 punya tinggi jok 817 mm, sementara CB150R Streetfire adalah 795 mm. Pun mengenai jarak terendah ke aspal. Ground clearance CB150X 2022 dirancang 181 mm. Terpaut signifikan dari Honda CB150R Streetfire yang punya jarak kolong 164 mm.
Berkaca pada hal itu pula, perbedaan posisi berkendara juga begitu terasa pada kedua motor. Secara psikologis, perancangan desain berotot dan posisi berkendara tersebut, pengendara bakal merasakan gagahnya menunggangi Honda CB150X 2022.
Berkat ground clearance serta skid plate itu pula, pengendara Honda CB150X 2022 tak perlu kepalang khawatir saat melahap jalan tidak rata. Ditambah lagi raiser setang yang lumayan panjang. Sematan tersebut tentu berdampak terhadap kenyamanan saat berkendara jarak jauh.
Baca juga: Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic
Seperti diungkap tadi, mesin Honda CB150X 2022 maupun Honda CB150R Streetfire 2022 ini sama. Diperinci lagi dengan pangaturan bore x stroke dan rasio kompresi yang jua serupa. (bore x stroke: 57,3 x 57,843 mm, rasio kompresi: 11,3:1).
Wajar bila output yang tersalur ke roda belakang via transmisi 6-percepatannya itu juga setara. Akan tetapi, pencapaian itu hanya berlaku pada momen puntir di mana sama-sama mencatatkan angka 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm.
Perbedaan performa mesin keduanya justru muncul pada torehan tenaga puncak. Di sini, Honda CB150R Streetfire 2022 diklaim lebih besar dengan tenaga 16,9 PS @9.000 rpm. Sedangkan tenaga Honda CB150X 2022 adalah 15,6 PS di putaran 9.000 rpm.
Salah satu penyebab munculnya gap, tak lain karena perbedaan pada berat tubuh. Untuk diketahui, Honda CB150R Streetfire 2022 punya bobot paling berat 135 kg (special edition). Sementara berat Honda CB150X 2022 adalah 139 kg.
Baca juga: Honda CB150X 2022 Debut, Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Global?
Bukan cuma lebih berat. Banderol yang ditawarkannya pun lebih tinggi daripada Honda CB150R Streetfire 2022. Honda CB150X 2022 dijual dengan harga Rp32,950 juta untuk varian standar dan Rp33,450 juta pada tipe Special Edition.
Jikapun dibandingkan, ada selisih Rp3,250 juta dengan Honda CB150R Streetfire tipe standar (harga jual Rp29,7 juta). Sedangkan teruntuk Honda CB150X 2022 Special Edition, lebih mahal Rp2,750 juta dari Honda CB150R Streetfire 2022 Special Edition.
Bilamana melihatnya dari sudut pandang penggunaan basis, Honda CB150X 2022 dirasa kepalang mahal. Terlebih lagi soal tenaga yang mana performanya lebih kecil dari Honda CB150R Streetfire 2022.
Akan tetapi, pembelian terhadap Honda CB150X 2022 cukup layak untuk Anda jenuh dengan penampilan Honda CB150R Streetfire. Toh, Honda CB150X menawarkan desain yang jauh lebih segar dengan konsep adventure-nya. Selain tampilan yang gagah, pengendaraannya jelas lebih nyaman ketimbang si pemilik basis. Jikapun dibandingkan dengan motor adventure lain - bermesin lebih besar, harga Honda CB150X 2022 masih lebih bersahabat bukan?
Spesifikasi Honda CB150X 2022 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
Dimensi (P x L x T) | 2.031 x 796 x 1.309 mm | |
Jarak sumbu Roda | 1.315 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 181 mm | |
Ketinggian tempat duduk | 817 mm | |
Berat kosong | 139 kg | |
RANGKA | ||
Rangka | Diamond Type, Steel | |
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | |
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | |
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | |
Rem depan | Cakram Hidrolik | |
Rem belakang | Cakram Hidrolik | |
MESIN | ||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | |
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | |
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | |
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | |
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | |
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | |
Daya maksimum | 15,6 PS @9.000 rpm | |
Torsi maksimum | 13,8 Nm @7.000 rpm | |
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | |
Sistem pelumasan | Wet | |
Starter | Elektrik | |
KAPASITAS | ||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | |
Pelumas Mesin | 1.1 liter | |
KELISTRIKAN | ||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |
Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2022 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | |
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | |
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | |
Berat kosong | 134 (Standard) & 135 kg (Special Edition) | |
RANGKA | ||
Rangka | Diamond Type, Steel | |
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | |
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | |
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | |
Rem depan | Cakram Hidrolik | |
Rem belakang | Cakram Hidrolik | |
MESIN | ||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | |
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | |
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | |
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | |
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | |
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | |
Daya maksimum | 16,9 PS @9.000 rpm | |
Torsi maksimum | 13,8 Nm @7.000 rpm | |
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | |
Sistem pelumasan | Wet | |
Starter | Elektrik | |
KAPASITAS | ||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | |
Pelumas Mesin | 1.1 liter | |
KELISTRIKAN | ||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |