Di minggu ketiga tahun 2022 ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan update tampilan di salah satu line up produksinya. Kali ini yang mendapatkan update adalah Yamaha XSR 155.
Pertama ada Yamaha XSR 155 Matte Dark Blue Authentic yang memberi kesan elegan serta premium pada retro sport naked 155 ini. Penggunaan warna biru tua dengan finishing matte cukup kontras dengan beberapa panel bodi silver bergaya aluminium.
Di area tangki terdapat striping minimalis untuk memberi kesan retro yang lebih terasa. Sedangkan kaki-kakinya didominasi dengan warna hitam yang gahar. Seperti pada tabung upside down, swing arm, bak kopling dan bak magnet, hingga kedua peleknya.
Warna ini mengangkat konsep Wanderlust Nature untuk menunjang kegemaran ride to nature, XSR 155 Matte Dark Blue Authentic mampu memenuhi hasrat penggunanya menembus setiap sisi keindahan tempat yang natural. Selain itu menambah kebanggaan dengan tampilannya yang bergaya dan merepresentasikan tren gaya hidup terkini.
Baca juga: Update Harga Motor Sport Retro Oktober 2021, Yamaha XSR 155 2022 Sampai Kawasaki W175 2022
Berikutnya ada livery yang sedang jamak digunakan di berbagai line up Yamaha, yaitu Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary yang ikut disematkan pada Yamaha XSR 155 2022.
Yamaha XSR 155 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery melengkapi line up motor edisi spesial perayaan 60 tahun kiprah Yamaha di ajang balapan Grand Prix dunia. Sebelumnya Yamaha telah menyematkan livery khusus ini pada MX King 150, All New Aerox 155 Connected ABS, All New R15M Connected ABS dan R25 ABS.
Livery Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary terinspirasi dari desain merah putih pada YZR500 (0W48) yang digunakan sang juara Kenny Roberts di Grand Prix 1980 kelas 500 cc. Selain livery yang khas akan speedblock serta kombinasi warna merah dengan putih, beberapa komponen ikut berganti warna pada livery ini.
Seperti tabung upside down yang menggunakan warna emas terang dan ada pelek yang pakai warna emas sedikit gelap. Tentu pergabungan warna ini membuat tampilan XSR 155 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery lebih sporty.
Baca juga: Modifikasi Yamaha XSR 155 Supermoto, Inspirasi Buat yang Bosan Tampilan Standar
“Memulai awal tahun ini kami menyuguhkan pilihan terbaru bagi konsumen dengan meluncurkan XSR 155 Matte Dark Blue Authentic dan XSR 155 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Sangat cocok untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen yang menyukai tampilan sport heritage yang dilengkapi fitur dan teknologi modern,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Yamaha XSR 155 Matte Dark Blue Authentic dipasarkan seharga Rp 36,905 juta on the road Jakarta dan XSR 155 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp 37,505 juta on the road Jakarta.
Yamaha XSR 155 sendiri memiliki beberapa unggulan serta ciri tersendiri jika dibandingkan kompetitornya. Berikut pembahasannya.
Tampilan yang diaplikasikan ke Yamaha XSR merupakan retro modern, di mana desainnya memadukan konsep retro ala motor tahun 70-an yang dikombinasi kesan modern. Bisa terlihat dari lampu utamanya yang membulat, namun berisikan LED lengkap dengan DRL (Daytime Running Light) melingkar.
Baca juga: Lagi PPKM Darurat, Ini 9 Poin Perawatan Yamaha XSR155 Yang Bisa Dilakukan di Rumah
Desain cover tangka bahan bakar hingga jok yang digunakan juga khas akan tunggangan ‘jadul’ yang serba membulat. Namun itu dikombinasi dengan rangka deltabox, swing arm aluminium, dan suspense depan upside down.
Bahkan rem depan maupun rem belakangnya sudah menggunakan cakram walau tanpa adanya fitur ABS.
Beberapa fitur modern yang bisa dirasakan pada motor ini adalah penggunaan lampu utama serta lampu rem berteknologi LED. Teknologi ini terkenal akan efisiensi daya, awet, tidak panas, compact, punya pancaran cahaya yang terang juga modern.
Tapi sayang keempat lampu seinnya masih menggunakan bohlam yang sangat khas akan line up Yamaha. Fitur modern berikutnya ada pada spidometer yang sudah menggunakan layer digital dengan negative display.
Baca juga: Yamaha XSR 155 2021 Punya Warna Baru, Simak 5 Keunggulan Motor Sport Retro Modern Ini
Isinya pun terbilang lengkap karena ada tachometer, gear position, odometer, trip, fuel meter, dan gak ketinggalan ada indikator VVA. Motor ini juga memiliki fitur Assist & Slipper Clutch.
Di mana fitur Assist membuat pengoperasian kopling lebih ringan saat menarik tuas kopling, sedangkan Slipper clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake ketika menurunkan gigi secara cepat.
Meski tampilannya retro, tapi mesin yang digunakan XSR 155 sudah berteknologi canggih serta bertenaga. Salah satunya tentu karena sudah menggunakan VVA (Variable Valve Actuator), sehingga pada noken as terdapat 2 bumbungan untuk klep in.
Fungsi yang pertama untuk rpm rendah dengan karakter efisiensi bahan bakar serta torsi yang kuat, bumbungan kedua tentu untuk rpm putaran tinggi yang lebih bertenaga. Ini membuat karakter tenaga XSR 155 merata sejak putaran rendah hingga tinggi.
Baca juga: Yamaha XSR 155 2021, Motor Retro Modern Terbaik yang Dijual Rp 36 Jutaan
Mesinnya sendiri sama seperti yang digunakan pada Yamaha R15, WR 155R, hingga Vixion R. Yaitu 1 silinder 155 cc, SOHC 4 katup, 6 percepatan, dan berpendingin cairan. Klaim tenaga maksimalnya 19,3 ps di 10.000 rpm dan torsi 14,7 nm pada 8.500 rpm.
Spesifikasi Yamaha XSR 155 2022 | ||||
---|---|---|---|---|
Mesin | ||||
Tipe mesin | Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA | |||
Diameter x Langkah | 58,0 x 58,7 mm | |||
Perbandingan kompresi | 11,6:1 | |||
Daya maksimum | 19,3 ps @10.000 rpm | |||
Torsi maksimum | 14.7 Nm @8.500 rpm | |||
Sistem starter | Elektrik starter | |||
Sistem pelumasan | Basah | |||
Kapasitas oli mesin | Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L | |||
Sistem bahan bakar | Fuel Injection | |||
Volume Silinder | 155 cc | |||
Tipe Kopling | Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch | |||
Tipe Transmisi | Manual | |||
Pola Pengoperasian Transmisi | 1-N-2-3-4-5-6 | |||
Dimensi | ||||
P x L x T | 2.007 x 804 x 1.080 mm | |||
Jarak sumbu roda | 1.330 mm | |||
Jarak terendah ke tanah | 170 mm | |||
Tinggi tempat duduk | 810 mm | |||
Berat Isi | 134 kg | |||
Kapasitas tangki besin | 10,4 Liter | |||
Tipe rangka | Deltabox | |||
Suspensi depan | Telescopic Form (Inverted) | |||
Suspensi belakang | Link Monoshock | |||
Ban depan | 110/70-17M/C (54S) | |||
Ban belakang | 140/70-17M/C (66S) | |||
Rem depan | Disc Brake | |||
Rem belakang | Disc Brake | |||
Kelistrikan | ||||
Sistem pengapian | CDI/Transistor | |||
Battery | YTZ4V | |||
Tipe Busi | MR8E9 |