Diluncurkan sejak pertama kali di tahun 2019 silam, Honda ADV150 lahir untuk mengisi segmen matic adventure. Sebelumnya kelas ini hanya diisi oleh produk-produk entry level sekelas Honda Beat Street dan Yamaha XRide.
Dengan tampilan yang terinspirasi oleh moge Honda X-ADV, Honda ADV150 2022 dirasa cocok untuk menemani aktivitas harian bahkan touring. Hal tersebut ditunjang bodi gabot, kaki-kaki kekar dan mesin 150 cc berpendingin cair berbasis Honda PCX 150.
Pun demikian dengan hadirnya sederet detail lain yang memang memperlihatkan sosok Honda ADV150 2022 bisa diandalkan untuk touring keluar kota. Daripada penasaran, lebih baik cek dulu jawaban dari pertanyaan tersebut.
Mungkin tak sedikit yang mengira jika Honda ADV150 2022 hanya berganti baju dari skuter matic gambot, Honda PCX 150. Versi tersebut merupakan varian yang dijual sebelum Honda PCX 160 dan punya masa edar 2017-2021.
Memang tidak sepenuhnya salah. Karena basis yang dipakai keduanya sama. Tetapi, terkait kebutuhan dan segmentasi yang berbeda, perbedaan komponen keduanya pun cukup banyak. Hal ini diluar bodi dan desainnya yang memang sudah langsung terlihat perbedaannya.
Nah, pembeda lainnya ada di sektor kaki-kaki. Seperti pelek dan suspensi. Di Honda PCX 150 mengandalkan pelek berdiameter rata, yakni 14 inci di roda depan dan belakang.
Maka Honda ADV150 2022 punya kombinasi beda. Untuk bagian depannya memakai velg 14 inci berbalut ban 110/80-14. Sedangkan belakangnya 13 inci dengan ban 130/70-13. Kedua ban tersebut memiliki tapak model dual purpose.
Untuk suspensinya, bagian depan memang sama-sama tipe teleskopik. Namun tabung milik Honda ADV150 2022 terlihat lebih kekar. Sedangkan di bagian belakangnya, terdapat double shockbreaker model tabung di Honda ADV150 2022.
Baca Juga: Lebih Boros dari Honda PCX, Menggoda kah Honda ADV 150 Dibeli?
Sebagai motor bergenre matic adventure, Honda ADV150 2022 dibekali beragam fitur unggulan yang cocok untuk penunjang perjalanan jauh. Seperti penggunaan windshield adjustable yang mudah disetel ketinggiannya.
Selain itu, terdapat bagasi di kolong jok yang terbilang luas. Karena volumenya mencapai 28 liter. Pada sisi keamanan, Honda ADV150 2022 juga telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system.
Sementara untuk kenyamanan, Honda ADV150 2022 telah dilengkapi dengan power charger pada console box depan. Serta jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang akan menunjang kenyamanan dalam berkendara.
Selain itu, Honda ADV150 telah dilengkapi pula dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS. Nantinya ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak.
Baca Juga: Mengintip Kembali Spesifikasi Detail Honda ADV150 2022, Istimewa Dari Matic Lain?
Mesin Honda ADV150 2022 bervolume 150cc, berpendingin cairan, eSP (enhanced Smart Power) serta sistem injeksi PGM-FI. Output yang dihasilkannya diklaim mencapai 14,5 PS di 8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 6.500 rpm.
Sudah cukup untuk kebutuhan berkendara harian dan touring. Bahkan secara tenaga, saat kami menjajalnya di kawasan pegunungan terasa ringan dan sanggup melahap tanpa kesulitan.
Selain itu, dalam pengujian dengan metode ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar model ini menunjukkan angka 46,6 km/liter (fitur ISS on). Sehingga mampu menempuh jarak hingga 373 km saat tangki bensin bervolume 8 liternya diisi penuh.
Honda ADV150 dipasarkan dengan dua tipe. Yaitu tipe ABS-ISS yang dipasarkan Rp 39,273 juta (On The Road Jakarta). Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 35,348 juta (On The Road Jakarta).