Pahami Lagi Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Matic Bongsor Nan Sporty

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 punya banyak kelebihan, tapi juga ada beberapa kekurangan
  • Pertahankan desain matic bongsor yang sporty.
  • Banyak disukai anak muda karena desain dan performanya.

Generasi terbaru dari Yamaha Aerox 155 diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan nama Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Meski ada perubahan pada desain bodinya, tapi tidak mengubah DNA dari matic bongsor ini. Secara keseluruhan, Yamaha masih mengusung konsep desain yang sporty dan kental dengan nuansa balap.

Desainnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Bodinya masih terlihat bongsor, secara dimensi juga tak banyak perbedaannya. Namun, ada juga beberapa bagian yang ubahannya cukup jelas. Selain itu, dari segi fitur skutik yang masuk keluarga Maxi Yamaha ini juga lebih lengkap dan semakin canggih.

Baca juga : Alasan Kenapa Yamaha Aerox 155 Connected 2022 Jadi Favorit Anak Muda

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah bisa terkoneksi dengan smartphone

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 ini juga semakin modern. Bisa dilihat dari salah satu fiturnya, yakni dapat terkoneksi dengan smartphone. Dari segi performa, mesin yang digunakannya juga disebut-sebut lebih bertenaga. Bahkan, matic ini juga diklaim sebagai motor dengan power to weight ratio yang terbaik di kelasnya.

Selain itu, masih ada beberapa kelebihan Yamaha Aerox 155 Connected 2022 lainnya. Untuk lebih lengkapnya, bisa Anda simak di bawah ini:

Kelebihan Yamaha Aerox 155 Connected 2022

1. Panel Meter Sudah Full Digital dan Cukup Informatif

Tampilan speedometer Yamaha Aerox 155 Connected 2022

Panel meter pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah menggunakan model full digital. Pada generasi sebelumnya juga sudah full digital, tapi kali ini tata letak atau desainnya dibuat berbeda. Sebab, informasi yang ditampilkan juga lebih lengkap.

Motor ini sudah didukung dengan aplikasi Y-Connect, sehingga dapat menampilkan notifikasi telepon masuk, e-mail, dan pesan singkat dari smartphone, pada layar panel meternya. Informasi lainnya yang ditampilkan, mulai dari penunjuk kecepatan atau spidometer, takometer, odometer, trip meter, fuel meter, penunjuk tegangan aki atau voltmeter, penunjuk waktu, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan lainnya.

Baca juga : Yamaha Aerox 155 Connected 2022 Makin Sporty, Harga Gak Berubah

2. Sudah Dibekali Teknologi Keyless

Beberapa varian Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah memiliki teknologi keyless

Yamaha Aerox 155 Connected 2021 juga sudah disematkan teknologi keyless. Yamaha menyebutnya dengan Smart Key System. Keunggulan fitur ini bukan hanya praktis, tapi juga membuat motor jadi semakin sulit dicuri maling.

Sebab, pada bagian kuncinya sudah terintegrasi juga dengan immobilizer. Remote yang menjadi bagian dari Smart Key System ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pemilik mencari motornya saat berada di parkiran.

3. Electric Power Socket

Bisa mengecas smartphone di Yamaha Aerox 155 Connected 2022

Di zaman serba digital ini, smartphone bisa dikatakan sudah tidak bisa lepas dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Yamaha Aerox 155 Connected 2022 juga sudah menyediakan fitur Electric Power Socket yang dapat digunakan untuk mengecas atau mengisi daya baterai smartphone. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir smartphone kehabisan daya alias lowbat.

Electric Power Socket ini posisinya diletakkan pada laci atau rak depan sebelah kiri. Untuk mengecas, pemilik harus menggunakan adaptor model car charger. Raknya juga sudah memiliki penutup agar smartphone yang sedang dicas tidak terjatuh saat diletakkan di dalam rak tersebut.

4. Lampu Depan dan Belakang Mengadopsi LED

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah menggunakan teknologi LED pada sistem pencahayaan, kecuali lampu sein

Matic bongsor di kelas 150 cc ini sudah dibekali dengan sistem pencahayaan untuk lampu depan dan lampu belakang menggunakan teknologi LED. Dengan lampu LED, daya yang digunakan lebih sedikit, tapi pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal. Selain itu, lampu LED juga diklaim lebih awet dibandingkan lampu bohlam biasa.

Baca juga : Tampang Sama-sama Sporty, Pilih Yamaha Aerox 155 atau Honda Vario 150?

5. Mesin yang Bertenaga

Tampilan sporty Yamaha Aerox 155 Connected 2022

Di bagian dapur pacu, Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,3 PS pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

6. Kapasitas Bagasi Besar

Kapasitas bagasi Yamaha Aerox 155 Connected 2022 yang besar

Salah satu keunggulan matic yang banyak dicari adalah bagasinya yang besar dan itu dimiliki juga oleh Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Pengendara bisa menyimpan banyak barang berukuran cukup besar, seperti helm, jas hujan, sepatu, dan lainnya. Helm yang dapat ditampung bahkan yang model full face.

7. Ban Lebar Tipe Tubeless

Ban depan dan ban belakang Yamaha Aerox 155 Connected sudah menggunakan tipe tubeless

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 dilengkapi dengan kaki-kaki yang berukuran lebar, baik ban depan maupun ban belakang. Pada ban depan, ukurannya 110/80-14. Sedangkan pada ban belakang, berukuran 140/70-14.

Ban yang digunakan juga sudah tipe tubeless. Sehingga, penggunanya lebih aman dan nyaman di perjalanan. Sebab, ban tipe ini tidak mudah kempis ketika tertusuk benda tajam. Jadi, pengendara masih bisa mengendarai motor hingga lokasi tukang tambal ban terdekat.

Baca juga : Racing Habis, Yamaha Rilis Aerox 155 Connected/ABS Pakai Livery Yamaha World GP 60th Anniversary

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 dengan livery World GP 60th Anniversary

Tapi, dengan sederetan kelebihan yang ada pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022, tentunya motor ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Untuk lebih jelasnya, selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini:

Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected 2022

1. Rem Belakang Belum Pakai Cakram

Matic Maxi Yamaha ini hanya dibekali rem cakram untuk bagian depannya saja. Sedangkan pada bagian belakang, Yamaha masih mempercayakan rem tromol. Alasannya adalah untuk menjaga bobot Yamaha Aerox 155 Connected tidak berlebih dan power to weight ratio tetap yang terbaik di kelasnya.

2. Belum Ada Traction Control System

Berbeda dengan saudaranya, yakni Yamaha Nmax, pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022 belum ada kontrol traksi atau Traction Control System (TCS). Fitur ini berguna untuk mencegah roda belakang slip saat berakselerasi. Sehingga, cengkraman roda tetap maksimal.

3. Bobot Lebih Berat dari Model Sebelumnya

Meski memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya, tapi nyatanya Yamaha Aerox 155 Connected 2022 memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan generasi pendahulunya. Bobot yang sekarang mencapai 125 kg, lebih berat 9 kg dibandingkan Aerox lama.

Baca juga : Uji Konsumsi Bensin Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Bisa Irit Tanpa Korbankan Performa

4. Suspensi Belakang Tidak Bisa Disetel

Suspensi belakang milik Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sedikit berbeda dari Yamaha Nmax

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 juga memiliki suspensi yang belakang yang berbeda. Sebab, bagian preload tidak bisa disetel. Untuk itu, tak sedikit pemilik motor ini yang lebih memilih untuk menggantinya dengan suspensi keluaran aftermarket.

5. Electric Power Socket Perlu Adaptor

Electric Power Socket pada matic ini tidak bisa langsung dicolok kabel USB. Untuk menggunakannya, memerlukan adaptor model car charger. Sehingga, dinilai kurang praktis oleh sebagian orang.

Skutik Yamaha Aerox 155 Connected dibanderol mulai dari Rp 26,4 juta hingga Rp 30,4 juta

Kesimpulan

Yamaha Aerox 155 Connected memiliki banyak kelebihan yang patut untuk diperhitungkan. Tapi, ada juga sederetan kekurangan yang membuat konsumen perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum membelinya. Meskipun basis yang digunakan sama seperti Yamaha Nmax, tapi tidak semua fiturnya dibuat sama.

Yamaha Aerox 155 Connected saat ini hadir dengan beberapa varian dan dibanderol mulai dari Rp 26,4 juta (on the road Jakarta) hingga Rp 30,4 juta (on the road Jakarta).

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected
Dimensi
P x L x T 1.980 x 700 x 1.150 mm
Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah 143 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Berat Isi 122 kg & 125 kg (Connected/ABS)
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tipe Pendingin Cairan
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe sasis Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 140/70-14
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Aerox Connected
Lihat