Generasi terbaru dari Yamaha Aerox 155 diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan nama Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Meski ada perubahan pada desain bodinya, tapi tidak mengubah DNA dari matic bongsor ini. Secara keseluruhan, Yamaha masih mengusung konsep desain yang sporty dan kental dengan nuansa balap.
Desainnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Bodinya masih terlihat bongsor, secara dimensi juga tak banyak perbedaannya. Namun, ada juga beberapa bagian yang ubahannya cukup jelas. Selain itu, dari segi fitur skutik yang masuk keluarga Maxi Yamaha ini juga lebih lengkap dan semakin canggih.
Baca juga : Alasan Kenapa Yamaha Aerox 155 Connected 2022 Jadi Favorit Anak Muda
Yamaha Aerox 155 Connected 2022 ini juga semakin modern. Bisa dilihat dari salah satu fiturnya, yakni dapat terkoneksi dengan smartphone. Dari segi performa, mesin yang digunakannya juga disebut-sebut lebih bertenaga. Bahkan, matic ini juga diklaim sebagai motor dengan power to weight ratio yang terbaik di kelasnya.
Selain itu, masih ada beberapa kelebihan Yamaha Aerox 155 Connected 2022 lainnya. Untuk lebih lengkapnya, bisa Anda simak di bawah ini:
Panel meter pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah menggunakan model full digital. Pada generasi sebelumnya juga sudah full digital, tapi kali ini tata letak atau desainnya dibuat berbeda. Sebab, informasi yang ditampilkan juga lebih lengkap.
Motor ini sudah didukung dengan aplikasi Y-Connect, sehingga dapat menampilkan notifikasi telepon masuk, e-mail, dan pesan singkat dari smartphone, pada layar panel meternya. Informasi lainnya yang ditampilkan, mulai dari penunjuk kecepatan atau spidometer, takometer, odometer, trip meter, fuel meter, penunjuk tegangan aki atau voltmeter, penunjuk waktu, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan lainnya.
Baca juga : Yamaha Aerox 155 Connected 2022 Makin Sporty, Harga Gak Berubah
Yamaha Aerox 155 Connected 2021 juga sudah disematkan teknologi keyless. Yamaha menyebutnya dengan Smart Key System. Keunggulan fitur ini bukan hanya praktis, tapi juga membuat motor jadi semakin sulit dicuri maling.
Sebab, pada bagian kuncinya sudah terintegrasi juga dengan immobilizer. Remote yang menjadi bagian dari Smart Key System ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pemilik mencari motornya saat berada di parkiran.
Di zaman serba digital ini, smartphone bisa dikatakan sudah tidak bisa lepas dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Yamaha Aerox 155 Connected 2022 juga sudah menyediakan fitur Electric Power Socket yang dapat digunakan untuk mengecas atau mengisi daya baterai smartphone. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir smartphone kehabisan daya alias lowbat.
Electric Power Socket ini posisinya diletakkan pada laci atau rak depan sebelah kiri. Untuk mengecas, pemilik harus menggunakan adaptor model car charger. Raknya juga sudah memiliki penutup agar smartphone yang sedang dicas tidak terjatuh saat diletakkan di dalam rak tersebut.
Matic bongsor di kelas 150 cc ini sudah dibekali dengan sistem pencahayaan untuk lampu depan dan lampu belakang menggunakan teknologi LED. Dengan lampu LED, daya yang digunakan lebih sedikit, tapi pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal. Selain itu, lampu LED juga diklaim lebih awet dibandingkan lampu bohlam biasa.
Baca juga : Tampang Sama-sama Sporty, Pilih Yamaha Aerox 155 atau Honda Vario 150?
Di bagian dapur pacu, Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,3 PS pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.
Salah satu keunggulan matic yang banyak dicari adalah bagasinya yang besar dan itu dimiliki juga oleh Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Pengendara bisa menyimpan banyak barang berukuran cukup besar, seperti helm, jas hujan, sepatu, dan lainnya. Helm yang dapat ditampung bahkan yang model full face.
Yamaha Aerox 155 Connected 2022 dilengkapi dengan kaki-kaki yang berukuran lebar, baik ban depan maupun ban belakang. Pada ban depan, ukurannya 110/80-14. Sedangkan pada ban belakang, berukuran 140/70-14.
Ban yang digunakan juga sudah tipe tubeless. Sehingga, penggunanya lebih aman dan nyaman di perjalanan. Sebab, ban tipe ini tidak mudah kempis ketika tertusuk benda tajam. Jadi, pengendara masih bisa mengendarai motor hingga lokasi tukang tambal ban terdekat.
Baca juga : Racing Habis, Yamaha Rilis Aerox 155 Connected/ABS Pakai Livery Yamaha World GP 60th Anniversary
Tapi, dengan sederetan kelebihan yang ada pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022, tentunya motor ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Untuk lebih jelasnya, selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini:
Matic Maxi Yamaha ini hanya dibekali rem cakram untuk bagian depannya saja. Sedangkan pada bagian belakang, Yamaha masih mempercayakan rem tromol. Alasannya adalah untuk menjaga bobot Yamaha Aerox 155 Connected tidak berlebih dan power to weight ratio tetap yang terbaik di kelasnya.
Berbeda dengan saudaranya, yakni Yamaha Nmax, pada Yamaha Aerox 155 Connected 2022 belum ada kontrol traksi atau Traction Control System (TCS). Fitur ini berguna untuk mencegah roda belakang slip saat berakselerasi. Sehingga, cengkraman roda tetap maksimal.
Meski memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya, tapi nyatanya Yamaha Aerox 155 Connected 2022 memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan generasi pendahulunya. Bobot yang sekarang mencapai 125 kg, lebih berat 9 kg dibandingkan Aerox lama.
Baca juga : Uji Konsumsi Bensin Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Bisa Irit Tanpa Korbankan Performa
Yamaha Aerox 155 Connected 2022 juga memiliki suspensi yang belakang yang berbeda. Sebab, bagian preload tidak bisa disetel. Untuk itu, tak sedikit pemilik motor ini yang lebih memilih untuk menggantinya dengan suspensi keluaran aftermarket.
Electric Power Socket pada matic ini tidak bisa langsung dicolok kabel USB. Untuk menggunakannya, memerlukan adaptor model car charger. Sehingga, dinilai kurang praktis oleh sebagian orang.
Yamaha Aerox 155 Connected memiliki banyak kelebihan yang patut untuk diperhitungkan. Tapi, ada juga sederetan kekurangan yang membuat konsumen perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum membelinya. Meskipun basis yang digunakan sama seperti Yamaha Nmax, tapi tidak semua fiturnya dibuat sama.
Yamaha Aerox 155 Connected saat ini hadir dengan beberapa varian dan dibanderol mulai dari Rp 26,4 juta (on the road Jakarta) hingga Rp 30,4 juta (on the road Jakarta).
Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.980 x 700 x 1.150 mm | |
Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah | 143 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 790 mm | |
Berat Isi | 122 kg & 125 kg (Connected/ABS) | |
Kapasitas Tangki | 5,5 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup VVA | |
Kapasitas | 155 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tipe Pendingin | Cairan | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Tenaga Maksimum | 15,3 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 13,9 Nm @ 6.500 rpm | |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe sasis | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |