Kawasaki Ninja ZX-10R merupakan salah satu jajaran superbike favorit banyak orang. Kiprahnya tak perlu diragukan lagi karena sukses merajai ajang balap World Superbike 6 tahun berturut-turut sebelum akhirnya diputus Yamaha tahun 2021 lalu.
Superbike itu pun menjadi salah satu moge yang disukai banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Apalagi banderolnya sendiri terhitung 'murah' untuk sebuah superbike karena hanya dilepas PT Kawasaki Motor Indonesia senilai Rp 523 juta saja.
Baca juga : Ludes di Indonesia, Kawasaki ZX-10R 2021 malah Kena Recall
Tapi ada sebuah peristiwa menarik di negara tetangga, berkaitan dengan Kawasaki Ninja ZX-10R ini. Seorang pemuda berhasil menebus motor impiannya itu secara tunai, namun tak lama dirinya diciduk pihak kepolisian setempat.
Pasalnya pemuda bernama Nguyen Van Nam itu merampok sebuah bank di distrik Hai An. Uang senilai 3 miliar dong vietnam, atau sekitar Rp 1,89 miliar berhasil digondolnya dari teller bank, setelah dirinya menodongkan pistol.
Praktis dirinya tak pakai lama langsung diciduk pihak kepolisian setempat. Menurut pejabat polisi kota Hai Phong, dirinya menangkap pemuda berusia 24 tahun ini, yang kabur dan bersembunyi di provinsi Thai Nguyen.
Ada-ada saja ya, beli motor impian tapi uangnya hasil ngerampok ya pasti keciduk. Jajal motornya aja mungkin belum puas ya?
Baca juga : Intip Daftar Teknologi Kawasaki ZX-10R 2021, Superbike Canggih Seharga Supersport 600 Cc
Kawasaki membenamkan seabrek perangkat elektronik pada motor ini. Mulai dari IMU (inertial measurement unit), Power Mode dengan epat step (sport, road, rain, rider), Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Electronic Throttle Valve dan Electronic Cruise Control.
Baca juga : Kawasaki ZX-10R vs Honda CBR600RR, Harga dan Performa Jomplang!
Semuanya masih ditambahkan dengan Kawasaki Launch Control Mode, Antilock Braking System (ABS), KIBS (Kawasaki Intelligent antilock Braking System), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF) hingga Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC) dan Quick Shifter.
Meski secara spesifikasi masih tetap sama, yakni 998 cc 4-tak, inline four, DOHC 16 katup dengan pendingin cairan. Mesin ini juga dibekali sistem pendingin oli yang telah disempurnakan untuk menjaga kinerjanya.
Baca juga : Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Naik, Intip 5 Perbedaannya dengan Model Lama
Dari jantung mekanis itu, keluaran dayanya tercatat 203 PS di 13.200 rpm. Namun, tenaga maksimalnya bisa mencapai 213 PS di 13.200 rpm, ketika ram air bekerja. Sedangkan mengenai torsi, dituliskan 114,9 Nm pada putaran 11. 400 rpm.
Jadi gak heran sampai ada yang rela ngerampok bank demi bisa punya motor ini.